Kehidupan glamor dunia hiburan Korea Selatan tidak membuat semua idol K-Pop betah menjalaninya seumur hidup. Ada berbagai faktor yang mengharuskan mereka pensiun dini, entah karena menikah, melanjutkan pendidikan, atau ingin memiliki kehidupan normal. 

Para idol K-pop ini rela melepaskan jubah keemasan mereka sebagai seorang idol K-pop bersinar dan memulai titik baru dalam kehidupan normal. Mereka yang memilih pensiun dini dari dunia hiburan Korea Selatan menjalani profesi yang beragam dan jauh dari sorotan media. 

Ada yang beruntung memperoleh kehidupan normal dengan sangat layak, namun ada pula yang harus berjuang demi memenuhi kebutuhan hidup di kota besar Korea Selatan. Seperti apa kehidupan para idol K-Pop setelah pensiun dini? Intip kehidupan baru mereka di sini. 

1. Jay Park

Ada yang Jadi Koki, 12 Kehidupan Idol K-Pop Setelah Pensiun DiniPinterest.com

Gaung pensiun dini sudah sejak lama diisyaratkan oleh Jay Park selaku solois muda dan pendiri dua agensi Korea Selatan. Tepat di akhir tahun 2021, Jay Park resmi mengumumkan dirinya mundur dari CEO AOMG dan H1ghr Music. 

Demi mendukung keputusan bulatnya, Jay Park juga menghapus akun Instagram-nya pada 1 Januari 2022. Ternyata di balik keputusan pensiun dini yang dilakukan Jay Park, sang solois tengah mempersiapkan diri dengan bisnis baru sehingga ia bisa fokus mengembangkannya. 

Diketahui dari sahabat karib Jay Park, Simon Dominic mengungkapkan bahwa Jay Park merencanakan bisnis minuman beralkohol miliknya bernama nama Won Soju, yang dikabarkan akan segera diluncurkan dalam waktu dekat. 

2. Minhee eks 'Stellar'

Ada yang Jadi Koki, 12 Kehidupan Idol K-Pop Setelah Pensiun DiniBerbagai sumber

Dibubarkan pada tahun 2020, keempat anggota Stellar menjalani kehidupan yang berbeda-beda. Minhee memilih untuk menekuni profesi barunya sebagai BJ Afreeca TV, sebuah situs streaming yang populer di Korea Selatan. 

Sejak aktif menjadi BJ Afreeca TV, penghasilan Minhee melesat pesat hingga melampaui penghasilannya sebagai idol K-pop selama 7 tahun. Dalam penggunaannya, situs ini memiliki sistem bernama 'star ballon'. Sistem tersebut memungkinkan BJ memperoleh pendapatan dari penonton siaran yang memberikan 'star ballon' kepadanya. 

Satu 'star ballon' dihargai 110 won atau sekitar 1.300 rupiah. Berkat popularitasnya sebagai idol K-pop, Minhee mampu meraup 50.000-100.000 star balloon atau ditaksir lebih dari 116 juta rupiah. 

3. Eunjin eks 'DIA'

Ada yang Jadi Koki, 12 Kehidupan Idol K-Pop Setelah Pensiun DiniBerbagai sumber

DIA menjadi salah satu grup K-Pop populer bentukan ajang pencarian bakat Produce 101. Pada tahun 2018, Ahn Eunjin memutuskan keluar dari grupnya tersebut setelah tiga tahun mulai debutnya sebagai penari dan rapper utama. 

Masalah kesehatan dan sulitnya membagi waktu menjadi faktor utama Eunjin hengkang dari DIA. Lama tak terdengar kabar di dunia hiburan Korea, ternyara Eunjin memiliki aktivitas baru sebagai BJ Afreeca TV. Konten utama yang disuguhkan Eunjin dalam aplikasi streaming tersebut adalah sesi tanya jawab dengan para penggemarnya. 

Namun pada Januari 2021, Eunjin memutuskan berhenti dari BJ karena komentar jahat terus berdatangan kepadanya. Satu-satunya platform yang digunakan Eunjin hanya YouTube. 

4. Lee Ji Yeon

Ada yang Jadi Koki, 12 Kehidupan Idol K-Pop Setelah Pensiun DiniBerbagai sumber

Di era 80-an, nama solois Lee Ji Yeon begitu terkenal di blantika musik Korea Selatan. Ia pernah merilis lagu hit berjudul "Wind, Please Stop Blowing", namun Lee Ji Yeon memutuskan berimigrasi ke Amerika Serikat setelah pensiun dini sebagai penyanyi. 

Di Amerika Serikat, Ji Yeon bertemu suaminya di restoran Korea, tempat bekerja sebagai koki. Mereka secara bersama-sama membangun bisnis restoran bernama Heirloom Market BBQ di Sandy Spring, Atlanta. 

Keuletannya sebagai koki membuat Ji Yeon terpilih sebagi salah satu dari seratus koki terbaik di Atlanta versi Culinary Local. Di tahun 2018, ia pernah muncul di media Internasional untuk memperlihatkan keterampilannya memasak mi dingin Pyongyang selama acara KTT antar Korea. 

5. Lee So Eun

Ada yang Jadi Koki, 12 Kehidupan Idol K-Pop Setelah Pensiun DiniBerbagai sumber

Jika kamu penggemar lagu balad Korea zaman dulu, mungkin kamu pernah mendengar artis populer seperti Lee Seung Hwan, Yoon Sang, Kim Dong Ryul, hingga Lee So Eun. Ia merupakan solois yang memulai debutnya pada tahun 1998 saat masih duduk di sekolah menengah. 

Tahun 2009, Lee So Eun mengadu mimpi di Amerika Serikat untuk belajar hukum setelah lulus dari Universitas Korea. Lalu, ia masuk ke Universitas Northwestern, Chicago, jurusan hukum. Pada tahun 2012, Lee So Eun memulai kehidupan normalnya sebagai pengacara. 

Sudah 13 tahun ia meninggalkan awal kariernya sebagai penyanyi, kemudian mengembangkan karier barunya sebagai wakil direktur Kamar Dagang Internasional di New York sejak tahun 2015.

6. Ahn Mi Jeong

Ada yang Jadi Koki, 12 Kehidupan Idol K-Pop Setelah Pensiun DiniKoreaboo.com

Satu generasi dengan grup Fin.K.L dan S.E.S, Ahn Mi Jeong yang merupakan mantan anggota grup O-24 juga membangun karier barunya selepas pensiun dini dari dunia hiburan Korea Selatan. 

Saat pensiun, Ahn Mi Jeong memilih menjadi reporter dan pembawa berita di stasiun televisi SBS Suwon. Beberapa tahun kemudian, ia mengambil kursus TESOL untuk pendidik bahasa Inggris. Kini, Ahn Mi Jeong mulai profesi barunya sebagai guru bahasa Inggris di pusat pendidikan untuk membantu orang-orang dalam mempersiapkan ujian masuk Kepolisian. 

7. Oh Byung Jin

Ada yang Jadi Koki, 12 Kehidupan Idol K-Pop Setelah Pensiun Diniwowkorea.live.com

Tergabung di 5tion, Oh Byung Jin juga memutuskan pensiun dini karena masalah internal perusahaan. Padahal, grup Kpop ini cukup terkenal di era tahun 2014 karena memiliki beberapa lagu hit seperti "More Than Words".

Saat pensiun, Oh Byung Jin sempat merasakan kekhawatiran akan nasibnya. Namun, ia melanjutkan untuk banting setir sebagai seorang pengusaha. Oh menjadi CEO dari bisnis peralatan dapur dan mencatat penghasilan tahunan hingga 83 juta dolar atau Rp1,1 triliun. Oh mengatakan bahwa dirinya sangat puas dengan karier barunya saat ini. 

8. G.O eks 'MBLAQ'

Ada yang Jadi Koki, 12 Kehidupan Idol K-Pop Setelah Pensiun DiniKoreaboo.com

Tidak banyak grup K-Pop generasi kedua yang masih bertahan hingga saat ini termasuk MBLAQ yang hiatus bermusik sejak tahun 2015. Beberapa anggota MBLAQ mengalami kesulitan dalam menjalani kehidupan normal dengan karier barunya. 

Beruntungnya, G.O mencari cara untuk bertahan hidup setelah pensiun dini dengan menjadi BJ Afreeca TV. Pada debut pertamanya sebagai BJ, mantan anggota MBLAQ ini telah mengantongi pendapatan sebesar 25.000 dollar atau setara 351 juta rupiah dari 'star ballon' yang dikirimkan penggemar kepadanya selama streaming. 

Pada tahun 2018, penghasilan G.O sebagai BJ terus bertambah seiring dengan keaktifannya melakukan live streaming. Ia mampu menerima sebanyak 128.413 'star ballon' atau setara Rp92 Juta.

9. Ellin eks 'Crayon Pop'

Ada yang Jadi Koki, 12 Kehidupan Idol K-Pop Setelah Pensiun DiniTwitter.com/allkpop

Mengikuti jejak idol K-pop lainnya, salah satu mantan anggota Crayon Pop ini juga menekuni profesi sebagai BJ Afreeca TV. Ia masuk ke dalam daftar TOP 20 BJ dan berada di peringkat ke-12. 

Dalam waktu singkat, popularitas Ellin di dunia BJ meningkat pesat dan menambah kekayaannya. Diketahui, penghasilan Ellin sebagai BJ lebih besar dari penghasilannya sebagai idol K-pop dulu. Ia mampu meraup penghasilan fantastis hingga 200 juta won atau sekitar Rp2,6 miliar di usia mudanya.

10. Dahee eks 'GLAM'

Ada yang Jadi Koki, 12 Kehidupan Idol K-Pop Setelah Pensiun DiniBerbagai sumber

Sempat tersandung kasus dengan Lee Byung Hun di masa lalu, Dahee memilih pensiun dan berprofesi sebagai BJ Afreeca TV. Ia juga mengganti nama panggung dengan nama BJ Kim Si Won. 

Berdasarkan data perhitungan 'star ballon', Dahee mengantongi pendapatan sekitar Rp8,6 miliar di November tahun lalu. Ia juga menempati peringkat teratas dalam peringkat 'star ballon' Afreeca TV.

Saking terkenalnya, Dahee meraih penghargaan Daesang di malam acara Afreeca TV BJ Awards yang diadakan di aT Center, Yangjae-dong, Seochu-gu, Seoul pada 24 Desember 2021.

11. Kim Hyun Jun eks 'Taesaja'

Ada yang Jadi Koki, 12 Kehidupan Idol K-Pop Setelah Pensiun DiniAllkpop.com

Kim Hyun Jun merupakan mantan anggota grup Taesaja, salah satu grup K-pop pria generasi pertama yang aktif melakukan promosi dari tahun 1997 hingga 2001. Kehidupannya berubah sejak ia pensiun dini dari dunia hiburan Korea Selatan dan menjalai kehidupan normal Kim Hyun Jun.  

Kini, ia berprofesi sebagai kurir pengantar barang. Hal tersebut diketahui publik setelah Kim Hyun Jun mengunggah kesibukannya saat ini di akun Instagram-nya. Banyak penggemar yang khawatir dengannya, tetapi Kim Hyun Jun menikmati profesi barunya demi bisa bertahan hidup. Kim Hyun Jun juga mengungkapkan bahwa profesi barunya tersebut membantunya untuk menjalani kehidupan yang seimbang. 

12. Yoo Kyung eks 'A-Pink'

Ada yang Jadi Koki, 12 Kehidupan Idol K-Pop Setelah Pensiun DiniAllkpop.com

Pada tahun 2013, publik dikejutkan dengan keluarnya seorang anggota dari grup A-Pink, yakni Hong Yoo Kyung. Skandal perundungan sempat mewarnai isu keluarnya Yoo Kyung dari grup tersebut, namun semua isu tersebut dibantah lantaran Yoo Kyung memilih fokus pada pendidikannya di jurusan fashion

Saat keluar dari A-Pink, Yoo Kyung sempat mendapatkan tawaran bergabung dengan agensi lain, namun ditolaknya. Ia memutuskan untuk menyelesaikan kuliahnya dan berkarier sebagai perancang busana saat ini.

Nah, itulah deretan kehidupan normal para idol K-pop pasca pensiun dini dari dunia hiburan Korea Selatan. Kangen nggak melihat para idol K-pop ini kembali ke layar kaca, Bela?

Baca Juga: 9 Mantan Artis Cilik Ini Pilih Profesi Lain Setelah Dewasa

Baca Juga: Inilah Pekerjaan Lama Artis Bollywood Sebelum Mereka Bersinar

Baca Juga: Crazy Rich Asian, 10 Idola KPop Ini Sudah Kaya Raya Sejak Dulu