Bukan hanya di Indonesia yang tergila-gila dengan musik K-Pop. Tetapi, kini tren K-Pop sudah menjelajah di Amerika Serikat, terbukti dengan salah satu idol grup, Blackpink yang akan menggelar tour pertama mereka di negeri Paman Sam ini. Blackpink menjadi idol grup perempuan yang pertama yang akan tour di delapan tempat, salah satunya Los Angeles, Chicago, dan Atlanta.

Amerika Serikat memang dikenal dengan tren musiknya bahkan menjadi tolak ukur di industri hiburan dunia. Namun, siapa sangka K-Pop juga mampu bersaing di Hollywood. Kira-kira bagaimana ya mulanya K-Pop bisa menjadi fenomena di Amerika Serikat?

1. Diperkenalkan BTS

Berawal dari BTS, Musik K-Pop Makin Menginvasi Amerika Serikatrollingstone.com

Idol grup, dengan tujuh anggota itu disembut sebagai pembuka jalan musik K-Pop khususnya di Amerika Serikat. Pada 2014, BTS untuk pertama kali memperkenalkan budaya K-Pop saat memfilmkan reality show Korea yang disebut ‘American Hustle Life’ di Los Angeles.

2. K-Pop mulai menarik perhatian

Berawal dari BTS, Musik K-Pop Makin Menginvasi Amerika Serikatgrammy.com

Pada 2015 BTS yang memulai karyanya untuk go internasional mengubah identitas grupnya yang berawal dari rap ke pop. Selain itu, BTS mulai membuat dance dalam lagunya agar bersemangat. Tidak disangka, keputusan itu membuat BTS itu menjadi idol grup pertama yang meraih keberhasilan pada album I Need U.

3. Memiliki prestasi

Berawal dari BTS, Musik K-Pop Makin Menginvasi Amerika Serikatbillboard.com

BTS yang perlahan mendapatkan kepopulerannya di Amerika Serikat menjadikan BTS memperoleh mention dua kali lebih banyak jika digabungkan mention Presiden Donald Trump dan Justin Bieber. Lagi-lagi, tahun lalu BTS memperoleh posisi teratas di tangga album Billboard 200 berdasarkan jumlah penjualan, unduhan, dan streaming. Ini untuk pertama kalinya, album K-Pop mampu memimpin tangga lagu lho.

4. Mulai dilirik dunia

Berawal dari BTS, Musik K-Pop Makin Menginvasi Amerika Serikatteenvogue.com

Belum lama ini, BTS menjadi idol grup Korea yang mendapat nominasi di Grammy Awards 2019. Salah satu penghargaan tahunan bergengsi, BTS mendapat beberapa nominasi, salah satunya di kategori Best Pop Vocal Album, dan Best Music Video.

5. K-Pop jadi tren musik di AS

Berawal dari BTS, Musik K-Pop Makin Menginvasi Amerika SerikatSoompi.com

Lebih membanggakan lagi, Blackpink menjadi idol grup perempuan pertama yang akan menggelar tour di Amerika Serikat. Mulai dari 12 April hingga 8 Mei 2019, Blackpink siap memeriahkan panggung di Amerika Serikat. Selain itu, dalam tournya Blackpink akan tampil di Festival Musik Choachella.

Baca Juga: Confirmed! BLACKPINK Akan Tampil di Panggung Coachella 2019