Inilah yang dicita-citakan oleh Raden Adjeng Kartini. Perempuan yanng mendapat pendidikan setara dengan laki-laki, punya hak berpendapat dan memilih, hingga menentukan masa depannya sendiri.

Dengan karier yang tidak terlihat akan meredup, deretan selebriti ini menganggap melajang di usia matang bukan menjadi masalah. Di usia yang menginjak 30-40 tahunan, mereka ternyata masih bersemangat untuk mandiri mengejar karier, bahkan hingga kancah internasional. 

Ada siapa saja, ya? Mari langsung simak tujuh selebriti yang masih betah melajang untuk melihat dunia. 

Raline Shah

7 Selebriti Ini Melajang di Usia Matang dengan Karier GemilangPopbela.com/Kisaku

Tak hanya punya paras dan senyum yang menawan, Raline Shah juga terkenal sudah malang melintang dalam banyak film dan iklan. Selang satu tahun setelah debut aktingnya di film 5 CM, Raline sudah berhasil masuk dalam Nominasi Pemeran Pembantu Wanita Terpuji di Festival Film Bandung 2014. Setelahnya, Raline juga berhasil menyabet penghargaan Pemeran Pembantu Wanita Terpuji di Festival Film Bandung 2015.  

Tak hanya aktif sebagai aktris dan model, Raline ternyata juga masuk dalam dunia tarik suara. Bersama dengan Marcell Siahaan, Raline sempat mengeluarkan single berjudul "Jadi Milikku". Namun yang paling mencengangkan, ternyata Raline juga sempat ditunjuk sebagai Komisaris Independen Air Asia! 

Dengan segudang prestasi dan bakat yang dimilikinya, aktris yang dikabarkan sempat dekat dengan Ferdi Nuril ini terlihat masih nyaman menikmati karier cemerlangnya di usianya yang menginjak 35 tahun, tersebut. 

Agnez Mo

7 Selebriti Ini Melajang di Usia Matang dengan Karier GemilangAgnezmo.com

Penyanyi bernama lengkap Agnes Monica Muljoto ini juga jadi salah satu selebriti yang nampaknya masih enjoy menikmati meniti karier di usianya yang menginjak 34 tahun. Saat ini, Agnez masih aktif bermusik di Amerika Serikat. Salah satu lagu hits internasionalnya adalah "Coke Bottle" yang berduet dengan rapper kenamaan, Timbaland. 

Hingga saat ini, pelantun "Matahariku" ini diperkirakan telah meraih 170 penghargaan dari 327 nominasi yang diperolehnya. Mulai dari 18 penghargaan Anugerah Musik Indonesia, 8 penghargaan Panasonic Awards, 5 dari Nickelodeon Indonesia Kids' Choice Awards, 4 dari MTV Indonesia Awards, 3 penghargaan Asia Song Festival, 2 dari Festival Film Bandung, hingga 2 dari Mnet Asian Music Awards. Wow!

Tak hanya itu, Agnez bahkan dipercaya menjadi Duta Anti Narkoba Asia dan duta MTV EXIT untuk memberantas kasus perdagangan manusia. Untuk seluruh penghargaannya yang mengharumkan nama Indonesia, PT. Pos Indonesia bahkan memampangkan wajah Agnez di Perangko Prisma Indonesia pada 2017. Keren banget, ya! 

Luna Maya

7 Selebriti Ini Melajang di Usia Matang dengan Karier GemilangInstagram.com/lunamaya

Aktris berdarah Bali yang lahir pada 26 Agustus 1983 lalu ini juga punya karier cemerlang namun tetap santai melajang di usia matangnya, lho! 

Sebelum aktif sebagai aktris, Luna mengawali kariernya sebagai model iklan dan catwalk. Setelah terjun ke dunia seni peran, beragam film layar lebar sudah dibintanginya. Seperti Jakarta Undercover, Asmara Dua Diana, The Doll 2, hingga Suzzana: Bernafas dalam Kubur dimana ia berhasil menyabet Piala Maya dan IMA Awards di 2019 kemarin.  

Di bidang bisnis, Luna juga memiliki bakat entrepeneurship dengan memiliki bisnis kuliner, clothing line, hingga properti. Tak hanya itu, Luna juga kembali membuat publik terkagum setelah masuk dalam daftar "99 Most Inspiring Women 201" versi Majalah Globe Asia.  

Adinia Wirasti

7 Selebriti Ini Melajang di Usia Matang dengan Karier GemilangInstagram.com/adiniawrst

Selanjutnya ada Adinia Wirasti! Aktris karismatik berusia 33 tahun ini diketahui setidaknya telah melakoni 21 judul film lebar selama berkarier, lho! Mulai dari AADC sebagai debut aktingnya, Arisan! 2, Laura dan Marsha, Kapan Kawin?, Cek Toko Sebelah, Kartini, hingga Lampor:Keranda Terbang.  

Berkat totalitasnya selama bermain peran, adik dari Sara Wijayanto ini pun berhasil meraih berbagai penghargaan di dunia film. Mulai dari Piala Citra untuk Pemeran Pendukung Wanita Terbaik (2005), Pasangan Terbaik (bersama Reza Rahadian) di Indonesian Movie Awards 2012, Piala Citra untuk Pemeran Utama Wanita Terbaik di Festival Film Indonesia 2013, Pemeran Utama Wanita Terpuji di Festival Film Bandung 2017, dan belasan nominasi lainnya.  

Okky Lukman

7 Selebriti Ini Melajang di Usia Matang dengan Karier GemilangDok. Internet

MC kondang bernama lengkap Okky Ayudhia Lukman ini juga karier yang cemerlang, lho! Punya gaya bicara yang cerewet dan asal njeplak, Okky mulai menarik perhatian masyarakat saat bermain dalam Lenong Bocah dari tahun 1993-1998. Sejak saat itu, Okky banyak tampil dalam sinetron, iklan, dan juga ramai di dapuk sebagai pembawa acara.  

Karena pembawaanya yang khas saat membawakan acara, akhirnya Okky berhasil menggaet penghargaan Presenter Reality Show Terfavorit di Panasonic Awards 2006 dan Presenter Talent Show Terfavorit di Panasonic Gobel Awards 2010. 

Lola Amaria

7 Selebriti Ini Melajang di Usia Matang dengan Karier GemilangInstagram.com/lola.amaria

Lola Amaria adalah seorang pemain sinetron, bintang film, produser serta sutradara berbakat Tanah Air. Karier Lola dimulai saat dirinya menjuarai pemilihan "Wajah Femina" pada tahun 1997. Lola kemudian aktif bermain dalam sejumlah sinetron dan film.  

Tak hanya sampai di situ, perempuan berusia 43 tahun ini juga melebarkan kariernya di dunia penyutradaraan. Beragam film yang dihasilkannya antara lain Betina, Minggu Pagi di Victoria Park, Sanubari Jakarta, Jingga, hingga Labuan Hati. 

Tika Panggabean

7 Selebriti Ini Melajang di Usia Matang dengan Karier GemilangInstagram.com/botikpanggabeaan

Siapa sih, yang nggak tahu satu-satunya personel perempuan di grup musik komedi Project Pop yang satu ini? Bersama Project Pop, Tika sudah menelurkan beberapa album seperti Lumpia Vs Bakpia (1996), Pop OK (2003), hingga Six A Six (2007).  

Penyanyi yang lahir pada 3 Oktober 1970 ini bukan hanya aktif sebagai penyanyi, tapi juga aktris dan presenter. Tika sudah membintangi berbagai judul sinetron seperti Sang Prabu, The Lajang, hingga OB OK. Ia juga pernah bermain dalam film Arisan!, Kejar Jakarta, Laskar Pemimpi, hingga Talak 3. 

Salut buat para perempuan yang berani membuat keputusan sendiri dan menjalani mimpinya, serta buat para perempuan yang rela mengorbankan mimpinya demi keluarga. Selamat Hari Kartini ya, Bela!

Baca Juga: Seperti Kartini, 3 Sosok Ini Punya Cerita Soal Perempuan Masa Kini

Baca Juga: Bukan Cuma Kartini, Kamu pun Harus Punya Sifat Seperti Ini

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Dibesarkan Sebagai Kartini Modern Sejak Kecil