Kepandaian dalam berinteraksi tentu akan menjadi nilai tambah dalam diri seseorang. Saat kamu berbicara, maka orang lain bisa menilai kepribadian seperti apa yang kamu miliki. Begitu juga ketika berbicara di tempat kerja tentu punya aturan yang lebih kompleks lagi. Namanya di kantor, tentu ada banyak aturan yang diberlakukan. Untung-untung, cara bicaramu bisa membuatmu naik jabatan kan? Perhatikan 5 tips di bawah ini untuk komunikasi yang baik di kantor ya, Bela.

1. Gunakan kalimat positif dan bahasa efektif

5 Cara Berbicara di Tempat Kerja Agar Komunikasimu Selalu TerjagaSuits/USA Network/www.usanetwork.com

Utamanya ketika kamu berbicara dengan atasan atau si bos. Hindari penggunaan istilah atau kata-kata yang konfrontatif, intonasi tinggi, dan argumentatif. Pun penggunaan bahasa atau istilah terlalu tinggi yang membuat atasanmu makin tak mengerti dan jadi malas berkomunikasi lagi. Ingat, komunikasi yang efektif bukan dinilai dari canggihnya kata-kata atau bahasa yang kamu gunakan, tapi pesan yang kamu kirimkan sampai atau tidak pada penerimanya.

2. Ingat ini kantor, jaga profesionalismemu

5 Cara Berbicara di Tempat Kerja Agar Komunikasimu Selalu TerjagaSuits/USA Network/www.imdb.com

Bicarakan apa yang seharusnya kamu bicarakan di kantor. Jangan pernah mencampuradukkan masalah pribadi dengan urusan yang ada di kantormu. Jika sedang ada masalah dengan kawan atau pasangan misalnya, jangan pernah membicarakannya di meja kerja, apalagi saat sedang ada pertemuan dengan divisi dan atasanmu. Jaga profesionalisme juga bisa dengan menghindari tampilan raut wajah yang negatif. Senyumnya dijaga ya, Bela!

3. Jangan pernah menggurui dan selalu kontrol emosi

5 Cara Berbicara di Tempat Kerja Agar Komunikasimu Selalu TerjagaSuits/USA Network/www.fashionisforeveryone.com

Walau kamu punya saran yang akan kamu utarakan kepada rekan kerja atau bahkan atasan, silahkan sampaikan saja. Tapi gunakan kalimat-kalimat yang pantas dan tidak menyinggung ego mereka. Pun jangan pernah terbawa perasaan, meski kamu tak suka dengan tugas yang diberikan. Bagaimanapun, biarkan atasan yang mengendalikan pembicaraan, kamu harus bisa mengantisipasinya. Sesuaikan pula selera humor kamu dengan lawan bicara.

4. Selalu ucapkan maaf dan terima kasih

5 Cara Berbicara di Tempat Kerja Agar Komunikasimu Selalu TerjagaSuits/USA Network/www.imdb.com

Dua kata ini efektif untuk memulai dan mengakhiri pembicaraanmu di kantor. Disadari atau tidak, dalam sebuah pekerjaan pasti selalu ada kesalahan yang dibuat, entah itu kecil ataupun besar. Di kantor, kamu juga dituntut untuk bekerja dengan banyak orang. Kalau ada kesalahan dalam bekerja, berarti juga ada sikap tolong-menolong yang tercipta. Karena itulah, budayakan dua kata ini untuk menambah empati dengan sesama teman kantor.

5. Jangan banyak bicara, imbangi dengan mendengarkan

5 Cara Berbicara di Tempat Kerja Agar Komunikasimu Selalu TerjagaSuits/USA Network/www.usanetwork.com

Komunikasi yang efektif harus pula diimbangi dengan kemampuan mendengar. Kamu harus mampu mendengar setiap pembicaraan atasan dengan seksama. Mendengar pun ada tekniknya, perlihatkan keseriusan dan antusiasmemu. Jangan sambil memainkan sesuatu atau melirik kesana kemari. Kamu pun ingin fokus didengar bukan?
 
Berbicara di kantor lagi-lagi bukan perkara mudah, apalagi kalau harus berbicara dengan atasan. Praktikkan 5 hal di atas supaya tak menimbulkan masalah ya, Bela!

BACA JUGA: Jangan Prioritaskan Membuat Bos Senang Jika ingin Berkembang, Ini 5 Alasannya!