Berbicara di depan umum adalah tantangan tersendiri bagi banyak orang. Meskipun kamu bukan tipe orang yang pemalu, public speaking bisa membuatmu merasa gemetaran dan gugup setengah mati. Wajar sekali, kok, Bela. Ketika kamu berbicara di depan umum, semua perhatian terarah padamu dan kamu mungkin takut salah bicara atau melakukan suatu tindakan yang memalukan. Nah, apa pun alasanmu merasa gugup, public speaking adalah salah satu kemampuan yang wajib kamu kuasai. Lalu bagaimana caranya menyampaikan presentasi dengan baik tanpa harus keringatan atau bahkan lupa apa yang harus disampaikan? Berikut ini Popbela akan bocorkan rahasianya.   

1. 10 Trik Hilangkan Rasa Gugup Bicara di Depan Banyak Orang

Untuk menarik perhatian sekaligus membuatmu merasa rileks saat berada di depan umum, mulailah presentasimu dengan sebuah cerita. Selain itu, bercerita juga akan membantu audiensmu merasakan koneksi di antara kalian melalui emosi seperti kekesalan, harapan, atau kegembiraan. 

 

2. 10 Trik Hilangkan Rasa Gugup Bicara di Depan Banyak Orang

Mungkin kamu merasa tak yakin presentasimu akan dipercaya orang lain, jadi kamu gugup setengah mati. Untuk mengatasinya, cobalah untuk memperkuat argumenmu dengan menyediakan contoh kasus, bisa dari pengalamanmu sendiri atau orang lain yang kamu kenal. Alangkah lebih baik kalau kamu juga bisa membuktikan adanya penelitian yang mendukung argumenmu. 

3. 10 Trik Hilangkan Rasa Gugup Bicara di Depan Banyak Orang

Kalau gugup, kamu biasanya jadi bicara ke sana kemari tanpa arah. Siasati dengan merangkum inti pembicaraanmu ke dalam poin-poin yang singkat. Dengan demikian, kamu akan lebih terstruktur dan mudah bagimu mengingat apa saja yang perlu disampaikan bahkan sebelum memulai presentasimu. 

4. 10 Trik Hilangkan Rasa Gugup Bicara di Depan Banyak Orang

Kadang audiensmu tak tahu apa yang harus dilakukan setelah mendengarkan presentasimu. Kalau begitu, sebagus apa pun presentasimu tadi tak akan ada gunanya. Lain kali berikan anjuran pada audiensmu langkah apa yang harus diambil setelahnya, misalkan, "Buka situs saya di www.popbela.com dan silakan mengunduh laporan terbaru saya.". 

5. 10 Trik Hilangkan Rasa Gugup Bicara di Depan Banyak Orang

Rasa gugup muncul karena kamu tak ada bayangan seperti apa presentasimu nanti dan karena kamu tak bisa menilai presentasimu sendiri. Sebelum kamu berbicara di depan umum, cobalah untuk melatih presentasimu sambil direkam untuk melihat seperti apa presentasimu dari pandangan orang luar. 

6. 10 Trik Hilangkan Rasa Gugup Bicara di Depan Banyak Orang

Catat apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan penampilanmu. Kamu juga bisa meminta orang lain untuk menonton dan memberikan komentar supaya bisa lebih teliti. 

 

7. 10 Trik Hilangkan Rasa Gugup Bicara di Depan Banyak Orang

Kalau suaramu sudah pas dan enak didengar, pertahankan. Tapi kalau kamu masih takut melakukan kontak mata, fokuslah untuk memperbaiki kontak matamu dengan audiens. 

 

8. 10 Trik Hilangkan Rasa Gugup Bicara di Depan Banyak Orang

Tibalah 15 sampai 20 menit sebelum kamu memulai presentasimu. Kamu jadi bisa mengakrabkan diri dengan lokasi atau ruangan presentasimu. Lagipula, kalau kamu terlalu mepet, kamu akan jadi tambah gugup dan sulit berkonsentrasi saat presentasi. Belum lagi kalau ada masalah teknis yang membuatmu tambah nervous. 

 

9. 10 Trik Hilangkan Rasa Gugup Bicara di Depan Banyak Orang

Daripada kamu tampil di depan sekumpulan orang asing, cobalah untuk membangun relasi dan berkenalan dulu dengan audiensmu. Kamu akan merasa lebih santai kalau sudah mengenal audiensmu. 

10. 10 Trik Hilangkan Rasa Gugup Bicara di Depan Banyak Orang

Ingatlah untuk selalu mengendalikan dirimu saat menyampaikan presentasi. Sadari pergerakanmu kalau kamu sudah terlalu sering berpindah-pindah posisi atau kalau kamu bicara terlalu cepat. Kamu bisa minta tolong salah satu rekanmu untuk memberi sinyal ketika kamu mulai lepas kendali. 

Dengan 10 tips ini, presentasimu akan berjalan dengan lancar dan efektif. Meskipun sulit, public speaking itu bisa dilatih, kok. Semakin sering kamu tampil di depan umum, semakin kamu jago dalam menyampaikan presentasi. 

 

BACA JUGA: 5 Alasan Kenapa Kamu Tetap Stalking Orang yang Kamu Benci