7 Suku Paling Unik yang Ada di Indonesia

Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok etnik

7 Suku Paling Unik yang Ada di Indonesia

Sebagai negara yang kaya akan seni dan budaya, Indonesia dihuni berbagai macam suku yang menetap di segala pelosok Nusantara. Terlahir sebagai negara maritim yang terdiri dari  gugusan pulau menjadi faktor utama Indonesia memiliki keanekaragaman suku bangsa.

Melansir Indonesia.go.id Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok etnik atau suku bangsa, lebih tepatnya terdapat 1.340 suku bangsa di Tanah Air menurut sensus BPS tahun 2010. Suku Jawa adalah kelompok terbesar di Indonesia dengan jumlah yang mencapai 41% dari total populasi. Sedangkan di Kalimantan dan Papua memiliki populasi kecil yang hanya beranggotakan ratusan orang.

Indonesia sebagai negeri yang multikultural, pasti memiliki suku dengan keunikannya tersendiri, mulai dari tradisi, orang-orangnya, kesenian, makanan, dan kehidupan bermasyarakat yang berbeda-beda. Keunikan dan keberagaman itulah yang menjadi warna bagi salah satu negara yang dilewati garis khatulistiwa ini. 

Berbicara tentang suku dan keunikannya, kali ini Popbela akan menyajikan daftar tujuh tradisi unik dari beberapa suku di Indonesia yang masih dilakukan hingga saat ini. Penasaran? Simak terus artikel berikut ini.

1. Suku Baduy, Banten

Banyak di antara kita sudah mengenal suku Baduy. Kelompok etnis Sunda ini hidup bersama alam di Pegunungan Kendeng, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten. Dibagi menjadi dua bagian, yakni suku Baduy Dalam, dan suku Baduy Luar. Walaupun berasal dari suku yang sama, keduanya dibedakan berdasarkan aturan adat yang berlaku.

Keunikan suku Baduy Dalam yang kita kenal adalah mereka masih sangat memanfaatkan alam sebagai penopang hidup terbesar suku ini, dan cenderung mengisolasi diri dunia luar. Berbeda dengan suku Baduy Luar yang sejatinya sudah sedikit berbaur dengan dunia luar dengan mengizinkan warganya untuk mengakses teknologi, seperti barang elektronik, dan sabun untuk mencuci.

2. Suku Korowai, Papua Barat

Suku terunik selanjutnya berada di Papua Barat, Bela. Bernama suku Korowai, suku ini baru saja mengenal peradaban dunia luar sejak 30 tahun yang lalu. Sebagai salah satu suku yang ada di Indonesia, Suku Korowai memiliki tradisi dan kebudayaan yang cukup unik. Keberadaannya juga tidak mudah untuk ditemukan, terutama karena jumlahnya yang kini tidak lagi banyak, yakni hanya bersisa sekitar 3.000 orang saja. 

Suku Korowai ini bahkan pernah menjadi sorotan dunia karena dianggap sebagai suku yang masih mempraktekkan kanibalisme. Mengesampingkan tentang kanibalisme, suku yang baru terdeteksi sekitar 30-35 tahun yang lalu ini dulunya hanya mengandalkan alam untuk bertahan hidup.

Karena tinggal di alam bebas mengharuskan mereka memiliki kemampuan untuk bertahan hidup. Salah satu keunikan yang dimiliki suku Korowai adalah mereka piawai membuat rumah pohon. Eits, bukan rumah pohon yang hanya didirikan beberapa meter dari permukaan tanah, melainkan suku ini mampu membangun rumah setinggi hingga puluhan meter di atas pohon, lho, Bela. Itulah mengapa mereka dijuluki sebagai manusia pohon.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here