Mulai hari ini, 12 November 2019, kamu yang berminat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) sudah bisa melakukan pendaftaran secara online, lho. Pemerintah bersama dengan Badan Kepegawaian Negara RI (BKN) membuka pendaftran CPNS melalui portal SSCASN pada Senin, 11 November 2019, pukul 23.11 WIB.

SSCASN atau Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara adalah situs resmi pendaftaran ASN secara nasional sebagai langkah awal kalian untuk melakukan seleksi ASN ke seluruh instansi baik pusat maupun daerah.

Bagaimana cara mendaftarnya? Simak cara daftar CPNS 2019 berikut ini ya!

1. Buat Akun di Portal SSCASN

Supaya Nggak Salah, Ini Cara Daftar CPNS 2019Popbela.com/Niken Ari

Langkah pertama yang wajib kamu lakukan adalah mendaftarkan diri ke portal SSCASN di sscn.bkn.go.id untuk membuat akun. Lewat akun ini, kamu bisa mendaftar ke instansi pemerintahan sesuai dengan latar pendidikan yang kamu miliki.

Cara membuat akun di portal SSCASN adalah sebagai berikut.

  1. Buka portal sscn.bkn.go.id, lalu klik menu Registrasi.
  2. Masukan data-data kamu berupa Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga (NIK KK), Nama Lengkap sesuai KTP, Tempat Lahir sesuai KTP, dan Tanggal Lahir sesuai KTP.
  3. Apabila selama membuat akun terkendala terkait data Kartu Tanda Penduduk (KTP), kamu bisa menghubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, ya Bela.
  4. Setelah itu kamu tinggal masukan kode captcha yang terlampir. Kode captcha tidak bersifat case sensitive (huruf besar kecil tidak berpengaruh).
  5. Jika sudah klik Lanjutkan.
  6. Lalu lengkapi data dengan memasukan Nama Lengkap sesuai yang tercantum di ijazah, Tempat dan Tanggal Lahir.
  7. Selanjutnya unggah foto dengan latar belakang merah. Caranya klik Choose File lalu cari foto yang akan diunggah kemudian klik Open.
  8. Selanjutnya, isi data-data yang dibutuhkan, yakni Email, Password dan Konfirmasi Password, serta pertanyaan mengenai pengalaman-pengalaman.
  9. Pastikan mengisi semua data dengan lengkap dan benar. Karena data yang telah disimpan tidak dapat diperbaiki atau diubah. Selanjutnya klik Lanjutkan.
  10. Berikutnya akan muncul Halaman pemberitahuan bahwa pendaftaran ke portal SSCASN 2019 berhasil, klik Cetak Informasi Pendaftaran untuk mencetak Kartu Informasi Akun sebagai bukti bahwa pelamar berhasil membuat akun SSCN 2019.

2. Login SSCASN

Supaya Nggak Salah, Ini Cara Daftar CPNS 2019Popbela.com/Niken Ari

Sudah berhasil membuat akun di portal SSCASN, langkah cara daftar CPNS 2019 selanjutnya adalah login untuk mendaftarkan ke instansi mana yang kamu inginkan. Caranya bisa kamu lihat berikut ini.

  1. Setelah membuat akun, kamu bisa login ke portal SSCASN 2019 dengan memasukkan NIK beserta Password yang telah didaftarkan.
  2. Tahap selanjutnya adalah melakukan Daftar Instansi, yaitu kamu memilih formasi termasuk jabatan yang kamu hendaki.
  3. Kamu akan diminta mengunggah foto sambil memegang KTP dan Kartu Informasi Akun.
  4. Lalu, pilih instansi, formasi, pendidikan, dan jabatan yang kamu inginkan.
  5. Jika Instansi yang dilamar belum tampil dalam daftar tersebut, silakan periksa kembali Pengumuman Instansi mengenai waktu pembukaan pendaftaran instansi yang akan dilamar.
  6. Lengkapi data pada kolom yang tersedia.
  7. Isi kode captcha sesuai dengan gambar yang tampil klik Selanjutnya untuk melanjutkan ke halaman berikutnya.

3. Unggah Dokumen

Supaya Nggak Salah, Ini Cara Daftar CPNS 2019Unsplash.com/Olena Sergienko

Tahap terakhir pada cara daftar CPNS 2019 adalah mengunggah dokumen yang diperlukan. Caranya bisa kamu perhatikan berikut ini.

  1. Kamu wajib membaca dan memperhatikan Ketentuan Unggah Dokumen yang tercantum. Kamu harus memperhatikan jenis dokumen yang akan diunggah kerena jenis dokumen dapat berbeda-beda sesuai dengan persyaratan instansi.
  2. Klik Unggah kemudian cari dokumen tersebut Status dokumen akan berubah menjadi “Sudah Diunggah” jika proses unggah dokumen.
  3. Perhatikan pula ukuran dokumen yang diunggah. Jika kalian mengunggah file yang ukurannya melebihi batas maksimal, maka akan muncul pemberitahuan "Berkas harus memiliki ukuran, format dan maksimal sesuai ketentuan".
  4. Setelah kamu mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan tersebut, klik Selanjutnya.

4. Verifikasi

Supaya Nggak Salah, Ini Cara Daftar CPNS 2019Freepik.com/Cool Vector

Pada tahapan ini kamu akan menemukan halaman Resume. Pada halaman ini data-data yang kamu unggah akan terlihat. Di saat inilah kamu harus mengecek secara teliti data-data yang ada. 

  1. Jika kalian masih belum yakin dengan data yang telah dilengkapi atau dengan instansi/formasi/jabatan yang dipilih, kalian dapat kembali ke form sebelumnya dengan melakukan klik Selanjutnya, kemudian perbaiki data tersebut.
  2. Pastikan data kamu sudah benar ya, Bela. Apabila kamu sudah mencentang semua data lalu kalian klik Final Resume.
  3. Di tahapan ini, kamu sudah tidak dapat mengubah data kembali. Pada halaman ini, kalian dapat mencetak Kartu Informasi Akun dan Kartu Pendaftaran SSCN 2019 dengan mengklik tombol CETAK KARTU INFORMASI AKUN dan CETAK KARTU PENDAFTARAN CPNS jika lolos seleksi administrasi.

Gampang, kan Bela? Jangan lupa teliti ya dalam memasukan data-datanya. Jika sudah mendaftar, kini kamu hanya tinggal berdoa semoga diberikan yang terbaik. 

Baca Juga: 5 Hal Positif yang Bisa Kamu Lakukan Jika Nggak Lolos PTN