15 Hewan dengan Usia Terpanjang, Hidup Lebih Dari Seabad!

15 Hewan dengan Usia Terpanjang, Hidup Lebih dari Seabad!

Usianya lebih tua dari manusia

15 Hewan dengan Usia Terpanjang, Hidup Lebih dari Seabad!

Beberapa hewan memiliki usia terpanjang di dunia. Tak hanya seabad, mereka bisa hidup sampai ratusan bahkan 1.000 tahun lebih. Jumlah usia ini jelas lebih tua dari manusia manapun yang rata-rata hanya hidup selama puluhan tahun.

Kira-kira, akan ada hewan apa saja di dalam daftar ini? Daripada penasaran, lanjut scroll untuk tahu informasinya, yuk!

1. Spons antartika – 1.550 tahun

15 Hewan dengan Usia Terpanjang, Hidup Lebih dari Seabad!tentik.com

Spons antartika hidup sekitar 325 hingga 6.500 kaki di bawah air. Dengan suhu yang sangat dingin, pertumbuhan biologisnya jadi terhambat sehingga usianya bisa panjang. Dalam sebuah studi yang dilakukan pada 2002, salah satu spesiesnya yang bernama Anoxycalyx joubini disebut dapat hidup hingga 15.000 tahun. Untuk spesies Cinachyra antarctica, hidupnya berkisar 1.550 tahun, menjadikannya sebagai hewan dengan usia terpanjang. Spons antartika kini memiliki jumlah yang terbatas, yaitu sekitar 300-an saja.

2. Quahog Laut – 500 tahun

15 Hewan dengan Usia Terpanjang, Hidup Lebih dari Seabad!bbc.com

Hewan yang biasa hidup di sekitar pantai timur Amerika Utara ini umumnya punya usia 100–200 tahun. Namun, peneliti dari Welsh melihat adanya kemungkinan usia hingga 500 tahun dari cincin pertumbuhan di bagian luar cangkang quahog laut.

3. Hiu Greenland – 400 tahun

15 Hewan dengan Usia Terpanjang, Hidup Lebih dari Seabad!nationalgeographic.com

Meski bisa bertahan hidup sampai 400 tahun lamanya, hiu greenland (Somniosus microcephalus) kabarnya terancam punah karena penangkapan yang berlebihan. Sebagai langkah bertahan hidup, ikan ini umumnya memakan berbagai jenis ikan dan burung.

4. Cacing tabung Lamellibrachia – 250 tahun

15 Hewan dengan Usia Terpanjang, Hidup Lebih dari Seabad!oceanexplorer.noaa.gov

Cacing tabung Lamellibrachia tak hanya punya bentuk yang unik, tetapi juga usia yang panjang. Ia bisa hidup hingga 250 tahun di sepanjang ventilasi rembesan dingin hidrokarbon di dasar laut, khususnya cekungan Teluk Meksiko. Secara anatomi, hewan ini punya ciri fisik berkaki enam atau lebih dan tumbuh secara perlahan.

5. Rougheye rockfish – 205 tahun

15 Hewan dengan Usia Terpanjang, Hidup Lebih dari Seabad!news.berkeley.edu

Untuk mengidentifikasi usianya, rougheye rockfish (Sebastes aleutianus) bisa dilihat dari ukuran tubuhnya. Makin besar, artinya usia ikan ini makin tua. Berdasarkan penelitian, keluarga genus Sebastes ini merupakan hewan dengan usia terpanjang yang bisa hidup sampai 205 tahun lamanya.

6. Paus Kepala Busur – sekitar 200 tahun

15 Hewan dengan Usia Terpanjang, Hidup Lebih dari Seabad!thecanadianencyclopedia.ca

Paus kepala busur (Balaena mysticetus) disebut sebagai mamalia laut yang punya usia terpanjang, yaitu 200 tahun. Hewan yang punya nama lain paus bowhead ini merupakan salah satu paus yang bisa bertahan di dinginnya suhu Samudra Arktik dan Perairan Subarktik yang tertutup es. 

7. Red sea urchin – 200 tahun

15 Hewan dengan Usia Terpanjang, Hidup Lebih dari Seabad!centralcoastbiodiversity.org

Ilmuwan menemukan bahwa red sea urchin atau bulu babi merah (Mesocentrotus franciscanus) bisa hidup sampai 200 tahun. Habitatnya ada di di perairan dangkal atau berbatu, umumnya banyak dijumpai di sepanjang pantai barat Amerika Utara dan pantai utara Jepang.

8. Kura-kura raksasa Galapagos – 175 tahun

15 Hewan dengan Usia Terpanjang, Hidup Lebih dari Seabad!savacations.com

Galapagos aslinya merupakan nama sebuah pulau yang berada di Ekuador. Di sana, hidup spesies kura-kura raksasa (Chelonoidis niger). Salah satu kura-kura yang berumur panjang di pulau ini bernama Harriet. Juni 2006 lalu, ia mati dalam usia 175 tahun karena gagal jantung.

9. Geoduck – 165 tahun

15 Hewan dengan Usia Terpanjang, Hidup Lebih dari Seabad!lobsterman.com

Geoduck merupakan salah satu jenis kerang yang bentuknya kerap disebut mirip dengan alat kelamin laki-laki atau belalai gajah. Hewan dengan nama latin Panopea generosa ini termasuk hewan dengan usia terpanjang, yaitu 165 tahun. Untuk mengetahui usianya, metode yang digunakan sama seperti pohon yaitu dengan melihat cincin pertumbuhan tahunan yang ada di cangkangnya.

10. Kura-kura Aldabra – 152 tahun

15 Hewan dengan Usia Terpanjang, Hidup Lebih dari Seabad!animals.fandom.com

Seperti namanya, kura-kura Aldabra tinggal di pulau tak berpenghuni bernama Atol Aldabra, Samudra Hindia. Salah satu kura-kura terbesar di dunia ini juga menjadi salah satu hewan dengan usia terpanjang, yaitu 152 tahun. 

11. Sturgeon danau – 150 tahun

15 Hewan dengan Usia Terpanjang, Hidup Lebih dari Seabad!tnaqua.org

Meski bernama sturgeon danau, hewan yang bisa hidup sampai 150 tahun ini aslinya ditemukan di sungai. Pada 10 tahun pertama kehidupannya, hewan bernama latin Acipenser fulvescens ini tumbuh dengan cepat. Setelah cukup dewasa dan matang secara seksual, pertumbuhan mereka justru melambat.

12. Kucing Flossie – 120 tahun (usia manusia)

15 Hewan dengan Usia Terpanjang, Hidup Lebih dari Seabad!ndtv.com

Baru-baru ini, seekor kucing bernama Flossie dinobatkan sebagai kucing tertua yang masih hidup oleh Guiness World Record. Pada 2022, usianya menginjak 27 tahun atau setara 120 tahun usia manusia. Pengasuh kucing senior asal London, Vicki Green, kini menjadi perawatnya. Meski penglihatannya buruk dan telinganya tuli, Flossie disebut sebagai kucing yang manis dan penyayang.

13. Paus Biru – 110 tahun

15 Hewan dengan Usia Terpanjang, Hidup Lebih dari Seabad!a-z-animals.com

Paus biru tak hanya dinobatkan sebagai hewan terbesar yang pernah ada, tetapi juga salah satu hewan dengan usia terpanjang. Menurut beberapa sumber, usianya bisa berada di kisaran 80–90 tahun. Bahkan, ada juga, lho, yang menyebutkan bahwa hewan ini bisa hidup sampai 110 tahun!

14. Orange Roughy – 100 tahun

15 Hewan dengan Usia Terpanjang, Hidup Lebih dari Seabad!sunlive.co.nz

Orange roughy yang awalnya bernama slimhead ini merupakan ikan yang hidup di kedalaman air. Ia bisa hidup sampai 100 tahun atau lebih. Para ilmuwan biasa menggunakan metode lead-radium untuk memperkirakan berapa lama usia ikan yang satu ini.

15. Tuatara – 100 tahun

15 Hewan dengan Usia Terpanjang, Hidup Lebih dari Seabad!doc.govt.nz

Terakhir, ada tuatara yang menjadi satu dari deretan hewan dengan usia terpanjang. Reptil ini kerap disebut sebagai fosil hidup karena hidup sejak 200 juta tahun lalu. Saat ini, sejumlah penelitian mencatat rata-rata usia hewan ini adalah 100 tahun.

Hal yang sangat disayangkan, beberapa dari hewan dengan usia terpanjang di atas rupanya tengah mengalami ancaman kepunahan karena perburuan yang makin marak. Agar generasi selanjutnya tetap bisa melihatnya, yuk, sama-sama jaga kelestarian hewan-hewan ini, Bela!

Baca Juga: Ada Hasil Perkawinan Silang, Berikut 12 Hewan Tertinggi di Dunia

Baca Juga: 10 Hewan yang Mengubah Sejarah Melalui Tindakan Mereka

Baca Juga: Kenalan dengan Flossie, Kucing Tertua di Dunia yang Hidup Hingga Kini

  • Share Artikel

TOPIC

Related Article

4 Perbedaan Orang yang Benar-Benar Bahagia Melalui 'Feed' Instagram

4 Perbedaan Orang yang Benar-Benar Bahagia Melalui 'Feed' Instagram

trending

Trending

7 Aksi Pamer Payudara di Atas Catwalk Terviral

7 Aksi Pamer Payudara di Atas Catwalk Terviral

This week's horoscope

horoscopes
Aquarius

Ramalan Zodiak Aquarius Hari Ini - Zodiak Aquarius berasal dari k... read more

See more horoscopes here

Exclusive

6 Fakta Diet Skincare yang Sedang Ngetren di Korea Selatan

6 Fakta Diet Skincare yang Sedang Ngetren di Korea Selatan

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Tidak usah hiraukan pendapat orang lain

Latest from Inspiration

Viral Karena Dibuat Parodi, ini Lirik Lagu "Aiya Susanti"

Viral Karena Dibuat Parodi, ini Lirik Lagu "Aiya Susanti"