Untuk orang-orang yang punya sifat ambisius, kamu tentu sudah punya bayangan seperti apa dirimu nanti lima tahun dari sekarang. Kamu pun rela melakukan apa saja demi mewujudkannya. Popbela sangat kagum! Namun, ambisi yang besar itu tak datang dengan cuma-cuma. Ambisi yang terlalu besar akan banyak menyita waktu, emosi, dan tenagamu. Jadi sebelum kamu melangkah lebih jauh, coba pertimbangkan dulu keputusanmu dengan tujuh tanda ini.

1. Tak punya waktu untuk menikmati hasil kerja kerasmu

7 Risiko Kalau Kamu Miliki Ambisi Besaralpha.wallhaven.cc
Orang yang berambisi tinggi biasanya rela bekerja keras membanting tulang seharian penuh. Kurang tidur pun tak jadi masalah, apalagi mengorbankan akhir pekan. Tapi kamu jadi tak punya waktu misalnya untuk bersenang-senang merayakan keberhasilan proyekmu. Atau untuk mentraktir sahabatmu karena kamu baru saja naik jabatan. Mana sempat, sih? 

 

2. Kehilangan sahabat, kekasih, bahkan keluarga

7 Risiko Kalau Kamu Miliki Ambisi Besarmovpins.com

Saking sibuknya, kamu jadi kehilangan kesempatan untuk menghabiskan waktu berkualitas dengan orang-orang terdekatmu. Kalau kamu tidak benar-benar berusaha meluangkan waktu untuk mereka, perlahan-lahan mereka pun akan melangkah semakin jauh darimu. 

3. Orang-orang jadi berharap terlalu tinggi padamu

7 Risiko Kalau Kamu Miliki Ambisi Besarmovpins.com

Karena setiap orang sudah melihat bahwa kamu punya cita-cita yang bahkan lebih tinggi dari langit, orang-orang pun jadi memiliki ekspektasi yang tinggi pula padamu. Tak jarang mereka akan jadi tidak realistis dan malah melunjak karena merasa kamu akan melakukan apa saja demi mewujdukan mimpimu. Kamu pun jadi takut mengecewakan orang lain sehingga lupa bahwa alasan utama mengapa kamu sangat berambisi meraih cita-citamu adalah bagi dirimu sendiri, bukan untuk siapa pun. 

4. Masalah yang kamu hadapi jadi semakin berat

7 Risiko Kalau Kamu Miliki Ambisi Besartheconversation.com

Makin besar ambisimu, semakin berat juga beban yang harus kamu pikul. Kamu harus mudah beradaptasi dengan perubahan dan lingkungan yang tidak sesuai harapanmu, tanggung jawabmu semakin banyak, dan kamu harus siap keluar dari zona nyamanmu. Tak bisa dipungkiri, suatu hari nanti kamu akan merasa kewalahan juga dan semangatmu menguap. Masa-masa itulah yang akan jadi ujian terbesarmu. 

5. Dibutakan oleh hasil 

7 Risiko Kalau Kamu Miliki Ambisi Besarmovpins.com

Ambisi yang besar bisa membuatmu terlalu fokus untuk meraih hasil yang sempurna dan memuaskan. Sehingga, kamu pun melupakan pentingnya menghayati proses dan setiap langkah kecilmu. Jadi ketika kamu mendapat sebuah pengalaman berharga dan mendewasakan dari kesalahan yang kamu buat, kamu tidak mau tahu dan hanya melihat kegagalanmu saja. 

6. Menyakiti atau merugikan orang lain

7 Risiko Kalau Kamu Miliki Ambisi Besaraceshowbiz.com

Yang satu ini sudah parah banget, Bela. Kalau kamu sampai menghalalkan segala cara untuk meraih mimpimu, tandanya kamu harus renungkan lagi apakah tujuan yang ingin kamu capai benar-benar setimpal dengan usahamu? Sebenarnya apa pun alasannya, kamu tak boleh menyakiti atau merugikan orang lain, apalagi dengan penuh kesadaran. Ingat Bela, jangan pernah memperlakukan orang lain seperti kamu tak ingin diperlakukan.  

7. Kalau kamu jatuh, sakitnya tak bisa diobati

7 Risiko Kalau Kamu Miliki Ambisi Besarbluray.highdefdigest.com
Punya ambisi besar akan membuatmu jadi terobsesi. Kalau sudah terobsesi, otakmu hanya akan fokus pada hal itu saja dalam hidupmu. Tapi kamu harus tahu bahwa ambisi besar tak menjamin keberhasilan. Jadi bisa saja pada satu titik kamu menemui kegagalan dan harus jatuh cukup dalam. Karena seluruh energi dan pikiran sudah kamu curahkan untuk ambisimu ini, tentu rasa sakitnya ketika kamu jatuh sungguh tak terobati lagi. Mungkin hanya waktu yang bisa menjawabnya. 
Bagaimana, Bela? Sudah siap menemui tujuh risiko di atas dengan ambisimu yang besar? Punya cita-cita itu boleh. Sangat dianjurkan, malah! Namun, ingatlah untuk selalu memijakkan kakimu pada bumi. Gengsi dan ambisimu mungkin akan membawamu terbang ke atas, tapi apakah pemandangan yang kamu lihat di atas setimpal dengan segala pengorbanan yang sudah kamu berikan untuk mimpimu ini? 
 

BACA JUGA: 5 Perusahaan Impian untuk Bekerja dengan Segala Fasilitasnya!