Tahun ini, Forbes kembali merilis daftar orang-orang terkaya di dunia. Meski laki-laki masih mendominasi, namun 10 perempuan di bawah ini berada di puncak kesuksesan yang sama. 

Mulai dari mantan istri pendiri Apple, Steve Jobs, pemilik perusahaan kecantikan populer, sampai pemilik departement store terbesar di dunia. Nggak main-main, kekayaan mereka bahkan mencapai angka Rp800 trilIun!

Penasaran? Simak daftar 10 perempuan terkaya di dunia versi Forbes di bawah ini, yuk! 

10. Gina Rinehart (US$13,1 Miliar / Rp212 Triliun)

Capai Rp800 Triliun, Ini 10 Perempuan Terkaya di Dunia Tahun 2020Forbes.com

Punya kekayaan sebesar U$13,1 miliar atau sekitar Rp212 triliun, otomatis membuat Gina Rinehart menjadi perempuan terkaya di Australia. Sayangnya, kekayaan Gina ternyata mengalami penurunan karena pandemi corona sebanyak U$2 miliar atau sekitar Rp32,3 triliun.

Gina sendiri adalah seorang pengusaha biji besi yang kemudian mendirikan Hancock Prospecting Group sejak 1992 lalu. Ternyata, Gina juga merupakan putri dari seorang pengusaha biji besi tersukses di dunia, Lang Hancock.  

9. Zhong Huijuan (U$14,6 Miliar / Rp236 Triliun)

Capai Rp800 Triliun, Ini 10 Perempuan Terkaya di Dunia Tahun 2020Bloomberg.com

Di peringkat sembilan, ada pengusaha produsen obat terbesar asal Tiongkok, Zhong Huijuan. Perusahaannya, Hansoh Pharmaceutical Group, memproduksi berbagai jenis obat seperti onkologi, psikoaktif, anti diabetes dan obat-obatan lainnya.  

Meski negaranya sedang krisis pandemi corona, saham Hansoh Pharmaceutical Group justru meningkat sebanyak 10% pada awal Januari hingga pertengahan Maret kemarin.  Hal ini lantaran permintaan produksi obat saat itu sedang naik pesat. 

Zhong sendiri menikah dengan sesama miliarder obat di Tiongkok, Sun Piaoyang. Saat ini, kekayaan Zhong diperkirakan mencapai U$14,6 miliar atau sekitar Rp236 triliun.  

8. Laurene Powell Jobs & Family (U$16,4 Miliar / Rp103,5 Triliun)

Capai Rp800 Triliun, Ini 10 Perempuan Terkaya di Dunia Tahun 2020Businessinsider.com

Laurene Powell, mantan istri pendiri Apple, Steve Jobs, ternyata juga masuk dalam daftar perempuan terkaya di dunia tahun ini. Punya kekayaan sebesar U$16,4 miliar atau sekitar Rp103,5 triliun, ternyata Laurene adalah pendiri perusahaan makanan sehat alami bernama Terravera. Ia juga memiliki saham berlimpah di Apple dan Disney. 

Sayangnya, tahun ini kekayaan Laurene harus menurun drastis karena penurusan harga saham Disney. Meskipun begitu, Laurene ternyata juga dikenal dengan jiwa sosialnya. Terbukti dengan pendirian Emerson Collective Foundation dan College Track, perusahaan nirlaba yang membantu para wirausaha dan anak-anak tidak mampu agar mengenyam pendidikan yang layak. Salut, ya! 

7. Susanne Klatten (U$16,8 Miliar / Rp270,2 Triliun)

Capai Rp800 Triliun, Ini 10 Perempuan Terkaya di Dunia Tahun 2020Dok. Internet

Selanjutnya ada pewaris dari perusahaan mobil mewah dunia, BMW, yaitu Susanne Klatten. Dalam satu tahun terakhir, tercatat Susan bisa mendapatkan 20% dari keuntungan penjualan BMW di seluruh dunia.

Ia juga merupakan pemilik tunggal dan wakil ketua Altana, sebuah perusahaan farmasi dan bahan kimia khusus. Kedudukan-kedudukannya inilah yang membuat Susanne masuk di urutan ke tujuh perempuan terkaya di dunia saat ini dengan kekayaan mencapai U$16,8 miliar atau sekitar Rp270,2 triliun.  

6. Yang Huiyan & Family (U$20,3 Miliar / Rp326,5 Triliun)

Capai Rp800 Triliun, Ini 10 Perempuan Terkaya di Dunia Tahun 2020Dok. Internet

Di posisi ke enam ada Yang Hiuyan, pengusaha real estate sukses, Country Garden Group. Country Garden Group adalah pengembang real estate terbesar di Provinsi Guangdong, Cina Daratan. Huiyan mendapat bantuan besar dari sang ayah, Yang Guoqiang yang merupakan pendiri dari Country Garden Group ini.  

5. Jacqueline Mars (U$24,7 Miliar /397,3 Triliun)

Capai Rp800 Triliun, Ini 10 Perempuan Terkaya di Dunia Tahun 2020Abcnews.go.com

Jacqueline adalah pewaris dari perusahaan permen terkenal dunia, M&Ms dan Milky Way Bars. Ia dan saudara laki-lakinya, John, setidaknya mewarisi sekitar sepertiga dari keuntungan penjualan dua perusahaan permen itu yang diperkirakan mencapai U$35 miliar atau sekitar Rp563 triliun.  

Selain itu, Jacqueline ternyata juga merupakan pengusaha dari bisnis perawatan dan makanan binatang peliharaan. Tak heran ya, jika kekayaannya tercatat mencapai U$24,7 miliar atau sekitar Rp397,3 triliun saat ini. 

4. Mackenzie Bezos (U$36 Miliar / Rp579 Triliun)

Capai Rp800 Triliun, Ini 10 Perempuan Terkaya di Dunia Tahun 2020Bostonglobe.com

Mackenzie adalah mantan istri dari bos Amazon, Jeff Bezos. Forbes mencatat, Mackenzie saat ini setidaknya memiliki keyaan sebesar U$36 miliar atau sekitar Rp579 triliun.  

Novelis asal Amerika Serikat itu juga mendapatkan seperempat dari harta saham suaminya di Amazon setelah bercerai.  

3. Julia Koch & Family (U$38,2 Miliar / Rp613,5 Triliun)

Capai Rp800 Triliun, Ini 10 Perempuan Terkaya di Dunia Tahun 2020Celebritynetworth.com

Peringkat ketiga dipegang oleh Julia Koch. Perempuan asal Amerika Serikat itu sukses melesat di peringkat ke tiga, setelah mewarisi 42% saham sang suami, David, di Koch Industries, setelah meninggal dunia pada Agustus silam. 

2. Francoise Bettencourt Meyers & Family (U$48,9 Miliar / RP786 Triliun)

Capai Rp800 Triliun, Ini 10 Perempuan Terkaya di Dunia Tahun 2020Dok. Internet

Di posisi kedua ada pemilik produk kecantikan populer dunia, L'Oreal, yaitu Francoise Bettencourt Meyers. Perempuan asal Prancis ini berhasil duduk di posisi ke dua setelah ibunya Liliane Bettencourt, yang saat itu adalah wanita terkaya di dunia, meninggal pada usia 94 tahun.  

Punya kekayaan sebesar U$48,9 miliar atau sekitar Rp786 trilliun, sayangnya jumlah ini ternyata turun sebesar U$14 juta atau sekitar Rp224,8 juta. Hal ini lantaran dampak pandemi corona yang membuat perusahaan kecantikannya mengalami penurunan penjualan hingga 12%.  

1. Alice Walton ($54,4 Miliar / Rp873,8 Triliun)

Capai Rp800 Triliun, Ini 10 Perempuan Terkaya di Dunia Tahun 2020Arktimes.com

Tahun ini, pemilik dari Walmart, Alice Walton, resmi menggeser posisi Francoise Bettencourt Meyers. Tercatat, Alice memiliki harta kekayaan bernilai fantastis, yaitu U$54,4 miliar atau sekitar Rp873,8 triliun, lho! 

Alice adalah putri tunggal dari pendiri Walmart, Sam Walton. Walmart sendiri adalah perusahaan yang bergerak di bidang pengoperasian jaringan department store. Sejak tahun lalu, kekayaan Alice tercatat meningkat 23% meskipun pasar sedang terguncang karena adanya pandemi corona saat ini. 

Baca Juga: Kekayaan Capai US$ 35 Miliar, Ini Daftar 11 Orang Terkaya di Indonesia

Baca Juga: Miliki Milliaran Rupiah, Ini 10 Daftar Artis Indonesia Terkaya

Baca Juga: Ingin Cepat Sukses? Coba Simak 3 Tips dari Salah Satu Orang Terkaya Di Dunia Ini