Sebelum mulai bekerja, tidak ada salahnya membicarakan mengenai gaji yang akan kamu dapatkan. Beberapa orang akan melakukan negosiasi untuk mendapatkan nilai yang sesuai dengan kemampuannya. Namun, tidak jarang negosiasi yang buruk membuat seseorang kehilangan pekerjaan. 

Bukan hanya pekerja kantoran, bahkan jajaran selebriti pun sering bernegosiasi mengenai pendapatan yang akan mereka terima. Terkadang, jika permintaan gaji terlalu besar mereka akan digantikan orang lain. Akan tetapi, di lain waktu, selebriti lah yang meninggalkan produksi karena gaji yang diterima tidak sesuai.

Keadaan ini juga pernah menimpa jajaran nama selebriti Hollywood. Penasaran ada siapa saja? Yuk, simak daftarnya di bawah ini!

1. Will Smith

11 Aktor & Aktris Hollywood yang Pernah Bermasalah Saat Negosiasi Gajiinstagram.com/willsmith

Pada tahun 1996, Will Smith sukses memerankan Kapten Steven Hiller untuk film Independence Day. Kemudian, di tahun 2011, sutradara Roland Emmerich mengusulkan ide untuk sekuel film ini, dan tentunya mengajak Will Smith kembali.

Lima tahun kemudian, Roland akhirnya membuat sekuel berjudul Independence Day: Resurgence, namun tidak ada Will Smith di dalamnya. Merangkum dari berbagai sumber, diketahui jika Will Smith “terlalu mahal”, sebab dirinya meminta US$50 juta dollar atau lebih dari 700 miliar rupiah untuk dua film.

2. Bruce Willis

11 Aktor & Aktris Hollywood yang Pernah Bermasalah Saat Negosiasi Gajiinstagram.com/dobledebruce

Film aksi blockbuster The Expendables satu dan dua telah menampilkan Bruce Willis sebagai Mr. Church. Bruce seharusnya mengulang perannya pada The Expendables tiga, namun tidak dilakukannya. Kabarnya, Bruce meminta kenaikan gaji.

Awalnya, gaji Bruce sebanyak US$3 juta dollar atau lebih dari 40 miliar rupiah untuk empat hari berturut-turut saat syuting di Bulgaria. Namun, aktor tersebut meminta kenaikan gaji menjadi US$4 juta dollar yang ditolak oleh sang sutradara, Sylvester Stallone. Pada akhirnya, Bruce memutuskan untuk keluar dan digantikan oleh aktor Harrison Ford.

3. Benicio del Toro

11 Aktor & Aktris Hollywood yang Pernah Bermasalah Saat Negosiasi Gajiinstagram.com/benicio_del_toro1

Peran Khan dalam Star Trek: Into Darkness yang dimainkan oleh  Benedict Cumberbatch beberapa kali diperdebatkan, sebab berbeda dari penggambaran aslinya. Karakter Khan digambarkan sebagai sosok Amerika Latin, yang awalnya diberikan untuk Benicio del Toro.

Sang sutradara, J.J. Abrams memilih Benicio dan telah mengadakan pembicaraan dengan Paramount—perusahaan studio film tertua di Amerika Serikat yang bermarkas di Hollywood. Namun, Benicio menarik diri sebab adanya perselisihan mengenai gaji.

4. Jonah Hill

11 Aktor & Aktris Hollywood yang Pernah Bermasalah Saat Negosiasi Gajiinstagram.com/jonahhill

Sempat mendapat tawaran untuk memainkan peran sebagai Riddler di The Batman, namun Jonah Hill tidak mencapai kesepakatan mengenai masalah gaji. Dilaporkan, jika Jonah meminta bayaran sebanyak US$10 juta dollar atau hampir 150 miliar rupiah, yang mana dua kali lipat dari yang diminta Robert Pattinson. Pada akhirnya, Jonah dan Warner Bros gagal mencapai kesepakatan, kemudian peran itu diberikan kepada Paul Dano.

5. Tobey Maguire

11 Aktor & Aktris Hollywood yang Pernah Bermasalah Saat Negosiasi Gajiinstagram.com/tobeymaguir

Nama Tobey Maguire semakin melejit setelah berperan sebagai Peter Parker dalam film Spider-Man di tahun 2002. Namun, Tobey hampir saja tidak kembali bermain untuk sekuel Spider-Man 2 karena alasan gaji.

Akan tetapi, pada akhirnya kesepakatan terjadi dan Tobey kembali memainkan perannya sebagai Peter Parker. Bahkan, Spider-Man 2 berhasil masuk ke dalam jajaran film box office, serta meraup keuntungan lebih dari 11 triliun rupiah.

6. Hugo Weaving

11 Aktor & Aktris Hollywood yang Pernah Bermasalah Saat Negosiasi Gajiinstagram.com/hugoweaving1

Sukses mengambil peran sebagai Red Skull pada film Captain America: The First Avenger, Hugo kembali mendapat tawaran untuk membintangi  Avengers: Infinity War dan Avengers: Endgame.

Melansir dari Metro.co.uk, Hugo menjelaskan jika dirinya tidak mencapai kesepakatan dengan Marvel mengenai negosiasi gaji. “Pada saat itu, mereka telah mendorong kembali kontrak yang kami sepakati dan uang yang mereka tawarkan kepada saya, namun untuk The Avengers jauh lebih sedikit daripada yang saya dapatkan untuk film yang pertama, dan ini untuk dua film.”

7. Lauren Cohan

11 Aktor & Aktris Hollywood yang Pernah Bermasalah Saat Negosiasi Gajiinstagram.com/laurencohan

Pemeran Maggie Greene dari serial televisi horor The Walking Dead, Lauren Cohan, memutuskan untuk meninggalkan serial setelah delapan tahun bergabung.

Selain karena kontraknya sudah habis, faktor lain yang membuat Lauren meninggalkan The Walking Dead adalah kegagalan kesepakatan saat dirinya melakukan negosiasi dengan AMC—saluran televisi multinasional di Amerika—mengenai gaji.

Namun, dirinya tidak menutup kemungkinan akan kembali ke dalam jalan cerita The Walking Dead. Hal ini terbukti, sebab Lauren kembali sebagai Maggie pada akhir musim ke-10.

8. Grace Park

11 Aktor & Aktris Hollywood yang Pernah Bermasalah Saat Negosiasi Gajiinstagram.com/gracepark_official

Berperan sebagai Officer Kono Kalakaua pada Hawaii Five-0 selama tujuh musim, nyatanya gaji yang diterima Grace Park 10-15% lebih rendah dari apa yang diterima lawan mainnya. Untuk itu, Grace meminta kesetaraan gaji sebelum musim ke delapan dimulai. Namun, ketika negosiasinya bersama CBS tidak dapat tercapai, Grace memutuskan untuk berhenti dari Hawaii Five-0.

9. Daniel Dae Kim

11 Aktor & Aktris Hollywood yang Pernah Bermasalah Saat Negosiasi Gajiinstagram.com/danieldaekim

Bukan hanya Grace yang bermasalah mengenai kontrak pembayaran, lawan mainnya, Daniel Dae yang berperan sebagai Detektif Letnan Chin Ho Kelly juga merasakan hal serupa.

Daniel Dae menolak kembali pada musim ke delapan Hawaii Five-0, sebab permintaannya untuk membayar ekuitas tidak terpenuhi. Dalam sebuah unggahan di facebook Daniel menuliskan, "Meskipun saya membuat diri saya tersedia untuk kembali, CBS dan saya tidak dapat menyetujui persyaratan kontrak baru, jadi saya membuat pilihan sulit untuk tidak melanjutkan."

10. Terrence Howard

11 Aktor & Aktris Hollywood yang Pernah Bermasalah Saat Negosiasi Gajiinstagram.com/theterrencehoward

Pada tahun 2008, aktor sekaligus rapper Hollywood, Terrence Howard berperan sebagai Rhodey di film Iron Man pertama. Sejak awal, dirinya digadang-gadang akan kembali mengambil peran pada film selanjutnya, namun itu tidak pernah terjadi. Sebab, selama negosiasi sekuel dirinya hanya ditawari gaji sebanyak 12,5% dari yang awalnya dijanjikan. 

Ternyata hal ini berkaitan dengan adanya ‘pengkhianatan’ dan hubungan yang kurang baik antara Howard bersama kru film. Pada acara What Happens Live with Andy Cohen dirinya berkata, "Ternyata orang yang saya bantu menjadi Iron Man mengambil uang yang seharusnya diberikan kepada saya dan mendorong saya keluar."

11. Hilary Duff

11 Aktor & Aktris Hollywood yang Pernah Bermasalah Saat Negosiasi Gajiinstagram.com/hilaryduff

Sejak debutnya di tahun 2001, nama Hilary Duff sukses menjadi bintang internasional setelah membintangi Lizzie McGuire—acara Disney Channel dengan rating tertinggi saat itu.

Di usianya yang ke-15, Hilary Duff sedang bernegosiasi dengan Disney untuk sebuah sekuel dari The Lizzie McGuire Movie. Awalnya, Disney menjanjikan bonus sebanyak US$500.000 dollar atau kini sekitar 7 miliar rupiah jika film pertama meraup setidaknya 50 juta dollar di box office.

Namun, kesepakatan tersebut gagal, sebab perwakilan Duff menuntut agar bonus dibayarkan terlepas dari kinerja film tersebut. Disney pun menolak dan pembicaraan berakhir.

Itulah nama-nama selebriti Hollywood yang sempat bernegosiasi mengenai gaji mereka namun mendapat penolakan. Meski tidak jadi bergabung, nama mereka masih banyak dikenal hingga kini. Wah, ada selebriti favorit kamu nggak, nih?

Baca Juga: 6 Film Romantis Hollywood yang Cerita Cintanya Penuh Red Flag

Baca Juga: 7 Artis Hollywood ini Pernah Perankan Tokoh Bintang Porno dan Sukses!

Baca Juga: Punya Fokus Berbeda, 7 Artis Hollywood Ini Hiatus Sejenak dari Akting