Kesuksesan akan di depan mata kalau kamu punya kebiasaan yang positif. Tapi, diumur yang sekarang ini ada saja kendala yang dihadapi. Mulai rasa malas hingga merasa waktu cepat sekali berlalu. Banyak target dan tantangan membuatmu secara nggak sadar masih menyimpan kebiasaan yang seperti ini. Ada baiknya dihilangkan kalau nggak mau ada rasa sesal.

1. Larut dalam hubungan yang nggak sehat

 
Bukan hanya dalam hal pacaran saja kamu terlibat dalam hubungan yang kurang sehat. Dalam pergaulan dengan teman bahkan keluarga pun, hal ini bisa terjadi. Memang segalanya perlu dikomunikasikan, tapi ada beberapa hal yang sebaiknya kamu putuskan sendiri. Misalnya, minat dan arti kesuksesan. Kalau kamu berusaha mewujudkan apa yang mereka katakan, lalu kapan kamu mewujudkan keinginan sendiri. Jadi, kalau kamu sudah punya keinginan dan tujuan, bulatkan tekad untuk mewujudkannya.

2. Jarang menghabiskan waktu dengan orang terdekat

 
Kesibukan meraih keinginan, tujuan, hingga kesuksesan membuatmu lupa untuk menghabiskan waktu dengan orang terdekat. Memperluas pertemanan dan relasi memang disarankan, tapi jangan lupakan orang-orang yang memberikan dorongan sejak awal. Kalau sedang merantau, memberikan kabar rutin dan menyempatkan untuk pulang ke rumah akan membuat mereka sangat senang dan lega. Kalau kamu nggak suka ada teman yang hadir karena ada butuhnya. Hindari memperlakukan hal yang sama.

3. Banyak membuang waktu

 
Banyak kegiatan yang menurutmu menyenangkan ternyata malah menghabiskan waktu produktif. Memang ada kalanya kamu perlu melakukannya untuk mengusir kebosanan. Tapi, terlalu lama juga mengakibatkan dampak yang kurang baik. Kalau beberapa target dan impian nggak tercapai jangan salahkan keadaan dan orang lain. Introspeksi diri, apakah harimu penuh diisi hal yang bermanfaat atau nggak. Disisi lain, kamu harus berani menghadapi pertanyaan temanmu mengenai kesibukanmu.

4. Menjalani pola hidup nggak sehat

Hilangkan Kebiasaan Ini Kalau Nggak Mau Menyesal di Kemudian Haricarlatruica.com
Di kehidupan yang tuntutannya serba cepat, kesehatan termasuk investasi yang mahal. Pekerjaan yang padat memang paling tepat untuk mengonsumsi makanan siap saji dengan minuman bersodanya. Bersantai di rumah sambil melakukan kegiatan favorit juga lebih lengkap dengan makanan ringan dan minuman manis. Memang terlihat menyenangkan. Tapi, beberapa tahun ke depan kesehatanmu menjadi taruhannya. Mulailah menjalankan pola hidup yang sehat. Dan, jangan cepat menyerah untuk hidup sehat.

5. Jarang jalan-jalan

 
Mengunjungi tempat baru memang harus menyisihkan dana. Kegiatan ini bukan untuk menghambur-hamburkan uang. Hanya saja, agar kamu bisa menyingkir sebentar dari kepenatan bekerja. Walaupun sedang sibuk di kantor, kamu bisa tetap jalan-jalan. Baca disini untuk tipsnya. Hilangkan berbagai macam alasan klise seperti terlalu jauh, nggak  cukup waktu, dan lain sebagainya. Nggak ada teman jalan-jalan, kamu bisa lakukan sendirian. Sudah pernah coba?

6. Terlalu sibuk

 
Kesibukan adalah alasan paling sering dilontarkan untuk menolak sesuatu. Kamu perlu tahu kalau semua orang punya kegiatan dan target. Tapi, kamu juga perlu relaksasi. Ada hal-hal yang nggak  bisa kamu ganti dengan materi atau kata “nanti” untuk memanjakan diri. Walaupun sebentar ada baiknya kamu lakukan. Kalau kamu terus menolak yang ada teman-temanmu bakal melupakanmu. Atau, mereka sengaja nggak mengajakmu karena bosan mendengar kata penolakan darimu.

7. Kurang mau belajar hal baru

 
Dunia kerja maupun lingkungan sosial saat ini dipenuhi dengan berbagai macam hal baru. Kamu pun juga wajib meningkatkan kemampuan sebagai bentuk adaptasi. Memang kalau belajar sesuatu yang baru seperti bahasa, mendesain, menulis, musik, akuntansi dasar rasanya belum ada dampaknya dalam waktu singkat. Jangan sampai kamu menyesal dan rendah diri karena nggak  memiliki keahlian baru. Nggak perlu malu dan merasa terlambat untuk belajar sesuatu asalkan punya keinginan besar.

8. Menggeluti pekerjaan yang nggak disuka

 
Mencari dan mendapatkan pekerjaan memang suatu yang menantang. Tapi, Terlalu lama bekerja dengan pekerjaan yang kamu suka bisa membuat tertekan dan hanya menambah keluh kesah. Kamu harus berani untuk mengambil langkah. Jangan sampai hingga tua kamu menghadapi tugas kerja yang membosankan. Berganti pekerjaan adalah hal yang biasa untuk generasi muda, kamu jangan takut. Bekerja dari rumah atau berganti-ganti pekerjaan mulai diterima di lingkungan sosial.

9. Punya keinginan tapi nggak berani mewujudkannya

 
Keinginan bukan hanya untuk memperindah khayalan, segera wujudkan. Jangan hiraukan perkataan orang yang meremehkan. Mereka hanya melihat kegagalanmu tanpa tahu usaha yang kamu lakukan. Sekecil apapun keinginan jangan ragu, malas, menunggu dan menunda untuk mewujudkannya. Dan, jangan takut untuk menghadapi konsekuensinya. Memang ada pengorbanan demi sebuah keinginan, kok.

BACA JUGA : Raih Keinginan dengan Tidak Terlalu Baik Kepada Diri Sendiri