Gajimu tak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari? Atau tak ada yang tersisa untuk ditabung? Kamu bisa mendapatkan uang tambahan dengan bekerja sebagai tenaga lepas di situs-situs berikut ini. Pekerjaan yang diberkan bisa kamu kerjakan kapan saja dan dimana saja, seru kan? Yuk, kita cek satu per satu lima situs berikut. 

1. 5 Situs Ini Memberi Pendapatan Tambahan Lebih Besar dari Gaji

Situs ini awalnya berasal di Australia, namun sekarang sudah bisa diakses dari Indonesia. Ada banyak proyek yang berasal dari luar negeri maupun dari Indonesia. Untuk menjadi anggota, kamu bisa memilih yang berbayar maupun tidak. Situs ini juga dilengkapi dengan fasilitas chatting dengan pemberi kerja.

2. 5 Situs Ini Memberi Pendapatan Tambahan Lebih Besar dari Gaji

Situs ini merupakan situs lokal yang menjadi pesaing situs Freelancer. Karena berkonsentrasi di dalam negeri, pekerjaan yang bisa kamu dapatkan juga lebih banyak. Untuk mendaftar sebagai anggota pun kamu tidak dikenakan biaya apapun. Situs ini juga dilengkapi dengan fitur rating dan komentar dari pemberi kerja.

3. 5 Situs Ini Memberi Pendapatan Tambahan Lebih Besar dari Gaji

Situs ini cukup unik karena semua jasa yang ditawarkan dihargai Rp 50,000. Hebatnya, situs ini sudah diulas di berbagai media masa dengan respon yang positif. Kamu bisa menemukan berbagai macam proyek di situs ini.

4. 5 Situs Ini Memberi Pendapatan Tambahan Lebih Besar dari Gaji

Serupa dengan Sribulancer yang juga dibuat oleh desainer lokal, Projects memiliki keunggulan lain karena melayani jual-beli produk digital. Selain itu penawaran harga juga berlangsung tertutup antara pekerja dan pemberi kerja.

5. 5 Situs Ini Memberi Pendapatan Tambahan Lebih Besar dari Gaji

Fokus pekerjaannya memang hanya menjadi guru. Tapi jangan salah, bukan hanya guru yang mengajar pelajaran sekolah saja. Kamu yang memiliki kemampuan fotografi, melukis, dan keterampilan lain juga bisa mendaftar di sini. Untuk jadwalnya bisa kamu sesuaikan dengan murid yang memilihmu.

Kamu yang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang cukup baik bisa mendaftar di situs-situs freelance asing seperti Fiverr, 99designs, Craiglist, Upwork, dan Proz. Kamu akan dibayar menggunakan mata uang asing, lho. Jadi kenapa tidak mencobanya?
 

BACA JUGA: Jangan Ucapkan Kalimat ini Kepada Temanmu yang Baru Bekerja