Siapa yang saat ini punya anak kucing di rumah? Badannya yang mungil membuat kita gemas saat melihatnya. Namun, asupan nutrisinya juga perlu kamu perhatikan, ya, Bela!

Selain minum susu dari induknya, anak kucing juga perlu makanan pendamping agar dapat tumbuh lebih optimal. Tak perlu bingung, di bawah ini ada 7 rekomendasi makanan yang aman dikonsumsi anak kucing. Cek, yuk!

1. Wet food kemasan

Nyam! Ini 7 Rekomendasi Makanan untuk Anak KucingPexels/Anjie Qiu

Sebagaimana manusia yang belum lama lahir, organ pencernaan anak kucing juga belum berkembang secara sempurna. Oleh karena itu, jenis makanan yang paling dianjurkan, terutama jika berusia kurang dari 1 bulan, adalah makanan basah (wet food). Pastikan sejumlah nutrisi penting terkandung dalam makanan tersebut, seperti kalsium, vitamin A, vitamin C, vitamin E, serta Omega 3 dan 6.

2. Wet food homemade

Nyam! Ini 7 Rekomendasi Makanan untuk Anak KucingPexels/Romina BM

Kamu juga bisa membuat wet food sendiri, lho! Bahan-bahannya meliputi campuran daging, dry food, dan air rebusan ayam. Jangan lupa perhatikan kehigienisannya, ya, Bela! Olahan ini bisa bertahan selama 3-5 hari.

3. Susu khusus kucing

Nyam! Ini 7 Rekomendasi Makanan untuk Anak KucingPexels/Emrah AYVALI

Susu sebenarnya bisa didapatkan secara alami dari induk kucing. Namun, jika ingin nutrisi tambahan, beberapa pet shop menyediakan produk susu khusus anak kucing. Jangan lupa sediakan dotnya untuk mempermudah kitten-mu saat meminumnya.

4. Nasi

Nyam! Ini 7 Rekomendasi Makanan untuk Anak KucingPexels/makafood

Khusus anak kucing kampung, jmakanan juga bisa berupa nasi, lho. Sebagai catatan, nasi yang diberikan harus berkualitas baik. Selain itu, perbandingan ideal nasi dan daging dalam satu porsi makanan kucing adalah 1:3.

5. Daging

Nyam! Ini 7 Rekomendasi Makanan untuk Anak KucingPexels/Alexander Zvir

Memberikan daging secara langsung, umumnya ikan, juga tak masalah, kok! Biasakan untuk membersihkan duri dan memasak daging terlebih dahulu sebelum diberikan kepada anak kucing. Kamu tentu nggak mau, dong, anabul gemasmu mendadak sakit karena terserang bakteri dari daging mentah?

6. Tempe

Nyam! Ini 7 Rekomendasi Makanan untuk Anak KucingPexels/cottonbro

Kemudian, ada tempe yang dapat dijadikan sebagai pengganti nasi untuk campuran daging. Perbandingan makanan kaya protein dengan daging pun tetap sama, yaitu 1:3.

7. Gandum

Nyam! Ini 7 Rekomendasi Makanan untuk Anak KucingPexels/Polina Tankilevitch

Sumber protein lain yang juga dapat dijadikan makanan anak kucing adalah ragam gandum, seperti nasi merah, yang telah ditumbuk halus terlebih dahulu. Selanjutnya, jangan lupa masak sampai matang agar pencernaan kucing tetap sehat.

Kamu biasa memberi makanan yang mana, nih, Bela?

Baca Juga: Dianggap Bawa Hoki, Berikut 7 Fakta Menarik Kucing Hitam

Baca Juga: Cara Mengetahui Apakah Kentut Kucing Normal atau Pertanda Sakit

Baca Juga: Begini 7 Cara Sembuhkan Kucing dari Penyakit Flu!