Heterochromia adalah kelainan pada warna mata yang disebabkan oleh faktor genetik. Namun, perbedaan warna pada mata ini bisa juga terjadi karena pertumbuhan (iris nevus) atau terjadi karena cedera pada mata. Dalam beberapa kasus, warna iris di satu mata bisa berbeda dengan mata lainnya, misalnya satu berwarna biru dan yang lainnya berwarna cokelat.

Kelainan yang bernama latin lengkap heterochromia iridium ini biasanya tidak berbahaya dan tidak perlu diobati. Bahkan, bisa menjadi keunikan yang membuat kamu lebih spesial, Bela.

Ternyata, ada banyak individu yang mengalami kelainan menarik ini. Di antaranya adalah 11 selebriti berikut, yang membuat setiap foto close up mereka terlihat menawan dan magnetis! Siapa saja mereka?

1. Kate Bosworth

Heterochromia, Kelainan Warna Mata yang Bikin 11 Seleb Ini Menawanpinterest.com

Salah satu aktris yang paling kelihatan perbedaan kedua warna mata, adalah Kate Bosworth. Pemeran Lois Lane di film Superman Returns (2006) tersebut sangat jelas memiliki perbedaan pigmentasi, dengan mata berwarna biru di mata kiri dan setengah hazel di mata kanan.

2. Dominic Sherwood

Heterochromia, Kelainan Warna Mata yang Bikin 11 Seleb Ini Menawancelebritynetworth.com

Bintang serial Shadowhunters ini awalnya tidak menyukai perbedaan warna matanya. Menurutnya, perlu waktu yang lama bagi dirinya untuk menghargai warna mata yang sebelah biru dan sebelah lagi mayoritas cokelat tersebut. 

3. Mila Kunis

Heterochromia, Kelainan Warna Mata yang Bikin 11 Seleb Ini Menawanbiography.com

Kamu tidak akan menyadari jika tidak melihatnya secara dekat, Bela. Aktris That ’70s Show tersebut pernah mengalami peradangan iris kronis untuk waktu yang lama. "Aku buta di satu mata selama bertahun-tahun, dan tidak ada yang tahu," katanya dalam sebuah wawancara di tahun 2011. Untungnya, kebutaan tersebut bisa hilang berkat operasi, meskipun perbedaan warna yang unik tetap bertahan.

4. Josh Henderson

Heterochromia, Kelainan Warna Mata yang Bikin 11 Seleb Ini Menawanpinterest.com

Aktor langganan opera sabun satu ini memiliki warna mata hijau muda si sisi kiri dan biru muda di sisi kanan. Karena keduanya sama-sama berwarna lembut, sehingga terkadang tidak terlalu kelihatan perbedaannya, Bela.

5. Alice Eve

Heterochromia, Kelainan Warna Mata yang Bikin 11 Seleb Ini Menawanpinterest.com

Pemeran Carol Marcus di film Star Trek into Darkness ini cukup memiliki tatapan yang tajam. Apalagi dengan perbedaan warna pada mata yang begitu cantik dengan salah satunya berwarna biru dan satu lagi berwarna hijau. Pada sebuah wawancara dengan Conan O’Brien, perempuan 38 tahun tersebut menceritakan bahwa ia pernah memiliki pacar yang baru menyadari perbedaan warna matanya setelah sembilan bulan berpacaran.

6. Henry Cavill

Heterochromia, Kelainan Warna Mata yang Bikin 11 Seleb Ini Menawangoodhousekeeping.com

Berhasil memerankan karakter Superman terbaik setelah Christopher Reeve, Henry Cavill juga mengidap heterochromia di sudut atas mata kirinya. Super!

7. Paris Jackson

Heterochromia, Kelainan Warna Mata yang Bikin 11 Seleb Ini Menawangoodhousekeeping.com

Anak dari Michael Jackson dan Debbie Rowe yang sudah berusia 22 tahun ini memiliki warna mata biru muda yang sangat tajam, dengan lingkaran cokelat gelap di bagian luar iris mata.

8. Benedict Cumberbatch

Heterochromia, Kelainan Warna Mata yang Bikin 11 Seleb Ini Menawantime.com

Tentu kamu sudah mengetahui kalau aktor Doctor Strange ini memiliki picingan mata yang ‘menusuk’ dengan warna birunya. Ternyata, warna matanya adalah kombinasi warna biru, hijau dan keemasan, lho. Keren, ya!

9. Angelina Jolie

Heterochromia, Kelainan Warna Mata yang Bikin 11 Seleb Ini Menawanstylesatlife.com

Bagi Angelina Jolie sendiri, keunikan warna matanya disebut central heterochromia, karena bagian dalam dan garis luar irisnya memiliki dua warna yang berbeda.

10. Robert Downey Jr.

Heterochromia, Kelainan Warna Mata yang Bikin 11 Seleb Ini Menawangoodhousekeeping.com

Yup, Iron Man juga memiliki heterochromia, Bela. Karena warna matanya cokelat, jadi cukup susah untuk dilihat perbedaannya. Padahal, warna matanya seperti ada flek antara cokelat muda dan cokelat tua.

11. Olivia Wilde

Heterochromia, Kelainan Warna Mata yang Bikin 11 Seleb Ini Menawanallure.com

Last but not least, Olivia Wilde. Setiap melihat foto aktris Tron: Legacy tersebut, pasti sorot matanya begitu memukau. Paduan warna biru dengan gradasi hazel dan menggelap di bagian lingkar luar iris matanya, membuat kamu tidak akan bisa mengelak dari pandangannya.

Apakah kamu tahu selebriti lain yang memiliki kelainan unik heterochromia ini, Bela?

Baca Juga: 5 Suku dengan Kemampuan Unik Akibat Mutasi Genetik

Baca Juga: Pesta Beras Adan, Salah Satu Kebudayaan di Pulau Kalimantan

Baca Juga: Macam-Macam Penyakit Genetik yang Penting untuk Kamu Ketahui