Kamu pasti sudah mendengar bahwa ada beberapa orang yang bertindak tidak adil terhadap hewan. Ada yang dimanfaatkan untuk kesenangan maupun komersial. Tentu saja membuat prihatin dan ingin melakukan sesuatu hal yang sedikit bermanfaat. Tapi, kamu masih bingung bagaimana caranya? Untuk itu, simak cara cerdas agar kamu juga ikut serta dalam menyelamatkan mereka.

1. Mengadopsi

Ini yang Bisa Kamu Lakukan Sebagai Bentuk Penyayang Binatangunsplash.com
 

Punya keinginan untuk memiliki hewan peliharaan untuk pertama kali memang bingung. Apakah harus membeli atau mengadopsi. Ada baiknya kamu mengadopsi. Alasannya, kamu akan menyelamatkan banyak nyawa hewan. Kamu bisa menyelamatkan hewan yang kamu adopsi dan hewan yang menggantikannya. Selain seperti ini, kamu juga bisa menyelamatkan hewan yang ada di jalanan untuk diberikan kesempatan hidup yang layak. Dengan mengadopsi kamu juga dapat menyelamatkan peredaran hewan yang terlalu tinggi di pasaran.

2. Kurangi konsumsi daging

Ini yang Bisa Kamu Lakukan Sebagai Bentuk Penyayang Binatangunsplash.com
 

Melakukan tindakan ini kamu akan membantu mengurangi permintaan daging yang ternyata ada pengaruhnya dengan lingkungan hidup. Kamu juga bisa menghentikan untuk mencoba makanan yang berasal dari hewan yang sudah mulai langka. Mengubah sedikit gaya hidup yang seperti ini memang terlihat susah, tapi nggak ada salahnya kamu coba. Saat ini, banyak cara menyenangkan untuk memulai pola makan nabati. Setelah kamu melakukan penyesuaian dengan mulai mengonsumsi pola makan nabati. Beberapa manfaat akan kamu dapat yaitu, hidup lebih sehat, pengeluaran lebih hemat, dan mudah didapat.

3. Hindari gaya hidup kejam

Ini yang Bisa Kamu Lakukan Sebagai Bentuk Penyayang Binatangunsplash.com
 

Ada banyak tindakan yang dilakukan orang memburu hewan dan mengilah salah satu bagian tubuhnya untuk dijadikan barang mewah ataupun kosmetik. Dua hal ini pun rentan untuk memperlakukan hewan secara nggak adil. Untuk itu, ada baiknya kamu lebih cermat dalam memilih produk untuk dua hal tersebut. Langkah selanjutnya kamu bisa memilih kosmetik yang no animal testing. Tidak pakai pakaian, tas, sepatu, ikat pinggang, yang berbahan dasar kulit ular, buaya, atau bulu hewan. Serta, tidak mengkoleksi hiasan rumah dari gading gajah.

4. Membiarkan mereka bebas di alam

Ini yang Bisa Kamu Lakukan Sebagai Bentuk Penyayang Binatangunsplash.com
Mengenal berbagai macam hewan dan kamu sedang tinggal di Indonesia memang paling mudah pergi ke kebun binatang. itu pun ada rasa kasihan dengan hewan yang harusnya bisa hidup di alam bebas. Saat ini memang ada beberapa kebun binatang dengan konsep mirip seperti habitat asalnya. Akan susah memang menemukan alam liar yang kita bisa melihat hewan melangsungkan hidupnya. Tapi, kamu bisa ke Lampung untuk melihat gajah yang hidup di alam bebas. Kamu juga bisa untuk tidak mengunjungi dan melihat sirkus dengan beberapa hewan.

5. Ikut kampanye melindungi hewan

Ini yang Bisa Kamu Lakukan Sebagai Bentuk Penyayang Binatangunsplash.com
Ada beberapa organisasi yang fokus terhadap kelangsungan hidup hewan. Kalau memang minatmu sangat besar terhadap kelangsungan hidupnya, kamu bisa mencari informasi. Untuk langkah selanjutnya, bisa melakukan kerja sukarela. Banyak ilmu yang kamu dapatkan pastinya. Serta semakin memahami bahwa, hewan juga punya hak hidup yang layak. Salah satu oraganisasi internasional yang  fokus terhadap hewan yaitu WWF dan PETA. Selain itu, kamu bisa mendonasikan sedikit untuk membantu para hewan mendapatkan kehidupan yang baik.

Hewan juga merupakan bagian dari makhluk hidup yang pantas hidup layak, kan.

BACA JUGA : 5 Perusahaan Ini Membolehkan Karyawan Bawa Hewan Peliharaan