Fenomena ball drop (menjatuhkan bola) legendaris yang dilakukan di Times Square, New York, merupakan salah satu perayaan Tahun Baru yang menjadi inspirasi bagi seluruh penjuru negeri. Perayaan Malam Tahun Baru di beberapa kota pun dilaksanakan dengan menjatuhkan 'sesuatu' dari ketinggian sebagai hitungan mundur ke Tahun Baru.

Ada yang memilih menjatuhkan 'barang' yang melambangkan negara bagian atau wilayah mereka, namun ada juga perayaan yang malah menjatuhkan 'barang-barang' aneh. Mulai dari kentang, acar, hingga kepiting raksasa, inilah 8 barang-barang teraneh yang dijatuhkan sebagai ritual hitung mundur dalam perayaan Malam Tahun Baru, melansir dari ranker.com.

1. Kota Boise, Idaho: kentang raksasa

8 Benda Teraneh yang Dijatuhkan Saat Rayakan Hitung Mundur Tahun Barukid101.com
https://www.youtube.com/embed/MIXw9LV0fIo

Idaho adalah negara bagian Amerika Serikat yang terletak di bagian Utara, dan dikenal sebagai pusat produksi utama sayuran kentang di Amerika Utara. Sebagai ibu kota Idaho, kota Boise mengadakan perayaan menjatuhkan kentang raksasa pada Malam Tahun Baru, yang telah menjadi ritual tahunan sejak tahun 2013.

Ukuran kentangnya kira-kira sebesar sebuah mobil. Perayaan unik ini setiap tahunnya mampu menarik lebih dari 40,000 pengunjung, dan acaranya ditutup dengan peluncuran kembang api. 

2. Kota Eastover, Carolina Utara: kutu raksasa

8 Benda Teraneh yang Dijatuhkan Saat Rayakan Hitung Mundur Tahun Baruwral.com
https://www.youtube.com/embed/z7f9oXUBpQs

Penjatuhan kutu raksasa ini merupakan ritual tahunan yang dimulai ketika kota Eastover didirikan pada tahun 2010. Penduduk setempat mempelajari bahwa kota tersebut dulunya disebut sebagai Bukit Kutu, maka mereka merasa membuat replika kutu besar merupakan penghormatan yang tepat bagi kota tersebut. Replika kutu besar tersebut yang dijatuhkan pada Malam Tahun Baru dibuat dengan ketinggian sekitar tiga kaki dan 30 pon. 

3. Kota Lebanon, Pennsylvania: daging Bologna raksasa

8 Benda Teraneh yang Dijatuhkan Saat Rayakan Hitung Mundur Tahun Barusmithsonian.com
https://www.youtube.com/embed/QhqCDbVUDOo

Bologna merupakan daging olahan khas Pennsylvania, Belanda. Meskipun disebut sebagau bologna, namun dagingnya sebenarnya adalah sosis sapi asap kering yang mirip dengan salami.

Sejak Tahun Baru 1996, warga kota Lebanon, Pennsylvania, telah diketahui menjatuhkan sebuah bologna seberat 200 pon pada Malam Tahun Baru. "Kota Lebanon merupakan rumah bagi sekumpulan daging bologna," ujar Cheryl Batdorf, Presiden Asosiasi Komunitas Lebanon.

Daging yang telah dilemparkan dari ketinggian ini ternyata tidak dibuang begitu saja. Bologna tersebut setiap tahun disumbangkan kepada rakyat-rakyat yang membutuhkan, sehingga tidak terbuang percuma.

4. Kota Savannah, Georgia: cangkir minuman takeaway raksasa

8 Benda Teraneh yang Dijatuhkan Saat Rayakan Hitung Mundur Tahun Baruwtoc.com
https://www.youtube.com/embed/17nLF4QGq58

Dikenal sebagai Perayaan Malam Tahun Baru "Up The Cup", warga Savannah, Georgia, menjatuhkan cangkir minuman yang biasanya digunakan untuk takeaway setinggi enam kaki pada tanggal 1 Januari. Ritual ini belum lama hadir-dimulai sejak 2013-tetapi selalu dikunjungi banyak pengunjung setiap tahun.

Pemilihan cangkir takeaway untuk tradisi Tahun Baru ini mengacu pada hukum Savannah, yang mengizinkan orang dewasa untuk minum minuman beralkohol di jalanan selama minuman itu tersedia di dalam cangkir yang bisa dibawa pergi (takeaway).

5. Kota Vincennes, Indiana: buah semangka raksasa

https://www.youtube.com/embed/k7fiQ0ocS10

Pada tahun 2007, sebuah kota kecil Vincennes, Indiana, memulai ritual menjatuhkan semangka pada Malam Tahun Baru. Kota Vincennes dan daerah di sekitarnya memiliki lebih dari 7.000 hektar lahan pertanian untuk menanam semangka. Replika semangka setinggi 18 kaki ini dibuat dan diangkat tinggi-tinggi dahulu setiap 31 tanggal Desember, dan tepatnya pada tengah malam, 18 semangka akan dijatuhkan.

6. Kota Easton, Maryland: seekor kepiting raksasa

8 Benda Teraneh yang Dijatuhkan Saat Rayakan Hitung Mundur Tahun Barutourtalbot.org
https://www.youtube.com/embed/K5jh-3-R81g

Kota Easton, Maryland, menyambut Tahun Baru dengan menjatuhkan replika kepiting raksasa dari ketinggian 25 kaki sebagai ritual tahunan. Ritual ini telah dilakukan sejak tahun 2004.

Telah diketahui bahwa ritual menjatuhkan kepiting ini terinspirasi dari Pulau Bermuda yang pertama kali memulainya, dimana bawang raksasa dijatuhkan pada Malam Tahun Baru. Kepiting Easton dijatuhkan sebanyak dua kali pada hari Malam Tahun Baru; pertama, pada pukul 9.00 malam; kedua, di tengah malam.

7. Kota Gunung Olive, Carolina Utara: sebuah acar raksasa

https://www.youtube.com/embed/UUOr1qGcQDw
https://www.youtube.com/embed/EN7WJRVzLkk

Gunung Olive, Carolina Utara, merupakan kota berdirinya perusahaan yang dikenal dengan produksi acar dan buah zaitunnya. Meskipun kesannya aneh, namun tidak terlalu mengejutkan juga ketika kita menyadari bahwa kota Gunung Zaitun menjatuhkan acar setinggi tiga kaki dari langit sebagai perayaan Malam Tahun Baru.

Ini merupakan ritual tahunan yang dibagikan kepada kota Dillsburg, Pennsylvania, yang ternyata menjatuhkan acar dengan ukuran yang lebih besar yaitu setinggi 6 kaki pada Malam Tahun Baru. Sejak tahun 1998, ritual menjatuhkan acar raksasa di kota Gunung Olive telah menarik perhatian banyak warga. Mereka memilih untuk mengadakan tradisi ikonik ini tepat pada pukul 19:00, karena dianggap masih awal sehingga perayaannya bisa dinikmati sekumpulan keluarga.

8. Kota Atlanta, Georgia: buah persik raksasa

8 Benda Teraneh yang Dijatuhkan Saat Rayakan Hitung Mundur Tahun BaruPeach Drop Atlanta/ GPB

Ritual menjatuhkan buah persik raksasa merupakan perayaan Malam Tahun Baru yang paling ramai di Atlanta, Georgia, karena dikunjungi lebih dari 100.000 warga setiap tahun. Buah persik raksasanya dijatuhkan dari atas menara setinggi 138 kaki sebagai ritual hitungan mundur satu menit sebelum memasuki Tahun Baru.

Buah persik adalah simbol dari negara bagian Georgia, sehingga pantas diangkat sebagai 'barang' yang harus mewakili ritual tahunan menjatuhkan sesuatu. Ritual menjatuhkan buah persik ini telah dilaksanakan sejak tahun tahun 1989.

Itulah 8 'barang-barang' teraneh yang pernah dijatuhkan di berbagai kota di luar negeri sebagai perayaan Malam Tahun Baru. Nampaknya peluncuran kembang api sebagai perayaan Tahun Baru, seperti di negeri kita sendiri, sudah terlalu mainstream ya, Bela.

Baca Juga: Bikin Merinding, Ini 9 Tragedi Tragis Menjelang Malam Tahun Baru

Baca Juga: 12 Tradisi Malam Tahun Baru yang Aneh di Berbagai Negara

Baca Juga: Berlatar Malam Tahun Baru, 5 Film Horor Ini Akan Meneror Akhir Tahunmu