Tepat pada 17 Mei 2002 atau 17 tahun yang lalu, Starbucks hadir di Indonesia dengan membuka gerai pertamanya di Plaza Indonesia, Jakarta. Kini, Starbucks telah hadir di 25 kota dengan 402 gerai di Indonesia dan selalu berupaya untuk membantu masyarakat di manapun mereka berada. Hal ini selaras dengan tema peringatan 17 tahun Starbucks di Indonesia, yakni ‘We are Community’.

Hadirkan Merchandise Menarik Hasil Kolaborasi Starbucks dengan Anak-Anak Berkebutuhan Khusus

Starbucks Berkolaborasi dengan Kreator Anak Berkebutuhan KhususPopbela.com/Starbucks Indonesia

Untuk memperingati hari jadinya ke-17 tahun, Starbucks berkolaborasi dengan The Special ID meluncurkan serangkaian merchandise eksklusif spesial seri anniversary. The Special ID merupakan sebuah social entreprise yang didirikan oleh para pengajar Art Theraphy Center Widyatama yang menghubungkan kreator disabilitas dengan para peminat sebuah karya yang dibuat oleh mereka yang berkebutuhan khusus. Koleksi eksklusif tersebut terdiri dari tumbler dan tote bag yang menampilkan tiga desain unik yang dibuat oleh anak-anak berkebutuhan khusus.

“Berkontribusi terhadap masyarakat sekitar merupakan budaya dan nilai-nilai utama yang dijunjung oleh Starbucks. Mulai dari menyediakan akses air bersih di daerah yang membutuhkan hingga memberdayakan potensi anak muda melalui pembelajaran wirausaha kreatif, semua yang kami lakukan merupakan komitmen kami untuk selalu membuat perubahan yang lebih baik. Kami melihat begitu banyak potensi yang dimiliki oleh generasi millenial di Indonesia, sehingga kolaborasi ini merupakan kesempatan bagi Starbucks untuk memperkenalkan hasil karya mereka yang berbakat. Kami harapkan kesempatan ini dapat memotivasi para generasi millennial lainnya untuk semakin semangat berkarya,” kata Liryawati, chief marketing officer, Starbucks Indonesia.

Makna Mendalam di Setiap Desain

Starbucks Berkolaborasi dengan Kreator Anak Berkebutuhan KhususPopbela.com/Starbucks Indonesia

Bukan hanya menarik, setiap desain yang dibuat oleh anak-anak berkebutuhan khusus juga memiliki makna mendalam. Hal ini membuat setiap desain memiliki nilai tambah karena ada cerita seru di baliknya.

Setiap desain mengekspresikan kegemaran dari setiap penciptanya. Desainnya yang unik dapat dilihat pada tumbler dan tote bag yang tersedia di seluruh gerai Starbucks di Indonesia. Sebagai bentuk kontribusi Starbucks, sebagian dari hasil penjualan merchandise ini akan diberikan kepada The Special ID.

Penasaran makna apa yang terkandung di setiap desain tersebut? Simak penjelasannya berikut ini ya!

BHINNEKA TUNGGAL IKA oleh Hendra Gunawan

Starbucks Berkolaborasi dengan Kreator Anak Berkebutuhan KhususPopbela.com/Starbucks Indonesia

Terinspirasi dari Bhinneka Tunggal Ika, Hendra selalu melihat keindahan dalam setiap perbedaan. Tidak hanya sekadar menggambarkan wajah, namun gambar-gambar tersebut mewakili keanekaragaman di Indonesia.

Let’s Travel oleh Fatur Ridho

Starbucks Berkolaborasi dengan Kreator Anak Berkebutuhan KhususPopbela.com/Starbucks Indonesia

Fatur Ridho atau biasa dipanggil Edo, dengan menggunakan Google maps, ia gemar berjalan-jalan virtual mengunjungi gedung-gedung di Eropa pada waktu senggangnya. Melalui hobi menggambar dan kemampuannya dalam mengolah digital, Edo senang menggambar objek yang biasa ia lihat dalam kehidupan sehari-hari dan landmark di berbagai negara yang ia ingin kunjungi suatu hari nanti.

Milo the Cat oleh Claudia Panca

Starbucks Berkolaborasi dengan Kreator Anak Berkebutuhan KhususPopbela.com/Starbucks Indonesia

Claudia adalah seorang mahasiswi semester 6 jurusan desain grafis. Claudia yang suka sekali dengan kucing, bercerita mengenai Milo the Cat, kucing kesayangannya yang suka tersenyum ketika sedang tidur. Di desain dengan latar belakang warna kuning cerah, melambangkan keceriaan pada tumbler dan tote bag.

Merchandise edisi spesial ulang tahun ke-17 dari Starbucks ini dijual dengan harga Rp165 ribu untuk tote bag, Rp275 ribu untuk tumbler, serta Rp375 ribu untuk paket bundling tote bag dan tumbler. Merchandise ini juga dijual secara terbatas lho, yakni hanya pada 13-31 Mei 2019 saja. Jangan sampai kehabisan ya!

Baca Juga: Starbucks atau Bukan? Ini Kata HBO Soal Kopi di Adegan Game of Thrones