7 Raja Perempuan Hebat yang Pernah Menguasai Nusantara

Mereka datang dari Majapahit hingga Samudra Pasai

7 Raja Perempuan Hebat yang Pernah Menguasai Nusantara

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Mulai dari Hayam Wuruk, Kertanegara, Jayabaya, hingga Mulawarman, mereka semua merupakan laki-laki tangguh yang dikenal sebagai raja pada zaman dulu. Namanya dikenang dalam sejarah karena mereka berhasil memimpin dengan baik.

Namun di tengah sistem patriarki yang sangat kental, ternyata ada sejumlah pemimpin perempuan yang tak kalah hebat daripada raja-raja di atas. Mereka berhasil membuat kerajaannya berkembang pesat, memimpin dengan tegas, serta tak ragu terlibat dalam peperangan.

Sebagian besar pemimpin perempuan ini tetap disebut sebagai raja, bukan ratu. Sebab itulah gelar yang diberikan kepada mereka. Ingin tahu siapa saja sosok raja perempuan yang pernah memimpin kerajaan di Nusantara? Berikut ini kisahnya!

1. Gayatri Rajapatni, perempuan di balik Majapahit

Walaupun namanya tak familiar, Gayatri Rajapatni merupakan salah satu sosok di balik berdirinya Kerajaan Majapahit. Bersama dengan suaminya, Raden Wijaya, ia berambisi untuk membangun pemerintahan baru dari sisa-sisa Singhasari. Pada saat itu, kerajaan tersebut baru saja dibabat habis oleh Jayakatwang. 

Menurut laporan dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga, Gayatri memang tidak secara langsung menjadi raja. Akan tetapi, ia berhasil mendidik anak cucunya untuk memimpin Majapahit hingga menjadi kerajaan yang besar. Di antaranya adalah Tribhuwana, Gajah Mada, hingga Hayam Wuruk. 

Gayatri pada saat itu dikenal sebagai sosok "ibu suri" yang selalu memikirkan masa depan kerajaannya. Ia menolak naik takhta karena dirinya merupakan anak Raja Singhasari, Kertanegara. Pada saat itu, terdapat hukum tak tertulis yang mengisyaratkan bahwa seseorang yang telah kalah tidak boleh memimpin kembali, kecuali dengan alasan mendesak.

2. Tribhuwana Wijayatunggadewi, salah satu Raja Majapahit paling berpengaruh

Namanya sering disebutkan dalam sejarah, Tribhuwana Wijayatunggadewi merupakan anak perempuan dari Gayatri Rajapatni. Ia mendapatkan mandat dari ibunya untuk memimpin Majapahit. Tugasnya adalah memperbaiki kerajaan setelah kekacauan yang disebabkan oleh Jayanegara. 

Mengutip studi dari AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Surabaya, Tribhuwana memiliki peran yang besar dalam perkembangan Majapahit. Berikut ini di antaranya:

  • Berhasil mengembalikan kepercayaan rakyat kepada pemerintahan Majapahit;
  • Berhasil menaklukkan wilayah Sadeng dan Keta;
  • Mengangkat Gajah Mada sebagai rakryan mahapatih yang menghasilkan program politik baru, yaitu Sumpah Palapa. Bersamanya, Tribhuwana ingin mempersatukan seluruh wilayah Nusantara;
  • Berhasil menaklukan Sumatera dan Bali lewat Sumpah Palapa.
  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here