Menurut sebagian orang, bekerja di bidang penjualan atau sales memiliki tantangan tersendiri karena kamu dituntut untuk memiliki mental yang super kuat. Nggak jarang, perempuan dipandang sebelah mata dan dianggap nggak sanggup menghadapi masalah dan klien. Buat kamu yang ingin membangun bisnis, kemampuan sales juga harus kamu punya nih Bela, karena sales merupakan salah satu elemen terpenting agar bisnis kamu semakin berkembang. Buat kamu yang ingin menguasai teknik penjualan, kamu perlu baca artikel ini sampai selesai.

1. Persiapkan mental karena kamu akan banyak mendengar kata “tidak”

Siapa Bilang Cewek Nggak Bakat Kerja di Bidang Sales? 5 Tips Ini Bisa Buat Bos Bangga Sama Kamumonologuedb.com

Setiap usaha penjualan dan pemasaran diawali dengan kata tidak, entah itu dari klien atau calon konsumen. Kamu nggak akan mendengar penolakan tersebut satu atau dua kali, mungkin hingga puluhan atau ratusan kali. Tapi seorang saleswoman yang cerdas akan menganggap kata “no” menjadi “not yet” sehingga selalu ada peluang untuk mendapatkan jawaban “yes.”

2. Pelajari secara menyeluruh tentang perusahaan atau bisnis yang kamu perkenalkan

Siapa Bilang Cewek Nggak Bakat Kerja di Bidang Sales? 5 Tips Ini Bisa Buat Bos Bangga Sama Kamumoviepilot.com

Banyak saleswoman yang mahir dalam teknik penjualan namun kurang menguasai informasi tentang perusahaan tempat mereka berasal. Kalau kamu ingin memperkenalkan bisnis baru kamu seorang diri, jangan lupa untuk memperhatikan karakter lawan bicara.

3. Lebih banyak mendengarkan ketimbang berbicara

Siapa Bilang Cewek Nggak Bakat Kerja di Bidang Sales? 5 Tips Ini Bisa Buat Bos Bangga Sama Kamuaceshowbiz.com

Menurut sebuah penelitian, wanita mengucapkan jumlah kata yang lebih banyak dari pria setiap harinya. Kalau kamu tengah berhadapan dengan klien, pastikan bahwa kamu nggak memotong pembicaraan. Lakukan hal tersebut baik ketika kamu berhadapan langsung dengan lawan bicara ataupun lewat telepon.

4. Mengucapkan terima kasih dan follow up

Siapa Bilang Cewek Nggak Bakat Kerja di Bidang Sales? 5 Tips Ini Bisa Buat Bos Bangga Sama Kamuadorocinema.com

Jangan lupa untuk mengatakan “terima kasih” pada setiap pertemuan dan balas e-mail klien pada hari yang sama dengan kapan e-mail tersebut dia kirim. Hal itu menandakan bahwa kamu bersemangat untuk bekerja sama dengan mereka. Follow up dengan mereka yang pernah menjadi partner kamu juga berpotensi meningkatkan penjualan hingga 80%.

5. Jangan ragu untuk pergi ketika ditolak

Siapa Bilang Cewek Nggak Bakat Kerja di Bidang Sales? 5 Tips Ini Bisa Buat Bos Bangga Sama Kamusheknows.com

Meski tujuan besarnya adalah membuat klien ini bekerja sama dengan perusahaan kamu, bersikaplah elegan dengan nggak terlalu memaksa mereka untuk menyetujui saran kamu. Beri mereka waktu untuk berpikir dan jangan diambil hati ya, Bela.

Gimana, sudah siap menjadi saleswoman kebanggaan perusahaan, Bela?

 

BACA JUGA: Kamu Bisa Jadi Orang yang Lebih Persuasif dengan 8 Cara ini Bela