Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Mengerikan, 8 Selebriti Ini Pernah Jadi Korban Penculikan

Mereka dibius, diambil hartanya, hingga disiksa

Aisyah Banowati

Menjadi terkenal mungkin menjadi impian bagi beberapa orang. Bayangkan jika memiliki rumah mewah, banyak uang, serta ratusan penggemar yang siap meneriakkan nama kamu saat melewati mereka, terlihat menyenangkan bukan?

Namun sayang, menjadi terkenal juga punya banyak kekurangan, salah satunya tidak adanya privasi dan bisa saja memiliki penguntit yang suka meneror hingga menculik. Oleh sebab itu, biasanya selebriti terkenal memiliki pengawal untuk meningkatkan keamanan dirinya.

Meski telah dijaga dengan begitu ketat, selalu ada ancaman yang mengintai di belakang punggung mereka. Melansir dari South China Morning Post, berikut adalah daftar selebriti yang pernah menjadi korban penculikan. 

1. Benedict Cumberbatch

instagram.com/wlcumberbatch

Pemenang Emmy Awards 2014 untuk kategori Aktor Utama Luar Biasa untuk mini seri atau film, Benedict Cumberbatch, membagikan pengalaman saat dirinya mengalami penculikan di Afrika Selatan dalam sebuah wawancara bersama The Hollywood Reporter. 

Awalnya, bintang Frankenstein (2011) ini sedang berkendara dengan dua orang temannya—Theo Landey dan Denise Black—untuk kembali ke lokasi syuting To the Ends of the Earth (2005) ketika ban depan di sebelah kanan pecah sehingga mereka terpaksa berhenti untuk menggantinya. 

Naas, ketiganya terjebak dalam keadaan mengerikan yang mungkin akan menjadi mimpi buruk dalam waktu yang lama. Benedict dan kedua temannya menjadi korban penculikan dan perampokan. Ketiganya diikat dengan tali sepatu mereka sendiri, dimasukkan ke dalam bagasi, kemudian ditinggalkan di pinggir jalan.

2. Jessica Alba

instagram.com/jessicaalba

Nama Jessica Alba terkenal berkat perannya dalam film-film populer seperti Honey (2003), Sin City (2005), hingga Fantastic Four (2005). Mengawali kariernya lewat serial Flipper (1996), untuk pertama kalinya Jessica mulai menerima panggilan-panggilan aneh di ponselnya. Tidak lama setelahnya dirinya diculik dari lokasi syuting dan hilang selama 14 jam. 

Pada akhirnya, Jessica yang saat itu masih berusia 14 tahun ditemukan terikat dengan mata yang ditutup serta mulut yang disumpal di dalam bagasi mobil. Namun, kasus ini dihentikan, sebab Jessica tidak dapat memberi informasi apa pun dan menolak untuk menjawab pertanyaan tentang kekacauan yang dialaminya. 

Jauh sebelum kasus penculikan tersebut, dirinya sempat mengalami krisis hidup. Jessica yang pubertas lebih cepat dicap sebagai pelacur karena tubuhnya, dipukuli oleh orang yang lebih tua, hingga sempat merasa malu dengan tubuhnya sendiri.

3. Kim Kardashian

instagram.com/kimkardashian

Pada sebuah wawancara bersama David Letterman, Kim Kardashian menceritakan pengalaman mengerikannya di tahun 2016. Kim yang saat itu sedang berada di Paris untuk menghadiri Paris Fashion Week kedatangan lima orang yang berpakaian seperti polisi di kamarnya. 

Dirinya diikat dengan kabel plastik dengan mata, mulut, dan kakinya yang dilakban oleh gerombolan tersebut. Meski dalam persidangan Kim menyatakan bahwa dirinya tidak mengalami pelecehan seksual, dirinya menderita kerugian sekitar US$10 juta dolar atau lebih dari Rp145 miliar rupiah.

Meski terdengar seperti bukan penculikan, saat persidangan terdapat 12 orang yang didakwa dengan perampokan bersenjata dan penculikan untuk kasus ini. Kemudian, setelah kejadian tersebut, Kim memutuskan untuk memecat para pengawalnya.

4. Duffy

instagram.com/duffy

Penyanyi bernama asli Aimee Anne Duffy ini menjadi sorotan setelah selamat dari insiden traumatis yang menimpanya. Pemenang Grammy ini mengungkapkan bahwa dirinya dibius dan diperkosa setelah ditawan oleh seorang penyerang. Pada hari ulang tahunnya, pelantun “Mercy” itu dibius di sebuah restoran dan dibawa berpergian ke negara asing selama empat minggu.

Dirinya pertama kali mengungkapkan traumanya dalam sebuah postingan Instagram di bulan Februari 2020. Meski menolak untuk memberikan klarifikasi lebih lanjut tentang bagaimana dirinya bisa kembali, Duffy mengungkapkan bahwa kini dirinya aman dan baik-baik saja.

5. Justin Long

instagram.com/justinlong

Pada tahun 2019, Justin Long mengungkapkan bagaimana dirinya terlibat sebagai korban penculikan dalam podcast Armchair Expert bersama Dax Shepard. Tahun 2008 silam, Justin sedang terlibat dalam pembuatan film Youth In Revolt di Birmingham, Michigan, Amerika Serikat. 

Justin yang saat itu mulai dikenal oleh publik pergi ke bar bersama seorang perempuan dan dua personal asisten. Saat sedang mengambil minum, dua orang laki-laki mendekatinya dan mengajaknya berbicara dengan memanggilnya “Big Shot” dan “Mr. Hollywood”. Beberapa saat kemudian keduanya pergi namun kembali pada jam 2 pagi untuk mengajaknya ke kasino. 

Meski memutuskan untuk menolak, aktor berkebangsaan Amerika ini tetap masuk ke dalam mobil mereka. Mereka sempat berhenti di hotel Justin dan membiarkannya mengambil uang sebelum mengajaknya ke apartemen milik mereka. Di sini, Justin mulai merasa pikirannya tidak bekerja, dirinya menduga itu bukan efek ganja tapi PCP. 

Lewat sisa-sisa kesadaran yang dimilikinya, Justin yang mulai panik meminta untuk diantar pulang. Selama perjalanan, Justin menyadari bahwa mobil tersebut berjalan ke arah yang salah. 

Pada akhirnya, karena terlalu takut, Justin memutuskan untuk membuka pintu mobil dan melompat keluar. Meski kakinya tidak mengalami patah tulang, namun Justin menerima kerusakan syaraf yang cukup parah pada kakinya.

6. Carina Lau

instagram.com/carinalau1208

Aktris Hong Kong sekaligus istri dari Tony Leung, Carina Lau dilaporkan diculik dan diserang pada tahun 1990. Saat itu, Carina sedang berkendara ke rumah aktor Zeng Zhiwei untuk bermain mahjong. 

Karena merasa diikuti, Carina menambah kecepatan mobilnya namun secara tidak sengaja malah menabrak penghalang. Tiga laki-laki yang persis di belakangnya kemudian mendekat dan menariknya keluar. 

Penjaga keamanan di dekatnya melihat apa yang terjadi dan bergegas memberitahu Zeng Zhiwei untuk memanggil polisi. Setelah 3 jam menghilang, Carina secara mengejutkan kembali ke rumah Zeng Zhiwei dengan keadaan yang buruk.

Saat keadaan mulai tenang, dirinya menjelaskan jika si penculik tidak menyerangnya, hanya mengambil uang dan jam tangan bermerek miliknya. Keesokan harinya, Carina datang ke kantor polisi untuk mencabut kasus tersebut. 

Namun, 12 tahun pasca penculikan, tepatnya di tahun 2002, foto telanjang dirinya tersebar. Bahkan, foto yang diambil saat penculikan tersebut diterbitkan sebagai cover utama untuk majalah East Weekly. Sempat merasa tak berdaya, Carina Lau akhirnya memutuskan untuk melancarkan protes untuk perilaku ‘jahat’ East Weekly.

7. Shin Sang Ok and Choi Eun Hee

ph.news.yahoo.com

Aktris Korea Selatan, Choi Eun Hee sempat diculik atas perintah pemimpin Korea Utara Kim Jong-il di akhir tahun 1970-an. Mantan suaminya yang juga seorang sutradara terkenal juga diculik beberapa bulan kemudian. Namun, Korea Utara memberikan bantahan jika telah menculik keduanya dengan mengatakan mereka sedang mencari perlindungan. 

Choi Eun Hee dan suaminya merupakan bintang film dan sutradara terkenal pada masanya. Namun, setelah perceraian karier Choi mulai menurun, pada saat itulah dirinya didekati oleh seseorang yang menyamar sebagai pengusaha Hong Kong dan mengajaknya untuk membentuk perusahaan pembuat film. 

Menurut buku A Kim Jong-il Production, setibanya di Hong Kong, Choi ditangkap dan dibius oleh sekelompok orang. Meski sudah bercerai, Shin masih dekat dengan mantan istrinya kemudian memutuskan untuk pergi ke Hong Kong dan mencarinya. Pada saat itulah dirinya juga ikut menjadi korban penculikan. 

Keduanya terjebak di Korea Utara selama 8 tahun dan dipaksa untuk membuat film di bawah instruksi Kim. Shin yang awalnya menolak terpaksa dipenjara selama hampir lima tahun. Selama membuat film untuk Kim, pasangan ini telah beberapa kali bepergian ke luar negeri dan menghadiri festival film di bawah pengawasan ketat.

Mereka akhirnya melarikan diri saat di Wina setelah menghadiri festival film Berlin 1986, mencapai kedutaan Amerika, kemudian mengklaim suaka. Keduanya kembali ke Korea Selatan secara permanen pada tahun 1999. Pada akhirnya, kisah keduanya diangkat menjadi sebuah film berjudul The Lovers and the Despot yang tayang di tahun 2016.

Itulah deretan selebriti yang sempat menjadi korban penculikan. Mungkin kejadian mengerikan tersebut telah menghantui tidur mereka selama malam-malam yang panjang, namun kini mereka masih bersinar di jalannya masing-masing.

IDN Media Channels

Latest from Working Life