Berkecimpung di dunia hiburan selama lebih dari 25 tahun membuat Rossa belum merasa puas. Ia melebarkan sayapnya ke dunia bisnis. Banyak bisnis yang ia rintis, membuat Rossa menjadi salah satu penyanyi sekaligus enterpreneur yang sukses.

Dalam sesi talk show “The Art of Learning, Growing and Challenging Yourself” di BeautyFest Asia 2020 X Shopee hari ketiga, Minggu (8/11), Rossa bercerita bagaimana ia memulai bisnis. Rossa mengatakan kalau ia telah berbisnis sejak masih duduk di bangku SD, lho.

“Aku merasa di dalam diriku ada jiwa bisnis. Saat aku masih SD, aku mengumpulkan kertas surat yang wangi. Kertas surat itu akhirnya aku jual lagi dengan harga yang lebih mahal, terus keuntungannya aku pakai untuk beli kertas surat yang lain,” curhat Rossa.

Tak hanya itu, Rossa juga kembali berbisnis saat kuliah dengan menjual baju second saat kuliah. Saking sukanya berbisnis, Rossa bahkan sampai mengantongi keuntungan hingga Rp6 juta per bulannya, lho!

Memiliki tiga bisnis besar saat ini, yakni Diva Family Karaoke, Rossa Beauty, dan Minime Kidz, Rossa membagikan tips membangun bisnis bagi pemula. Penasaran apa saja tipsnya? Simak berikut ini.

Pahami bisnis apa yang mau kamu rintis

Ini Tips Membangun Bisnis Bagi Pemula A la RossaFotto by Sweet Escape

Rossa sangat mengapresiasi para pemula yang ingin membangun bisnis di masa pandemi ini. Sebab, di situasi sulit saat ini, banyak orang justru bermain ‘aman’ saat akan memutuskan sesuatu.

Agar tidak bingung langkah apa yang harus kamu lakukan untuk memulai bisnis, kamu harus memahami dulu bisnis apa yang mau kamu rintis. Kamu harus mencari tahu apa yang mau kamu buat dan mempersiapkan semua aspek yang berhubungan dengan bisnis kamu.

Perbanyak riset agar produk yang kamu jual memiliki keunikan

Ini Tips Membangun Bisnis Bagi Pemula A la RossaYouTube.com/Popbela.com

Kedua, Rossa menyarankanmu untuk memperbanyak riset. Mulai dari riset kompetitor, riset soal pasar, hingga kekuatan produk yang kamu jual. Dengan banyak riset, kamu bisa mempersiapkan bisnismu dengan lebih matang dan kuat. Sehingga, saat rilis nanti, produknya memiliki keunikan dan kekuatan dibandingkan dengan bisnis lainnya yang serupa.

Buat perhitungan dasar soal keuangan

Ini Tips Membangun Bisnis Bagi Pemula A la RossaFotto by Sweet Escape

Selanjutnya, buat perhitungan dasar soal keuangan yang akan kamu keluarkan untuk mulai merintis bisnis kamu. Buat perhitungan sederhana soal modal, keuntungan yang ingin kamu dapatkan, hingga berapa jangka waktu yang akan kamu keluarkan untuk uji coba bisnis kamu.

Rossa menyarankan untuk nggak terlalu banyak mengeluarkan modal. Gunakan modal seminimal mungkin agar kerugian yang kamu alami tidak terlalu banyak apabila bisnis kamu gagal di tengah jalan.

“Modal yang digunakan jangan banyak-banyak. Anggap saja untuk taste the water, sebagai percobaan apakah produk kita diterima oleh pasar atau tidak. Jika menguntungkan, kamu bisa menambahkan modal secara berkala,” kata Rossa.

Bahagia saat melakukannya

Ini Tips Membangun Bisnis Bagi Pemula A la RossaYouTube.com/Popbela.com

Selanjutnya, tips untuk merintis bisnis bagi pemula adalah bahagia saat melakukannya. Terlebih di masa pandemi ini, tentu pikiran yang positif sangat dibutuhkan. Kerjakan apa yang kamu suka, tentu membuat kita nggak akan merasa berat saat melewati masa sulit.

Itulah tadi tips membangun bisnis bagi pemula a la Rossa yang bisa kamu terapkan. Siap membangun bisnis, Bela?

Berkolaborasi dengan Shopee sebagai exclusive online event shopping platform, kamu juga bisa mendapatkan berbagai penawaran produk beauty & skincare yang menarik. Jangan lupa ikutan berbagai kelas dan workshop selama tiga hari, 6 - 8 November 2020, dengan bintang tamu seperti Rossa, Raisa dan global influencer tahun ini, PONY, ya, Bela. See you online!

https://www.youtube.com/embed/l_1rG17706Q

Baca Juga: Ini 5 Fakta di Balik Kesuksesan Rossa Beauty

Baca Juga: Raisa Sampai Rossa, BeautyFest Asia 2020 Bertabur Super Mega Bintang

Baca Juga: Ditaksir Punya Harta Lebih dari 30 Miliar, Ini 5 Sumber Kekayaan Rossa