Tumbuhnya kesukaan masyarakat Indonesia dengan Korea Selatan nggak dapat lepas dari serangkaian acara hiburan yang tayang di televisi Tanah Air, salah satunya adalah dramanya yang biasa disebut dengan istilah K-Drama. Bagaimana nggak, wajah aktor dan aktris yang menawan, alur  cerita yang menarik dan penuh kejutan, pemandangan kota yang keren, lagu yang menyentuh hati, serta sisipan akting makan yang bikin ikut lapar, semuanya menjadi alasan siapapun mudah suka dengan drama Korea Selatan!

Judul drama Korea apa saja yang sudah kamu tonton, Bela? Pasti sudah banyak, ya! Namun, penasaran nggak Kapan pertama kali K-Drama masuk di Indonesia? Apa judulnya? Bagaimana ceritanya? Telusuri sejenak sejarahnya, yuk!

1. Demam Korea dimulai dari negara Asia Timur

Sejarah Drama Korea di IndonesiaAmazon.com

Drama Korea pada awalnya hanya ditayangkan negara luar seperti China dan Jepang. Namun, perkembangan globalnya sangat pesat sehingga masuk ke pasar Indonesia pada tahun 2000-an. Selain tayangan Jepang dan Taiwan yang saat itu tengah digemari masyarakat Indonesia, muncul beberapa judul drama Korea yang turut ditayangkan di televisi swasta. Salah satunya adalah "Jewel in the Palace" pada tahun 2003.

2. "Endless Love" mulai menggetarkan hati masyarakat

Sejarah Drama Korea di IndonesiaImgnooz.com

Minat masyarakat Indonesia pada drama Korea semakin tinggi setelah masuknya drama "Endless Love" pada tahun 2003. Drama yang dibintangi oleh Song Hye Kyo, Song Seung Hoon, dan Won Bin ini sukses membuat penonton Tanah Air berderai air mata dan semakin tertarik untuk terus menonton drama-drama Korea lainnya.

3. "Winter Sonata" dan "Full House" jadi drama favorit

Sejarah Drama Korea di Indonesianetflix.com

Setelah "Endless Love" tamat, muncul berbagai drama Korea lainnya yang turut digemari oleh penonton Indonesia. Ada Autumn in my Heart dan Winter Sonata. Kemudian pada tahun 2004, drama "Full House" tayang di salah satu televisi swasta mengisi waktu istirahat di sore hari. Drama yang diperankan oleh Rain dan Song Hye Kyo ini pun sukses menjadi hits pada tahun tersebut! Masyarakat Indonesia nggak hanya menyukai jalan ceritanya yang unik, tetapi juga menyukai lagu yang menjadi soundtrack drama itu. Saat tamat, penonton terasa berat melepaskannya.

4. Drama hits selalu diputar kembali

Sejarah Drama Korea di Indonesiadramawheel.com

Seiring berjalannya waktu, berbagai judul dan genre drama Korea semakin sering diputar di televisi Indonesia. Ada yang baru, seperti “Princess Hours”, ada juga yang merupakan pengulangan dari drama hits sebelumnya. Pasti kamu pernah nonton "Full House" lebih dari sekali, kan, Bela? Sebab kesuksesan drama yang tinggi, stasiun tv pun kemudian menayangkannya kembali untuk membahagiakan hati penggemarnya.

Di samping itu, akses internet di Indonesia belum seluas masa kini, membuat kita semua nggak bisa mengulang tontonan drama Korea favorit di media manapun kecuali tv. Bahkan, saat itu belum ada aplikasi nonton yang dapat diakses melalui smartphone. Jadi ketika ada tv yang mengulang tayangan drama Korea favorit, rasanya seperti bertemu kembali dengan aktor favorit!

5. "Boys Over Flower" jadi favorit remaja tahun 2000-an

Sejarah Drama Korea di Indonesiakchatjjigae.com

Pada tahun 2009, sebuah drama Korea selatan bergenre romansa di masa sekolah kembali menjadi hits dan disukai masyarakat Indonesia. Drama itu nggak lain adalah "Boys Over Flower". Drama yang terinspirasi dari tayangan drama Taiwan “Meteor Garden” ini menjadi drama Korea yang paling disukai remaja Indonesia pada saat itu. Ngaku saja, kamu pasti menonton "Boys Over Flower “saat sedang duduk di bangku SMP atau SMA, 'kan? Pasti, favoritmu adalah Gu Jun Pyo yang diperankan oleh Lee Min Ho.

6. Banyak stasiun tv berlomba-lomba menayangkan drama Korea

Sejarah Drama Korea di Indonesiastraitstimes.com

Kesuksesan K-Drama nggak hanya berdampak pada meningkatnya minat masyarakat Indonesia pada tayangan dari negeri Ginseng, tetapi juga menumbuhkan ketertarikan pada dunia hiburan dan budaya Korea Selatan secara keseluruhan. Berbagai stasiun televisi berlomba-lomba membuat program khusus bertemakan Korea Selatan, juga menayangkan berbagai drama Korea baru maupun lama. Kemudian muncul platform untuk mengakses tayangan secara global, turut memasukkan genre Drama Korea dalam daftar tayangannya.

Itulah sekilas penelusuran sejarah munculnya K-Drama yang menjadi salah satu genre favorit masyarakat Indonesia. Kini, kamu nggak perlu lagi menunggu stasiun televisi untuk menayangkan drama Korea favoritmu. Adanya platform baru membuatmu dapat menemukan drama Korea hits di negara aslinya, serta menemukan berbagai judul drama lain yang mungkin nggak pernah kamu dengar sebelumnya! Apa drama Korea favoritmu?

Baca Juga: 7 Drama Korea Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Kamu Tonton!