Tetap Produktif, Ini 7 Cara Menikmati Waktu Senggang Tanpa Gadget

Aktivitas ini dapat menyehatkan pikiran dan tubuh!

Tetap Produktif, Ini 7 Cara Menikmati Waktu Senggang Tanpa Gadget

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Memasuki era digital, banyak aktivitas dilakukan menggunakan internet dan gadget sebagai media pendukung. Sehingga, bermain gadget bisa menguras waktu ketimbang beraktivitas di luar.

Padahal banyak kegiatan produktif tanpa gawai yang bisa kamu tempuh untuk mengisi waktu luang. Nah, apa saja kegiatan itu? Yuk, simak artikel sampai habis!

1. Membuat agenda dan jurnal pribadi secara manual

Banyak manfaat yang didapat ketika membuat jurnal dan agenda pribadi. Kamu bisa menulis apa saja yang kamu inginkan, misal perencanaan, impian, cita-cita, bahkan jadwal aktivitas yang ingin kamu jalankan.

Dengan menulis, kamu bisa menuangkan semua pikiran, perasaan, atau peristiwa kehidupan yang terjadi di dalam hidupmu. Menurut penelitian, menulis jurnal sehari-hari dapat meningkatkan kesejahteraan psikologis, memberikan rasa nyaman dan lega karena bebas berekspresi.

2. Mengobrol santai dengan topik berbobot

Mengobrol bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu luang. Ketika mengobrol, kamu bisa bertukar pikiran dengan lawan bicaramu yang tentu dapat meningkatkan wawasan serta cara pandang terhadap suatu hal.

Manfaat mengobrol lainnya dapat menbuat hati lebih lega dan pikiran lebih eksploratif. Karena itu, sangat penting ketika mengobrol membahas topik yang berbobot, seperti isu-isu terkini, masa depan, atau pekerjaan. Dengan catatan, konten obrolan bukanlah isu miring atau gosip tak penting. 

Atau kamu bisa memulai mengobrol dengan topik sederhana, seperti tentang kisah hidup atau perjuangan seseorang. Dari situlah, kamu bisa memetik hikmah dan pelajaran di baliknya.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here