Anggun C Sasmi Penyanyi Indonesia Pertama yang Go International

Kerap raih penghargaan internasional

Anggun C Sasmi Penyanyi Indonesia Pertama yang Go International

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Anggun C. Sasmi baru saja kembali meraih penghargaan bergengsi di Rusia pada Minggu, 4 April 2021 lalu. Anggun mendapat penghargaan Bravo International Classical Music Awards di kategori Duet of the Year. Penghargaan ini ia terima untuk lagu “Caruso” yang dibawakan bersama almarhum Maestro Luciano Pavarotti.

Bravo International Classical Music Awards merupakan ajang penghargaan bergengsi di Rusia. Tak heran jika nama Anggun langsung menjadi sorotan karena beberapa lagunya, termasuk “Caruso” menjadi lagu paling laris dan menduduki puncak tangga lagu Rusia.

Sebelum mendapatkan penghargaan Bravo International Classical Music Awards ini, Anggun memang dikenal dengan prestasinya tak main-main di dunia musik. Ia pun menjadi perempuan pertama yang go international di tahun 90-an.

Berikut ini bukti bahwa Anggun adalah solois perempuan pertama yang berhasil go international yang sudah Popbela rangkum khusus untuk kamu.

Pindah ke Eropa pada tahun 1994 dengan modal dari menjual perusahaan rekaman

Anggun memulai kariernya di kancah musik internasional sejak tahun 1994. Kala itu, Anggun merasa kurang puas jika hanya berkarier di Indonesia dan memilih untuk hijrah ke Eropa karena para pencari bakat tidak pernah datang ke Indonesia. Sehingga, ia merasa dirinyalah yang harus mengejar mimpinya dengan pindah ke London pada tahun 1994. Anggun pun nekat menjual perusahaan rekamannya sebagai modal awalnya pindah ke Eropa.

Di London, karier Anggun tak berjalan mulus. Perjuangan panjangnya menemukan titik terang saat ia bertemu dengan Erick Benzi, produser asal Prancis yang sebelumnya bekerja dengan Celine Dion. Tertarik dengan bakat Anggun, Erick akhirnya menawarkannya kontrak eksklusif dengan Columbia France dan Sony Music Entertainment. Dari sanalah karier Anggun di kancah dunia internasional dimulai.

Lagunya laris dan paling banyak diputar di 33 negara

Setelah pertemuannya dengan Erick, Anggun merilis album internasional pertamanya yang langsung laris dan paling banyak diputar di 33 negara. Snow on The Sahara yang rilis di tahun 1997 menjadi album perempuan Asia pertama yang paling laris. Single lainnya, seperti "Snow on the Sahara", "What We Remember", dan "The Good Is Back" masuk ke dalam tanggal lagu Top 100 Billboard Amerika Serikat.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here