Setelah menunggu cukup lama, akhirnya boy grup jebolan acara survival " Produce X 101", X1, resmi melakukan debutnya pada Selasa, (27/8) kemarin. Hal ini tentunya disambut hangat oleh para fansnya, One It. Dengan title track berjudul "Flash", X1 sukses memukau fans dengan penampilan karismatik dan suara emas mereka. 

X1 sendiri merupakan grup ke-4 yang dibentuk oleh "Produce Series" besutan Mnet. Dari total 90 trainee yang berasal dari 46 agensi, akhirnya terpilihlah 11 anggota yang berhasil debut dalam X1. Mau tau lagi fakta unik tentang X1? Simak di bawah ini, ya!

1. Debut dengan 11 Member

9 Fakta Debut Member X1, dari Plagiat hingga Foto Jadul Mereka Instagram.com/x1official101/

X1 terdiri dari 11 member dengan talenta luar biasa dan visual yang memikat tentunya. Mereka ialah Kim Yo Han sebagai center, Kim Woo Seok, Han Seung Woo, Song Hyeong Jun, Cho Seung Youn, Song Dong Pyo, Lee Han Gyul, Nam Do Hyon, Cha Jun Ho, Kang Min Hee, dan Lee Eun Sang. Tahun ini, MBK Entertaiment berhasil mendebutkan 2 trainee-nya, Nam Do Hyon dan Cha Jun Ho. 

2. Satu Agensi dengan Wanna One

9 Fakta Debut Member X1, dari Plagiat hingga Foto Jadul Mereka 

Setelah sebelumnya mengurus grup jebolan "Produce 101 Season 2", Wanna One, kini Swing juga akan menaungi X1. Sebelumnya, grup jebolan "Produce Series", IOI, di naungi oleh JYP dan IZ*ONE dinaungi oleh Off The Record Entertainment. 

3. Sempat Terkena Rumor Manipulasi Voting

9 Fakta Debut Member X1, dari Plagiat hingga Foto Jadul Mereka Officiallykmusic.com

Sebelum melakukan debutnya, rumor negatif juga pernah menyerang X1. Rumor ini mengenai manipulasi voting  pada acara "Produce X101" kemarin. Hal ini didasari oleh netizen yang menyadari jumlah voting yang aneh antara voting masuk dengan voting yang ditampilkan di tiap episodenya. Akhirnya, detektif dan kepolisian Korea Selatan pun mulai melakukan investigasi hingga saat ini. Selain itu, tersebar juga bukti yang menunjukkan bahwa manipulasi voting juga terjadi pada acara "Produce Series" di season-season sebelumnya. 

4. Dituduh Menjiplak Foto Konsep Album EXO

9 Fakta Debut Member X1, dari Plagiat hingga Foto Jadul Mereka Kpopmap.com
9 Fakta Debut Member X1, dari Plagiat hingga Foto Jadul Mereka Kpopmap.com

Menjelang debut yang akan dilakukannya, akun Twitter resmi X1 akhirnya merilis foto merchandise yang bisa fans beli nantinya. Setelah foto-fotonya dirilis, ternyata banyak fans yang menyadari bahwa ada kemiripan antara merchansise photo milik X1 dengan teaser photo album "XOXO" milik EXO. Fans pun menyebut bahwa agensi yang menaungi X1 telah melakukan plagiarisme dan meminta merekan untuk mengubahnya. 

5. Lee Jinhyuk, Trainee yang Digadang-Gadang Jadi Main Vocalist X1 Gagal Lolos

9 Fakta Debut Member X1, dari Plagiat hingga Foto Jadul Mereka Allkpop.com

Awalnya Lee, Jinhyuk di gadan-gadang akan menjadi anggota tetap X1 nantinya. Hal ini dilihat dari popularitas Lee Jinhyuk diantara para fans dan tingginya voting yang diterimanya. Bahkan, ia juga sempat menempati posisi pertama pada pengumuman ranking di episode ke-7 melalui perolehan 336.000 suara. Ia juga berhasil masuk dalam 10 besar sampai episode  ke-11. Sayangnya, ia gagal masuk dalam line up debut karena tersingkir dari posisi 11 besar. Hal ini tentunya sangat mengejutkan para fans telah memprediksikan ia bisa debut. Kita doakan semoga kariernya cemerlang meski tidak bersama X1, ya!

6. Umumkan "ONE IT" Sebagai Nama Fans X1

9 Fakta Debut Member X1, dari Plagiat hingga Foto Jadul Mereka Soompi.com

Setelah mendapatkan perhatian yang besar dan berhasil mengumpulkan banyak penggemar, akhirnya agensi dari X1 mengumumkan nama resmi untuk fans X1. Adalah ONE IT, nama yang terpilih dari 600 nama yang diusulkan penggemar. Nama ini menggambarkan pentingnya para fans bagi X1.

7. Merilis Mini Album "Quantum Leap" Dengan Title Track "Flash"

9 Fakta Debut Member X1, dari Plagiat hingga Foto Jadul Mereka Soompi.com

Dalam album Quaentum Leap, terdapat total 7 buah lagu. Berikut daftar lagu lengkap pada mini album Quantum Leap, sebagaimana dilansir @x1official101, Rabu (28/8/19):

1. Stand Up (Intro)

2. Flash (title track) 

3. You’re The Pretiest When You Smile

4. It’s Okay

5. U Got IT

 6. Move (ver-X1) 

7. X1_Ma (ver-X1)
 

8. Tampilkan Penampilan Memukau di Show Case Debut

https://www.youtube.com/embed/l2OJk1DJiLk
https://www.youtube.com/embed/E9TV5FSi2Vo

Bertempat di Gocheok Sky Dome, akhirnya X1 melakukan debut showcase untuk mini album terbaru mereka, Quatum Leap, pada Selasa, (27/8/19). Dalam penampilan itu, para anggota X1 menampilkan lagu-lagu yang terdapat pada album terbaru mereka. Mereka memulainya dengan lagu ‘Stand Up’, kemudian ‘Move’, ‘Like Always’, ‘Pretty Girl’, ‘U Got It’, ‘Boyness’, ‘Flash’, serta ‘I’m Here For You’ dan akhirnya ditutup dengan ‘X1-Ma’.

9. Foto Pre Debut Para Member

9 Fakta Debut Member X1, dari Plagiat hingga Foto Jadul Mereka Youtube.com/irenenovita

Nah, ini dia yang ditunggu-tunggu para ONE IT., apalagi kalau bukan foto-foto pra debut para anggota X1. Dari foto-foto diatas, yang mana nih yang paling gemesin?

Itu dia 9 fakta unik, rumor, sampai foto pradebut para anggota X1. Dari ke 11 anggota, yang mana nih favoritmu?

Baca Juga: Penuh Perjuangan, Ini 5 Kesulitan Menjadi Idol KPop dari Luar Korea