Sholawat Nariyah Lengkap Beserta Arab, Latin, dan Keutamaannya

Yuk, istiqamah untuk mulai membacanya

Sholawat Nariyah Lengkap Beserta Arab, Latin, dan Keutamaannya

Sebagai umat Islam, bersholawat untuk Rasulullah SAW sangat dianjurkan. Bahkan, Allah SWT telah menuliskan hukum bersholawat ini dalam Al-Quran.

إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِىِّ ۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ صَلُّوا۟ عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا۟ تَسْلِيمًا

Artinya: "Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya." (QS. Al-Ahzab: 56)

Sholawat dapat kita lakukan kapan saja dan di mana saja. Namun, akan lebih baik jika kita bersholawat selepas salat. Bacaan sholawat yang dapat kamu baca pun beragam. Salah satu yang dapat kamu amalkan adalah sholawat Nariyah atau sering disebut Sholawat Nariyah.

Bagaimana bacaan sholawat nariyah dan apa saja keutamaannya? Simak selengkapnya berikut ini.

Bacaan Sholawat Nariyah lengkap dengan artinya

Sholawat Nariyah Lengkap Beserta Arab, Latin, dan Keutamaannya

Sholawat merupakan amalan yang sering dibaca oleh umat Islam. Ada berbagai jenis sholawat, di antaranya yaitu sholawat Thibbil Qulub, sholawat Tunjina atau Munjiyat, dan sholawat Nariyah. Semua bacaan tersebut diucapkan untuk beribadah dan juga meningkatkan kecintaan kita pada Rasulullah SAW.

Sholawat Nariyah disebut juga dengan sholawat Tafrijiah. Menurut beberapa kalangan, sholawat ini disusun oleh sahabat Nabi bernama Abdul Wahhab At-Tazy. Seperti sholawat pada umumnya, sholawat Nariyah juga ditunjukkan untuk memuji Rasulullah SAW. 

Simak bacaan sholawat Nariyah lengkap dengan tulisan latin dan artinya berikut ini.

اللَّهُمَّ صَلِّ صَلاَةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلاَمًا تَامًّا عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الَّذِيْ تُنْحَلُ بِهَ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ

وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِيْمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلىَ آلِهِ وَصَحْبِهِ عَدَدَ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

"Allahumma shali shalaatan kaamilatan wasallim salaaman taamman 'alaa sayyidina muhammadinil ladzii tanhallu bihil 'uqodu wa tanfariju bihil kurabu wa tuqdhaa bihil hawaa-iju.

Wa tunaalu bihir-raghaa-ibu wa husnul khowaatimi wa yustasqal ghamaamu bi wajhihil kariimi wa 'alaa aalihii wa shohbihi fii kulli lamhatin wa nafasin bi 'adadi kulli ma'luumin laka."

Artinya: "Wahai Allah, limpahkanlah rahmat dan salam yang sempurna kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW. Semoga terurai dengan berkahnya segala macam buhulan dilepaskan dari segala kesusahan, tunaikan segala macam hajat, dan tercapai segala macam keinginan dan husnul khotimah.

Dicurahkan air hujan (rahmat) dengan berkah pribadinya yang mulia. Semoga rahmat dan salam yang sempurna itu juga tetap tercurah kepada para keluarga dan sahabat beliau, setiap kedipan mata dan hembusan nafas, sebanyak bilangan yang diketahui oleh Engkau."

Keutamaan Sholawat Nariyah

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here