Nama Chef Marinka baru-baru ini menjadi sorotan publik. Hal ini terjadi lantaran perempuan dengan nama lengkap Maria Irene Susanto ini baru saja melangsungkan pernikahan dengan sang kekasih yang berdarah Belanda tersebut. Chef serba bisa ini melangsungkan pernikahan di umurnya yang ke-40 tahun. 

Berbicara soal perjalanan hidup, chef yang memiliki ketertarikan pada bidang kuliner sejak SD ini memiliki kisah hidup yang cukup unik dan juga sangat inspiratif. Dikenal publik sejak menjadi juri di MasterChef Indonesia, berikut rekam jejak Chef Marinka yang bisa menginspirasi kamu.

1. Marinka pernah berkuliah di jurusan art and fashion design

Menikah di Usia 40, Ini Rekam Jejak Chef Marinka yang InspiratifInstagram.com/Rinrinmarinka

Sebelum bersekolah di bidang kuliner, nyatanya, Marinka pernah menempuh studi pada bidang art dan fashion design, lho. Setelah menyelesaikan studi SMA-nya di SMU Pelita Harapan, Marinka, yang memiliki cita-cita menjadi pelukis, terbang ke Sydney pada tahun 1998 untuk bersekolah di Institute College Sydney Australia. Di sana ia mengambil jurusan desain dan seni. Di tahun selanjutnya, setelah lulus, Marinka melanjutkan pendidikannya di institut yang sama dengan mengambil jurusan fashion.

Seolah tidak pernah lelah untuk belajar, Marinka menlanjutkan studinya di tahun 2002. Kali ini ia mengambil diploma pada bidang “French Cuisine & Patisserie” di Le Cordon Bleu, Sydney. Studi yang ia selesaikan di tahun 2004 inilah yang menjadi pijakan awal bagi karier Marinka. Selama hampir delapan tahun berada di negeri kanguru tersebut, Marinka sempat magang di beberapa restoran terkenal yang ada di Sydney, lho. Keren banget, ya, chef Marinka!

2. Membuka restoran dan mengajar di sekolah masak

Menikah di Usia 40, Ini Rekam Jejak Chef Marinka yang InspiratifInstagram.com/Rinrinmarinka

Kembali ke tanah air pada tahun 2005, Ririn, sapaan akrab Marinka, mengawali kariernya pada bidang kuliner dengan menjadi seorang wirausaha. Ia membuka kafe “Warung Telur Ceplok” di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan. Sayangnya, kafe yang menyajikan menu di harga kisaran Rp20.000-35.000 ini hanya bertahan selama satu setengah tahun lantaran Ririn salah menerapkan strategi pemasaran. 

Tak menyerah karena kegagalannya, di awal tahun 2015, Ririn kembali mencoba peruntungannya. Kali ini ia membangun sebuah restoran yang menyajikan menu sehat. Restoran yang berada di lokasi yang sama dengan kafe sebelumnya itu ia beri nama Mars Kitchen. Berkat keseriusannya, restoran yang menjual makanan dengan bahan dasar organik ini mendapatkan penghargaan sebagai restoran tersehat di Jakarta pada tahun 2018. 

Selain menjadi seorang pebisnis, Marinka juga menjadi seorang pengajar, nih. Tercatat Marinka pernah menjadi pengajar di Pantry Magic Cooking School, Kemang Jakarta Selatan, serta akan menjadi salah satu dosen di Universitas Bunda Mulia.

3. Menjadi celebrity chef

Menikah di Usia 40, Ini Rekam Jejak Chef Marinka yang InspiratifInstagram.com/Rinrinmarinka

Nama Marinka mulai dikenal banyak orang sejak ia menjadi salah satu juri MasterChef Indonesia bersama Chef Juna dan Arnold. Di acara kompetisi memasak tersebut, Chef Marinka dikenal sebagai sosok juri yang baik hati dan kerap menunjukkan kemampuan luar biasanya dalam hal memasak. Tidak lagi menjadi juri di ajang pencarian bakat memasak tersebut, Marinka mulai menunjukkan kemampuan presenting-nya dengan menjadi presenter pada acaranya sendiri di berbagai stasiun televisi. Tercatat sudah lebih dari 5 acara yang dipandu oleh celebrity chef yang satu ini.

4. Dijuluki sebagai duta kuliner nusantara

Menikah di Usia 40, Ini Rekam Jejak Chef Marinka yang InspiratifInstagram.com/Rinrinmarinka

Selain sebagai celebrity chef, Marinka juga dijuluki sebagai duta kuliner nusantara. Julukan ini ada lantaran Marinka memiliki hobi traveling. Hobinya yang suka menjelajah belahan dunia ini juga menjadi salah satu cara Marinka dalam mewujudkan misinya yang lain, yaitu memperkenalkan masakan Indonesia ke kancah internasional. Berkat kombinasi antara hobi dan misi Marinka inilah yang membuat dirinya diapresiasi sebagai seorang duta kuliner nusantara.

5. Menikah di usia 40 tahun

Menikah di Usia 40, Ini Rekam Jejak Chef Marinka yang InspiratifInstagram.com/Rinrinmarinka

Tahun 2020 mungkin menjadi salah satu tahun yang paling bersejarah bagi hidup Marinka. Di tahun ini, ia dipersunting oleh sang kekasih, Peter Lufting. Bertemu secara tidak sengaja pada tahun 2018 di sebuah seminar di Inggris, Marinka dan Lufting sempat menjalani hubungan jarak jauh atau LDR, lho

Keduanya bertunangan pada akhir 2019 dan mengikat janji sehidup semati pada tanggal 12 September 2020. Di hari bahagianya tersebut, Marinka tampak anggun dan menawan dengan balutan gaun bewarna putih serta veil cantik yang menghiasi kepalanya. Selamat, ya, chef!

Baca Juga: Lepas Lajang di Usia 40, Ini 5 Fakta Pernikahan Chef Marinka

Baca Juga: 4 Menu Praktis a la Chef dan Food Blogger yang Bisa Kamu Coba di Rumah

Baca Juga: Juara Masterchef Indonesia Season 6, Ini Fakta Seru Eric Herjanto