Layaknya manusia, tanaman juga butuh nutrisi. Meskipun ada banyak jenis dan bentuknya, pupuk KCl memegang peranan yang cukup penting dalam pertumbuhan tanaman.

KCl sendiri adalah nama kimia untuk Kalium klorida. Ciri fisiknya berupa perpaduan serbuk merah dan putih yang cukup kasar atau ada juga yang berbentuk cair. Biasanya, pupuk ini dapat dibeli di toko perlengkapan pertanian bahkan e-commerce.

Pupuk KCl cocok diberikan untuk tanaman jahe, padi, tebu, jagung, cabai, dan kacang-kacangan. Waktu pemberian terbaiknya yaitu pada saat tanaman mulai berbunga atau ketika tanaman menunjukkan gejala kurang kalium, seperti daun mengerut, tepi daun menguning, atau batangnya lemah dan pendek.

Berkaitan dengan hal tersebut, sebenarnya apa saja manfaat pupuk KCl untuk tanaman? Simak pembahasannya di bawah ini.

1. Memaksimalkan proses fotosintesis

6 Manfaat Pupuk KCl, Bikin Hasil Panen Melimpahpexels.com/Artem Beliaikin

Fotosintesis adalah proses memasak makanan yang dilakukan oleh tumbuhan. Dalam tahap ini, berbagai zat kimia ikut terlibat. Pemberian pupuk KCl dimaksudkan untuk memaksimalkan proses ini.

Dengan adanya pupuk tersebut, enzim-enzim akan bekerja lebih baik. Selain itu, penambahan KCl juga akan membantu proses transportasi hasil fotosintesis (asimilat) ke seluruh bagian tanaman sehingga tanaman akan lebih ternutrisi.

2. Menyempurnakan bentuk biji

6 Manfaat Pupuk KCl, Bikin Hasil Panen Melimpahpexels.com/Karolina Grabowska

Ada alasan mengapa pemberian pupuk KCl sebaiknya dilakukan saat tanaman mulai berbunga. Pasalnya, hal tersebut akan membantu tanaman menghasilkan bentuk biji yang lebih sempurna.

3. Membuat kualitas buah lebih baik

6 Manfaat Pupuk KCl, Bikin Hasil Panen Melimpahpexels.com/PhotoMIX Company

Menyambung poin sebelumnya, kualitas biji akan memengaruhi kualitas buah yang dihasilkan tanaman. Unsur hara kalium pada pupuk akan mengatur berbagai kegiatan unsur mineral dalam tanah. Sehingga, bentuk, rasa, hingga warna buah akan mencapai titik terbaiknya.

Tak hanya itu, kandungan kalium pada pupuk ini juga mengatur berbagai kegiatan tanaman, lho! Contohnya membantu proses transportasi glukosa dalam tanah, membentuk, hingga mengangkut karbohidrat sebagai katalisator dalam pembentukan protein. Wah, pasti tanamannya bahagia banget, ya, kalau diberi pupuk ini?

4. Meningkatkan kekebalan tanaman

6 Manfaat Pupuk KCl, Bikin Hasil Panen Melimpahpexels.com/Akil Mazumder

Sebagai makhluk hidup, tanaman juga bisa sakit. Oleh karena itu, penting untuk memberikan pupuk KCl sebagai vitamin untuk tanaman. Pupuk ini akan membuat tanaman lebih kebal terhadap hama dan mengaktifkan enzim yang dapat menetralkan reaksi sel agar terhindar dari kondisi asam yang menghambat penyerapan nutrisi.

5. Menguatkan batang tanaman

6 Manfaat Pupuk KCl, Bikin Hasil Panen Melimpahpexels.com/João Jesus

Lebih lanjut lagi, tanaman yang sehat juga akan menghasilkan batang yang kuat. Dengan pemberian pupuk KCl, dijamin tanaman tidak akan mudah ambruk saat cuaca buruk menerpa.

6. Memperbanyak buah

6 Manfaat Pupuk KCl, Bikin Hasil Panen Melimpahpexels.com/Sergei A

Terakhir dan yang paling penting, pemberian pupuk KCl juga akan memengaruhi kuantitas buah. Kandungan kloridanya akan meningkatkan resistensi penyakit pada tanaman sehingga produksi buah lebih maksimal.

Itulah manfaat pupuk KCl untuk tanaman. Yuk coba dan maksimalkan potensi cuan!

Baca Juga: Jadi Subur, ini 6 Merek Pupuk Khusus Buah dan Bunga Beserta Harganya

Baca Juga: Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Sampah Dapur di Rumah 

Baca Juga: Perbanyak Tumbuhanmu dengan Metode Stek Tanaman, Caranya Gampang!