Tidak berlibur ke luar kota di akhir tahun ini, Bela? Tenang saja, kamu bisa tetap menutup tahun 2021 ini dengan menyenangkan bersama keluarga sambil menikmati film Sing 2. Masih menggunakan formula yang sama dengan film pertamanya, sutradara Garth Jennings membawa suasana konser ke dalam bioskop berbalut kisah yang ringan dan bisa dinikmati oleh seluruh anggota keluarga.

Sesuai namanya, Sing 2 bukan hanya menghibur dari sisi cerita dan karakter binatang yang menggemaskan. Tapi, juga mengajak penonton bernyanyi bersama sepanjang film. Penasaran dengan kisah ini?

Menikmati Film Rasa Konser di ‘Sing 2’, Tontonan Asyik Penutup TahunDok. Universal Pictures

Setelah berhasil menghidupkan kembali teater lama milik ayahnya di film Sing (2016) dan memberinya nama New Moon Theater, pertunjukan milik Moon Buster (Matthew McConaughey) menjadi teater paling populer di kota tempat tinggalnya. Tak puas dengan pencapaiannya, Buster ingin tampil di Kota Redshore yang glamor dan menjadi impian semua penyanyi.

Namun, untuk tampil di sana, ia harus mengikuti audisi yang sangat ketat. Nekat, Buster membawa timnya, Rosita (Reese Witherspoon), Ash (Scarlett Johansson), Johnny (Taron Egerton), Meena (Tori Kelly) dan Gunter (Nick Kroll) untuk audisi di rumah produksi milik Jimmy Crystal (Bobby Cannavale) yang dikenal kejam.

Awalnya, Jimmy tak tertarik dengan grup Buster, padahal mereka sudah memberikan yang terbaik. Namun, Jimmy mengajukan tantangan, jika Buster bisa menghadirkan musisi rock legendaris Clay Calloway (Bono), ia akan memberikan kontrak kesepakatan sesuai dengan yang Buster inginkan. Masalahnya, Clay berhenti bermusik semenjak istrinya meninggal 15 tahun lalu.

Apakah Buster bisa menemukan dan membujuk Clay untuk kembali bernyanyi?

Menikmati Film Rasa Konser di ‘Sing 2’, Tontonan Asyik Penutup TahunDok. Universal Pictures

Satu hal yang menjadi kelebihan dari film ini yang membuat saya tak bisa beralih dari layar sepanjang film adalah penampilan para karakter hewan yang semuanya bisa menari dan menyanyi. Fakta menariknya, semua pengisi suara di film ini tak hanya membawakan dialog. Tapi, mereka juga yang mengisi part lagu dengan benar-benar menyanyikannya.

Jadi, jika kamu ingin mendengar Scarlett Johansson, Reese Witherspoon dan Taron Egerton menyanyi, kamu wajib menyaksikan film ini sampai selesai.

Menikmati Film Rasa Konser di ‘Sing 2’, Tontonan Asyik Penutup TahunDok. Universal Pictures

Sejak menit pertama dimulai, Sing 2 sudah menghadirkan lagu "Let’s Go Crazy" yang bisa dinyanyikan bersama-sama. Jika ditotal, dibandingkan dialog, kisah dalam film ini 80%-nya disampaikan secara sempurna melalui lagu.

Joby Talbot sang penata musik, menurut saya, sangat brilian dalam memilih lagu. Tak hanya pas sebagai penyampai dan menghubungkan jalan cerita satu sama lain, lagu yang dipilih pun merupakan lagu-lagu hits yang sebagian besar diketahui oleh penonton.

Setidaknya ada 42 lagu yang masuk ke dalam film berdurasi 110 menit itu. Mulai dari lagu-lagu kontemporer, klasik, ber-genre mulai dari pop hingga rock, serta KPop dan lagu berbahasa latin. Beberapa lagu tersebut, yakni “Señorita” Shawn Mendes-Camilla Cabello, “There’s Nothing Holdin’ Me Back” Shawn Mendes, “Look What You Made Me Do” Taylor Swift, “Break Free” Ariana Grande-Zedd, hingga “Girl on Fire” Alicia Keys.

Film ini juga menjadi pembuktian kalau kamu ARMY sejati. Sebab, ada satu lagu BTS yang terselip di film Sing 2, yakni “Not Today” yang rilis di tahun 2017. Bisa menebaknya nggak, nih, lagu ini diputar di bagian mana?

Menikmati Film Rasa Konser di ‘Sing 2’, Tontonan Asyik Penutup TahunScreenrant.com, LATimes.com

Sing 2 semakin spesial dengan kehadiran Bono U2. Meski film bukan lagi hal baru baginya karena sudah sering memerankan beberapa tokoh dalam film, namun ini kali pertama Bono menjadi seorang dubber yang juga harus menyanyi.

Sama seperti karakter Clay Calloway yang digambarkan sebagai sosok musisi legendaris, di kehidupan nyata pun, Bono dikenal sebagai musisi rock senior yang menggawangi band U2 dan sudah aktif bermusik sejak tahun 1976 hingga saat ini. Tak heran, jika sampai tahun ini Bono bersama U2 sudah mengantongi banyak penghargaan. Di antaranya, membawa pulang 22 piala Grammy Awards sepanjang kariernya.

Menikmati Film Rasa Konser di ‘Sing 2’, Tontonan Asyik Penutup TahunDok. Universal Pictures

Bagi anak-anak, film Sing 2 sangat menyenangkan untuk ditonton karena merupakan film animasi dengan jalan cerita yang ringan dan lucu. Tapi, bagi penonton usia dewasa, Sing 2 bisa menjadi tontonan yang mengajak kita untuk sing a long sepanjang film karena lagu-lagunya yang begitu familiar. 

Saya yakin, saat kamu menontonnya nanti, tanpa sadar kamu akan menggoyangkan kepala atau mengetuk-ngetuk lantai menggunakan ujung kaki untuk mengikuti iramanya. Atau bahkan, kamu nggak akan berhenti bernyanyi sepanjang film karena hafal semua lagunya?

Sing 2 akan tayang di bioskop mulai 27 Desember 2021. Sebelum menyaksikannya, simak dulu trailer-nya berikut ini.

https://www.youtube.com/embed/EPZu5MA2uqI

Baca Juga: Berkaca dan Mendobrak Budaya Patriarki Lewat ‘Yuni’

Baca Juga: 5 Fakta ‘The King’s Man’, Hadirkan Kisah Fiksi Berbalut Sejarah

Baca Juga: Berlatar Malam Tahun Baru, 5 Film Horor Ini Akan Meneror Akhir Tahunmu