Setelah terlibat kerja sama dalam film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI), Marcella FP dan rumah produksi Visinema kembali berkolaborasi dalam film selanjutnya yang berjudul Generasi 90an: Melankolia.

Berbeda dari film NKTCHI, Generasi 90an: Melankolia akan membuat mereka yang lahir dan besar di tahun 90-an bernostalgia ke masa lalu. Sebelum menyaksikan filmnya, simak dulu yuk lima fakta di balik pembuatan film Generasi 90an: Melankolia berikut ini.

Diangkat dari Tiga Lagu Hits di Tahun 90-an

5 Fakta Film Generasi 90an: Melankolia yang Tak Boleh Kamu LewatkanInstagram.com/visinemaid

Cerita dalam film Generasi 90an: Melankolia akan mengisahkan tiga tokoh yang diambil dari tiga lagu hits di tahun 90-an. Tokoh tersebut adalah Indah yang diambil dari lagu Begitu Indah milik Padi, Kirana dari lagu Kirana milik Dewa 19, dan Sephia dari lagu Sephia milik Sheila on 7.

Meski tak diceritakan secara detail bagaimana kisahnya nanti, namun Angga Dwimas Sasongko Executive Producer film ini mengatakan kalau tiga karakter dalam film ini nantinya merupakan hasil pengembangan dari lagu yang sudah disebutkan sebelumnya.

Latar Waktu Tak Disebutkan

5 Fakta Film Generasi 90an: Melankolia yang Tak Boleh Kamu LewatkanInstagram.com/visinemaid

Mendengar judulnya saja, kita pasti akan langsung terbayang kalau film ini nantinya akan mengambil setting di tahun 90-an. Namun kenyataannya nggak seperti yang kita bayangkan. Angga menambahkan kalau latar waktu dalam film nantinya tidak akan disebutkan alias pseudo film. Para filmmaker dalam film ini nggak akan menyebutkan sama sekali kapan waktu kejadian dan membebaskan penonton untuk berimajinasi.

Tak Sulit Mendapatkan Properti Film

5 Fakta Film Generasi 90an: Melankolia yang Tak Boleh Kamu LewatkanInstagram.com/visinemaid

Sutradara sekaligus penulis naskah Generasi 90an: Melankolia, M. Irfan Ramli mengatakan kalau di film ini nantinya akan dihadirkan kembali musik, fashion hingga properti yang identik dengan tahun 90-an. Menghadirkan benda-benda yang sudah tak diproduksi lagi di masa kini, Irfan mengaku nggak kesulitan untuk mengumpulkannya.

“Untuk properti sendiri kami ingin seautentik mungkin. Bersyukur kami dibantu oleh banyak kolektor yang bersedia meminjamkan koleksi mereka sehingga untuk mengumpulkan benda-bendanya nggak begitu sulit,” kata Irfan.

Menghadirkan Pemain Lintas Generasi

5 Fakta Film Generasi 90an: Melankolia yang Tak Boleh Kamu LewatkanPopbela.com/Niken Ari

Satu hal yang istimewa dari film ini adalah para pemainnya. Tak hanya mereka yang lahir di tahun 90-an saja yang diajak berkolaborasi, Irfan juga mengajak beberapa pemain dari lintas generasi untuk meramaikan film ini.

Dari press conference yang digelar pada Jumat (13/9) lalu, para pemain yang terlibat memang benar-benar lintas generasi mulai dari Generasi X yakni Gunawan Sudrajat, Amara Lingua, dan Frans Mohede, Generasi Y yakni Aghniny Haque dan Taskya Namya, serta Generasi Z yakni Ari Irham dan Jennifer Coppen.

Kesulitan Mencari Pemain Generasi X

5 Fakta Film Generasi 90an: Melankolia yang Tak Boleh Kamu LewatkanPopbela.com/Niken Ari

Meski saat ini sudah banyak selebritas yang aktif di dunia film, namun Irfan mengaku masih kesulitan untuk mencari aktor dan aktris yang sudah aktif di layar kaca sejak tahun 90-an. Mendapatkan nama Gunawan Sudrajat, Amara Lingua, dan Frans Mohede saja sudah membutuhkan perjuangan yang cukup berat.

“Justru kami kesulitan mencari aktor dan aktris seniornya. Sekarang ini sedang mencari pasangan dari Gunawan ini. Beberapa yang kita approach menolak dengan berbagai alasan, ada yang sudah nggak mau terjun ke dunia hiburan lagi, ada yang masih terlalu aktif jadi nggak terasa 90-annya. Malah kalau yang muda kami mudah sekali mengajaknya untuk berkolaborasi,” tutup Irfan.

Melihat deretan aktor serta aktris dan lagu yang akan dilibatkan dalam film ini membuat kita semakin nggak sabar ya untuk menontonnya.

Baca Juga: Ini 10 Film Indonesia dengan Jumlah Penonton Lebih dari Satu Juta