Membahas tentang keuangan pasti ada saja dana yang wajib disisihkan setiap bulannya. Akan tetapi, untuk menyisihkan dana darurat sering kali terlupakan. Padahal dana tersebut juga cukup penting kalau kamu didesak untuk mengeluarkan pengeluaran yang nggak terduga sewaktu-waktu. Mulai sekarang sisihkan secara perlahan, yuk.

3 Trik Siapkan Uang untuk Kebutuhan Darurat

Walaupun nilainya sangat kecil, uang koin ini bisa menjadi penyelamat saat kamu membutuhkan pengeluaran tapi gaji belum turun. Jangan buang atau menolak apabila kamu menerima kembalian dalam bentu koin. Memang bikin berat, tapi kamu bisa mengumpulkannya di tempat yang menarik. Walaupun keperluan darurat nggak hadir setiap bulan, tapi kalau kamu kumpulkan rutin, uang koin ini jumlahnya bisa lumayan, lho. Jadi, jangan remehkan fungsi uang kecil sekali-kali, ya.

3 Trik Siapkan Uang untuk Kebutuhan Darurat

Nggak perlu terlalu memaksakan jumlah dana yang wajib kamu sisihkan untuk dana darurat ini. Sesuaikan saja dengan kemampuanmu. Meskipun sedikit, paling tidak kamu rutin menyisihkannya. Dan dapat dipakai sewaktu-waktu kalau kamu ada kebutuhan sangat mendadak seperti sakit, memperbaiki barang, dan lain sebagainya. Walaupun tidak memaksakan jumlahnya, kamu wajib mengetahui berapa dana minimal yang wajib terkumpul. Agar kamu tidak mengganggu dana tabungan atau jalan-jalanmu.

3 Trik Siapkan Uang untuk Kebutuhan Darurat

Poin yang terakhir, tidak ada ruginya kamu membedakan akun bank dana darurat dengan yang lainnya agar tidak tercampur. Karena, dana ini sangat rentan sekali diambil untuk keperluan yang kurang menguntungkan. Apalagi kamu menyimpan secara tunai di rumah. Sudah pasti akan kamu ambil. Walaupun dana ini terkesan jarang diambil, hindari untuk menyimpan di akun bank yang sistem penarikannya agak menyusahkanmu. Ada baiknya juga kamu tidak membawa ATM dana darurat kalau sedang tidak berpergian jauh.

Hindari memakai dana ini untuk bersenang-senang, ya.

 

BACA JUGA : Walau Punya Penghasilan Tetap, Kamu Perlu Mencari Pekerjaan Sampingan, Lho!