Army, sebutan bagi para penggemar grup idol Bangtan Sonyeondan atau BTS, berhasil menggalang dana sebesar US$1,04 juta atau sekitar Rp14,49 miliar untuk gerakan #BlackLivesMatter pada Senin (8/6). Gerakan menggalang dana yang diinisiasi oleh One In a Army ini terinsipirasi dari idol mereka sendiri, yaitu BTS, yang telah berdonasi sebesar US$1 juta atau sekitar Rp14 miliar untuk gerakan tersebut.

Para Army di seluruh dunia bergerak mengumpulkan dana tersebut dengan membuat proyek bertagarkan #MatchTheMillion. Tagar ini dikarenakan para Army bertujuan untuk berdonasi dengan jumlah donasi yang sama dengan donasi yang diberikan oleh BTS kepada gerakan Black Lives Matter.

Dalam mengumpulkan donasi dengan jumlah yang mereka tuju, para Army hanya butuh waktu satu hari saja untuk mencapainya. Nantinya, uang yang saat ini terkumpul dari 35.609 donatur tersebut akan dialokasikan untuk hal-hal yang berhubungan dengan Black Lives Matter, seperti uang penjamin para pendemo Black Lives Matter yang ditangkap secara brutal, mendukung organisasi advokasi orang kulit hitam, dan berjuang melawan ketidakadilan sistem masyarakat. Nggak hanya itu, uang yang terkumpul ini juga akan digunakan untuk menunjang kesehatan fisik dan mental komunitas orang kulit hitam.

Selain membuat donasi, para Army dan juga penggemar K-pop lainnya juga berupaya untuk mengambil alih tagar #WhiteLivesMatter yang digaungkan oleh para orang kulit putih pada beberapa waktu yang lalu. Mereka mencoba menenggelamkan pesan-pesan mengenai supermasi kulit putih dengan memunggah postingan yang berbau anti-rasis. Tak cuma itu, mereka juga membanjiri aplikasi iWatch Dallas dari Departemen Kepolisian Dallas dengan konten seputar K-pop. 

Satu lagi nih, hal yang bikin Popbela tepuk tangan terhadap para penggemar K-pop.

Baca Juga: Diduga Pacaran, 5 Bukti Kedekatan Jimin 'BTS' dan Seulgi 'Red Velvet'

Baca Juga: Babak Baru #BlackLivesMatter, Berbagai Perubahan yang Terjadi 

Baca Juga: Dukung Aksi #BlackLivesMatter, 7 Idol Kpop Tunjukkan Solidaritas