Apa yang kamu pikirkan jika mendengar atau melihat kucing hitam? Rata-rata orang beranggapan kucing hitam merupakan pembawa kesialan. Bahkan kucing hitam sering dihubungkan dengan nasib buruk, hal mistis, hal menyeramkan, dan titisan penyihir.

Padahal, kucing hitam tidak kalah lucu dengan kucing lainnya seperti kucing putih, kucing oranye, dan kucing abu-abu. Di beberapa negara, kucing hitam dianggap sebagai pembawa hoki dan keberkahan.

Kali ini Popbela akan membeberkan 7 fakta yang menarik dari kucing hitam yang tak selalu berkaitan dengan hal yang buruk dan berbau mistis. Yuk, simak sampai habis!

1. Pernah disembah sebagai Dewa

Dianggap Bawa Hoki, Berikut 7 Fakta Menarik Kucing HitamNational Geographic

Dalam kepercayaan Mesir Kuno, kucing hitam merupakan perwujudan fisik dari Dewi Bastet, dewi dengan kepala kucing hitam. Dewi Bastet dipercaya sebagai dewi yang mengawasi tanaman, perempuan, dan tempat tinggal.

Kucing hitam dianggap sebagai hewan yang sakral karena seringkali dipelihara dan diberikan perhiasan layaknya bangsawan. Pada masa itu, banyak kuil-kuil didedikasikan untuk kucing hitam, dan membunuh seekor kucing hitam adalah kejahatan yang dapat dihukum mati.

2. Dianggap membawa hoki

Dianggap Bawa Hoki, Berikut 7 Fakta Menarik Kucing HitamUnsplash.com/Agape Trn

Jika beberapa orang mengaitkan kucing hitam sebagai pembawa sial, di beberapa negara justru dianggap membawa keberuntungan dan keberkahan.

Di Jepang, kucing hitam bisa membawa cinta atau keberuntungan. Di Inggris, kucing hitam diberikan sebagai hadiah pernikahan dan wanita yang menerima kucing hitam akan memiliki pernikahan yang bahagia.

Di Skotlandia, kucing hitam yang muncul di depan pintu rumah menandakan kemakmuran yang akan menghampiri.

3. Ada 22 ras kucing hitam

Dianggap Bawa Hoki, Berikut 7 Fakta Menarik Kucing HitamUnsplash.com/Max Nedorezov

Cat Fanciers Association atau Asosiasi Pemelihara Kucing mengakui ada 22 ras kucing yang dapat menghasilkan bulu hitam pekat.

Ras tersebut ialah kucing Persia, Ragamuffin, Scottish folds, dan Japanese bobtails yang lebih pendek. Namun, ras kucing hitam yang paling ikonik adalah Bombay.

Kucing Bombay merupakan hasil persilangan kucing ras American shorthairs hitam dengan Sable burma. Bombay memiliki fisik yang mirip dengan macan kumbang hitam yang mini.

Kucing ramping berbulu pendek ini adalah satu-satunya ras kucing yang selalu berwarna hitam pekat dengan mata bersinar.  

4. Warna bulu kucing paling dominan

Dianggap Bawa Hoki, Berikut 7 Fakta Menarik Kucing HitamUnsplash.com/Daria Shatova

Fakta menarik selanjutnya kucing hitam adalah warna hitam bulu kucing paling mendominasi dari semua warna lain. Warna hitam pada bulu kucing merupakan gen dengan pola yang paling dominan dalam DNA.

Jika dua kucing yang memiliki gen bulu hitam menghasilkan keturunan, gen tersebut akan menghasilkan bulu hitam pekat yang mendominasi.

Apabila salah satu dari gen tersebut resesif atau kedua orang tua kucing memiliki gen warna hitam, maka kemungkinan keturunannya memiliki warna bulu hitam akan lebih besar.

5. Sistem kekebalan lebih kuat

Dianggap Bawa Hoki, Berikut 7 Fakta Menarik Kucing HitamUnsplash.com/Humberto Arrelano

Para ilmuwan meneliti bahwa kucing hitam  memiliki sistem kekebalan yang lebih kuat jika dibandingkan dengan kucing berwarna lainnya. Gen yang menghasilkan warna bulu hitam atau melanisme inilah yang mempengaruhi kekebalan kucing. Melanisme ini dapat meningkatkan resistensi terhadap penyakit tertentu seperti feline immunodeficiency disorder (FIV) atau gangguan defisiensi imun kucing. 

6. Kebanyakan kucing hitam memiliki mata kuning

Dianggap Bawa Hoki, Berikut 7 Fakta Menarik Kucing HitamUnsplash.com/Andreas Bun

Jika kalian perhatikan, kucing hitam kebanyakna memiliki mata berwarna kuning. Kelebihan melanin pada kucing hitam tak hanya membuat sistem kekebalan tubuhnya kuat, tetapi juga menyebabkan mata kucing hitam berwarna kuning keemasan hingga kuning tembaga. 

Kucing Bombay dibiakkan agar warna mata kuning ini tetap utuh. Tetapi banyak juga ras kucing hitam lain yang memiliki mata hijau atau biru. 

7. Hari kucing hitam nasional

Dianggap Bawa Hoki, Berikut 7 Fakta Menarik Kucing HitamUnsplash/Nathan Rilley

Tahukah kalian, pada 27 Oktober, atau tiga hari sebelum Hallowen, dirayakan National Black Cat Day atau Hari Kucing Hitam Nasional.

Hari Kucing Hitam Nasional dibuat sebagai bentuk kasih sayang dan cinta terhadap kucing yang paling dianggap membawa nasib buruk ini.

Pada Oktober, banyak  shelter hewan yang tidak menerima adopsi kucing hitam agar melindunginya dari penyalahgunaan sebagai lelucon ataupun persyaratan ritual ilmu hitam.

Nah, itu dia fakta 7 menarik kucing hitam. Semoga Bela tidak takut kucing hitam lagi, ya!

Baca Juga: Gemas! Begini 15 Potret Kucing Jika Tertidur Pulas 

Baca Juga: 5 Cara Menjinakkan Kucing Liar, Dijamin jadi Manja dan Penurut

Baca Juga: Selain Angora, Ini 12 Jenis Kucing Peliharaan Terfavorit dan Populer