Bela, apakah kamu pernah membayangkan jika tiba-tiba saja saat kamu bangun di pagi hari, kamu menemui anjing peliharaanmu tumbuh menjadi sangat besar? Jika hal itu terjadi padamu, apa yang akan kamu lakukan? Tetap memeliharanya atau menitipkannya ke tempat penampungan hewan?

Hal inilah yang terjadi pada Emily Elizabeth Howard (Darby Camp). Anjing yang ia temui di festival hewan tiba-tiba saja berubah menjadi raksasa dalam waktu satu malam. Hal ini membuat pamannya panik dan berusaha menutupinya.

Clifford the Big Red Dog menjadi film keluarga yang manis dan sarat akan pesan moral. Penasaran ingin menyaksikannya? Simak dulu deretan faktanya berikut ini.

Diangkat dari novel klasik yang laris di Amerika Serikat

5 Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Film 'Clifford the Big Red Dog'Dok. Paramount Pictures

Bagi anak-anak Amerika Serikat, kisah fabel Clifford bukanlah hal yang baru lagi. Sebab, cerita tentang anjing raksasa berwarna merah dan suka membantu pekerjaan manusia ini sudah ada sejak tahun 1960-an.

Clifford diangkat dari novel anak-anak paling laris karya Norman Bridwell. Novel ini pertama kali dirilis pada tahun 1963 dan terus menghadirkan kisah baru dalam selang waktu tiga tahun sekali.

Film Clifford the Big Red Dog juga bukan tayangan pertama yang mengadaptasi novel Clifford. Cerita anak-anak ini pertama kali diangkat menjadi serial televisi pada tahun 2000 dengan konsep animasi dua dimensi.

Perbedaan Clifford versi film dan novel

5 Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Film 'Clifford the Big Red Dog'Dok. Paramount Pictures

Dalam seri novelnya, Clifford dikisahkan sebagai seorang anjing yang sering membantu pekerjaan manusia di kota. Tubuhnya yang tinggi dan besar sering dimintai tolong untuk mengambil barang di tempat yang tinggi, atau mengambil mainan yang tersangkut di pohon.

Berbeda dengan novelnya, Clifford the Big Red Dog yang disutradarai oleh Walt Becker (yang juga menyutradarai Alvin and the Chipmunks: The Road Chip), berkisah tentang asal mula Clifford dan alasan mengapa ia dapat tumbuh menjadi begitu besar dalam sekejap. Diceritakan pula bahwa Clifford adalah anjing yang terlantar, yang kemudian mendapat kekuatan magisnya dari seorang pencinta hewan bernama Bridwell (John Cleese).

Mengajarkan soal keberanian melawan perundungan

5 Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Film 'Clifford the Big Red Dog'Dok. Paramount Pictures

Ditujukan sebagai film keluarga yang pas disaksikan bersama anak-anak, Clifford the Big Red Dog sarat akan pelajaran soal keberanian. Tokoh Emily yang digambarkan sebagai gadis lugu yang kerap mendapatkan perundungan, berubah menjadi sosok yang lebih berani karena menemukan kekuatannya setelah 'berkenalan' dengan Clifford. 

Pesan tentang keberanian ini cocok disaksikan oleh anak-anak agar mereka bisa memiliki keberanian serupa. Sehingga, jika suatu hari hal buruk terjadi padanya, mereka bisa lebih siap menghadapinya.

Sinopsis Clifford the Big Red Dog

5 Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Film 'Clifford the Big Red Dog'Dok. Paramount Pictures

Clifford the Big Red Dog bercerita tentang seorang anak perempuan bernama Emily Elizabeth (Darby Camp) yang masih bersekolah di bangku SMP. Sebagai siswi pindahan, Emily tak memiliki banyak teman. Bahkan, ia kerap menjadi korban perundungan salah satu kelompok murid eksis di sekolah.

Di tengah kesedihannya itu, Emily secara tak sengaja bertemu dengan penyelamat hewan liar (diperankan oleh John Cleese) yang kemudian memberikannya anak anjing berwarna merah yang menggemaskan. Emily sangat bahagia, ia seolah menemukan teman yang selama ini dicarinya. Ia pun memberinya nama Clifford.

Emily tak pernah menyangka bahwa keesokan harinya, ia menemukan anak anjing itu tumbuh sangat besar. Saat itu, Emily tengah tinggal bersama pamannya dan panik. Bagaimana menyembunyikan anjing merah besar itu dari pengetahuan pamannya. Masalah bertambah saat ia mengetahui peraturan apartemennya yang melarang hewan peliharaan masuk ke dalam gedung.

Bagaimana Emily menyelamatkan Clifford? Apakah mereka akan tetap berteman?

Tanggal tayang Clifford the Big Red Dog

5 Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Film 'Clifford the Big Red Dog'Dok. Paramount Pictures

Clifford the Big Red Dog sangat pas disaksikan bersama seluruh anggota keluarga di musim liburan ini. Jalan ceritanya yang ringan dan visual yang aman untuk anak-anak, menjadikan quality time bersama keluarga menjadi berkesan.

Film ini akan tayang di seluruh bioskop mulai tanggal 29 Desember 2021. Sebelum menyaksikan filmnya, simak dulu trailer Clifford the Big Red Dog berikut ini. 

https://www.youtube.com/embed/4zH5iYM4wJo

Baca Juga: Rilis Poster dan Trailer, Simak 5 Fakta Film 'Doctor Strange'

Baca Juga: 5 Fakta ‘The King’s Man’, Hadirkan Kisah Fiksi Berbalut Sejarah

Baca Juga: Langsung dari Pemeran, 8 Fakta Menarik di Balik Layar 'The Silent Sea'