Banyak hal di sekitar kita yang bisa kita manfaatkan dan ubah menjadi sebuah kerajinan bernilai seni, salah satunya batu kerikil. Selama ini, batu kerikil hanya digunakan sebagai bahan bangunan, hiasan taman atau aquarium. Ternyata dengan imajinasi dan kreativitas, batu kerikil dapat disulap menjadi kerajinan tangan yang tidak hanya unik tetapi juga memiliki nilai manfaat. 

Bermodal batu kerikil yang bisa kamu temukan di sekitar rumah serta alat-bahan pelengkap lainnya, kamu bisa membuat berbagai macam kerajinan dari batu kerikil, lho! Penasaran apa saja? Yuk, simak beberapa kerajinan dari batu kerikil berikut ini!

1. Photo holder

Artsy Banget! 8 Ide DIY Kerajinan dari Batu Kerikil yang Mudah Dibuatormsdirect.co.za

Alih-alih membeli pajangan foto, kamu bisa membuat photo holder sendiri yang murah dan pastinya unik banget. Bahan yang kamu butuhkan hanyalah batu ukuran sedang, kawat, dan alat pemotong kawat.

Cara membuatnya sangat gampang, yaitu dengan melilitkan kawat di sekitar batu, kemudian biarkan kawat menjulang ke atas dengan panjang sesuai keinginanmu dan buat ujung kawat seperti klip kertas untuk menahan foto. Setelah jadi, kamu bisa menyelipkan berbagai koleksi fotomu, deh!

2. Hiasan kaktus

Artsy Banget! 8 Ide DIY Kerajinan dari Batu Kerikil yang Mudah Dibuatwonderfuldiy.com

Hiasan bunga dan tanaman artifisial dari plastik udah biasa banget untuk menghias ruangan. Untuk menggantikannya, kamu bisa membuat kaktus dari batu tanpa perlu kamu siram dan khawatir kaktusmu akan mati.

Kamu hanya membutuhkan cat berwarna hijau dan putih, kuas, pot, dan batu pipih berbagai ukuran untuk membuat kaktus palsu ini. Dengan melukis batu menyerupai motif kaktus kemudian menyusunnya dalam pot. Voila! Jadilah hiasan kaktus yang siap dipajang!

3. Tempat lilin

Artsy Banget! 8 Ide DIY Kerajinan dari Batu Kerikil yang Mudah Dibuatww7.goodideasforyou.com

Lilin biasanya digunakan untuk menciptakan suasana romantis pada ruangan atau sekadar sebagai alat pengganti penerangan. Saat menyalakan lilin, pasti kamu membutuhkan tempat pelindung untuk meletakkannya agar mencegah terjadinya kebakaran.

Kamu bisa membuat tempat lilin dengan bermodal batu berbentuk pipih berbagai ukuran dan lem perekat. Susun batu berbentuk lingkaran secara bertingkat kemudian kamu bisa meletakkan lilin di bagian dalamnya. Aman dan artistik banget, kan?

4. Pot bunga

Artsy Banget! 8 Ide DIY Kerajinan dari Batu Kerikil yang Mudah Dibuatyoutube.com/T10 Ideas

Untuk memperkuat suasana alam di rumah, kamu bisa membuat pot bunga dari bebatuan. Cara membuatnya hampir sama dengan membuat tempat lilin, yaitu kamu hanya membutuhkan batu dan lem perekat. 

Namun, untuk membuat pot bunga ini, susun batu dengan ukuran yang agak lebar dan tinggi akan tanaman yang tumbuh di dalam pot dapat berkembang dengan baik. 

Cara lain bagi kamu yang ingin mendapatkan hasil pot yang lebih rapi adalah kamu bisa menempelkan bebatuan pada pot plastik.

5. Papan tanda

Artsy Banget! 8 Ide DIY Kerajinan dari Batu Kerikil yang Mudah DibuatEtsy.com

Papan tanda (sign board) biasanya digunakan untuk memberikan suatu informasi misalnya tanda ucapan selamat datang atau sekadar sebagai dekorasi ruangan. 

Kamu bisa membuat sendiri papan tanda ini dengan cara melukis batu dengan dasar berwarna-warni dan menyusun huruf-huruf yang kamu inginkan. Kemudian tempelkan batu tersebut pada papan. Dijamin autentik banget, deh, dekorasi ruanganmu!

6. Hiasan dinding

Artsy Banget! 8 Ide DIY Kerajinan dari Batu Kerikil yang Mudah Dibuatmybabydoo.com

Ide dekorasi dinding lainnya adalah susunan batu untuk membentuk gambar atau cerita tertentu, misalnya sekelompok burung yang sedang hinggap di ranting pohon. 

Untuk membuatnya diperlukan beberapa batu, kanvas atau papan, dan bahan-bahan pelengkap lainnya sesuai gambar yang ingin kamu buat. 

Ide ini membutuhkan kreativitas yang cukup tinggi dibandingkan ide-ide lainnya karena kamu perlu menyesuaikan bentuk batu dan menyusunnya menjadi karya seni yang indah. 

7. Bingkai foto

Artsy Banget! 8 Ide DIY Kerajinan dari Batu Kerikil yang Mudah Dibuatdiyjoy.com

Batu kerikil bisa kamu gunakan untuk menghias bingkai foto, cermin, atau barang-barang lainnya dengan cara menempelkan batu pada permukaan yang ingin kamu hias. 

Kamu bisa membiarkan warna asli batu untuk menciptakan nuansa natural atau dapat juga melapisi batu dengan warna-warna tertentu untuk diselaraskan dengan dekorasi ruangan lainnya. 

8. Tatakan teko atau alat makan

Artsy Banget! 8 Ide DIY Kerajinan dari Batu Kerikil yang Mudah Dibuatpinterest.com

Nggak cuma artistik, kamu bisa membuat tatakan teko atau alat makan dari batu dengan bentuk-bentuk yang kamu inginkan. 

Cara membuatnya sangat mudah, kamu membutuhkan papan sebagai alas dengan bentuk dan ukuran sesuai selera kemudian menempelkan bebatuan di atas alas tersebut. 

Tips penting membuat tatakan ini adalah pastikan kamu memilih batuan yang memiliki tebal tidak beda jauh, ya, agar teko atau alat makan yang akan diletakkan di atasnya dapat berdiri dengan baik. 

Nah, itu tadi beberapa kerajinan dari batu unik yang dapat dibuat dengan batu kerikil yang bisa kamu temukan di sekitar rumah. Tertarik mencoba? Yuk, jangan ragu coba buat, ya!

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "8 Ide DIY Kerajinan Unik dari Batu Kerikil, Mudah Buatnya!"

Baca Juga: Dari Perhiasan Hingga Phone Case, 9 DIY dari Resin yang Mudah Dibuat

Baca Juga: DIY Buat Tas dari Scarf, Bangga sama Buatan Sendiri Deh!

Baca Juga: DIY Casing Smartphone Hanya dengan Cat Kuku? Bisa!