Bela, hobi bersepeda sepertinya sedang populer di tengah pandemi ini, ya! Nah, salah satu jenis sepeda yang paling populer digunakan para pesepeda saat ini adalah sepeda lipat. Selain praktis untuk dibawa kemana-mana, sepeda lipat juga punya desain stylish yang bisa menunjang penampilanmu saat gowes bareng teman-teman. 

Tertarik membelinya? Kalau iya, simak dulu, nih, 7 tips penting memilih sepeda lipat berikut. Jangan sampai salah memilih jenis sepeda lipat, ya! 

1. Pilih jenis sepeda lipat sesuai kebutuhanmu

Awas, Perhatikan 7 Tips Penting Ini Saat Membeli Sepeda Lipatnytimes.com

Sepeda lipat ternyata juga ada jenis-jenisnya, lho! Ada jenis sepeda lipat city bike dan touring. Kalau kamu hanya mau menggunakan sepeda lipat di jalanan kota seperti misalnya saat car free day maupun ke kantor, maka jenis sepeda lipat city bike akan lebih cocok untukmu. 

Namun, jika kamu ingin menggunakan sepeda lipat untuk perjalanan jauh dengan medan yang menantang, maka jenis sepeda lipat touring adalah pilihan yang tepat. Kamu juga bisa memilih sepeda lipat MTB atau mountain bike. Dengan ukuran ban di atas 20 inci dan lebih tebal, jenis MTB lipat ini tetap bisa di bawa di bagasi mobil. 

2. Perhatikan kualitas spare part-nya

Awas, Perhatikan 7 Tips Penting Ini Saat Membeli Sepeda Lipatbicycling.com

Bela, jika ingin membeli sepeda lipat, penting untuk kamu mengecek kualitas dari bahan spare-part yang ada pada sepeda itu. Perhatikan apakah bahannya cukup kokoh atau tidak. Misalnya pada merek Brompton. Sepeda ini mahal karena bahannya titanium yang kokoh namun ringan. Perhatikan juga bagian-bagian penting seperti bagian transmisi gear type, electric- assisted, compact model, dan lain-lain. 

3. Pertimbangkan berat sepeda lipatmu

Awas, Perhatikan 7 Tips Penting Ini Saat Membeli Sepeda Lipatnew.mta.info

Jika kamu akan sering membawa sepeda lipatmu untuk beraktivitas, maka akan lebih baik jika berat sepeda lipatmu tergolong ringan. Jika dimensi sepeda lipatmu ringan, maka hal itu akan memudahkanmu untuk melipat, memindahkan, serta menyimpannya kembali saat tidak digunakan.

4. Ukuran ban juga penting, lho!

Awas, Perhatikan 7 Tips Penting Ini Saat Membeli Sepeda LipatKickstater.com

Pernah melihat sepeda lipat dengan ukuran ban sangat kecil sampai sedang? Nah, ukuran ban juga harus masuk daftar hal yang kamu cek sebelum memutuskan membeli sepeda lipat, ya.

Sepeda lipat umumnya memiliki ukuran ban sekitar 14 sampai 26 inci. Semakin kecil ukurannya, maka akan semakin ringan pula berat sepeda lipat. Namun, ukuran ban yang terlalu kecil bisa membuat kamu menjadi tidak nyaman saat mengendarainya. Jadi, penting untuk mencoba berbagai dimensi ukuran sepeda lipat yang sesuai dengan kenyamanmu. 

5. Sesuaikan harga sepeda lipat dengan budgetmu

Awas, Perhatikan 7 Tips Penting Ini Saat Membeli Sepeda LipatPinterest.com

Bela, nggak melulu sepeda lipat dengan kualitas baik datang dari merek mahal, kok! 

Jika kamu ingin mendapatkan sepeda lipat dengan kualitas baik dan harga terjangkau, maka kamu nggak boleh malu-malu untuk menanyakan kekurangan dan kelebihan sepeda lipatmu kepada penjual, ya! 

Namun, jika kamu memang memiliki budget yang cukup besar untuk membeli sepeda lipat dari merek ternama, maka tidak ada salahnya juga, kok untuk membeli sepeda lipat yang kamu inginkan tersebut.  Namun pastikan pula kamu juga punya budget untuk membeli perlengkapan kebutuhan sepeda lainnya, seperti helm yang berkualitas, bel sepeda, celana khusus sepeda hingga masker yang juga berkualitas.

6. Apakah aksesoris sepeda lipatmu mudah ditemukan?

Awas, Perhatikan 7 Tips Penting Ini Saat Membeli Sepeda LipatTwoguneiapigs.com

Sudah cocok dengan sepeda lipat pilihanmu? Nah, coba tanyakan dulu apakah akseoris atau spare part yang dimiliki sepeda lipatmu itu mudah ditemukan di pasaran atau tidak. Karena, jika barangnya sulit untuk ditemukan di pasaran, maka akan sulit memperbaiki sepeda lipatmu itu jika suatu hari rusak ataupun saat kamu ingin memodifikasinya.  

7. Lakukan pengecekan esktra pada sepeda lipat bekas

Awas, Perhatikan 7 Tips Penting Ini Saat Membeli Sepeda LipatFlicker.com

Jika kamu ingin menghemat budget dengan membeli sepeda lipat bekas, maka segala tips di atas harus kamu cek secara ekstra. Jangan sampai sepeda lipat bekas yang kamu beli hanya bertahan tak sampai hitungan bulan karena terlalu banyak kerusakan di dalamnya.  

Nah, itu dia 7 tips memilih dan membeli sepeda lipat yang harus perhatikan. Jangan sampai salah membeli sepeda lipat, ya!

Baca Juga: Jangan Salah Beli, Ini 7 Jenis Sepeda Kekinian yang Lagi Tren

Baca Juga: Dari Rp1 Jutaan, Ini Daftar Lengkap Harga Sepeda Lipat Terbaru 2020

Baca Juga: Ingin Aktif Bersepeda, Ini Cara Tepat Memilih Sepeda untuk Perempuan