Selain cepat, dengan strategi tepat kini tiket pesawat kini semakin terjangkau untuk semua kalangan. Kehadiran tiket pesawat murah serta promo berlimpah dari maskapai maupun agen travel online membuat kita menjadi lebih leluasa untuk merencanakan liburan ke mana saja dengan harga yang lebih terjangkau.

Harga promo selalu menjadi incaran banyak orang, karena bisa menghemat biaya perjalanan. Tapi memang tak semua orang beruntung bisa mendapatkan harga terbaik sesuai keinginan. Karena itulah dibutuhkan strategi mencari promo tiket pesawat murah. Pelajari baik-baik ya!

Selalu update dengan informasi

Strategi Tiket Pesawat Murah Pexels.com/Tookapic

Kadang, agen dan maskapai akan memberitahukan tentang program promo di akun-akun media sosial mereka. Jadi, jangan sampai kamu kelewatan promo hanya karena tidak update dengan informasi. Akan lebih mudah kalau kamu menjadi member dan berlangganan newsletter dari agen travel online atau maskapai tersebut.

Gunakan website pencarian tiket pesawat murah

Strategi Tiket Pesawat Murah Pexels.com/Sourav Mishra

Kamu bisa menggunakan Skyscanner atau Wego, misalnya. Melalui website-website ini kamu bisa mendapatkan hasil tiket pesawat murah menuju tujuan termurah dengan tanggal-tanggal termurah. Pertama, kamu bisa memasukkan kota asalmu. Tapi, kamu bisa mengosongkan kota tujuan. Pilih 'cheapest month', kemudian klik 'search flight.'

Pelajari program frequent fly

Strategi Tiket Pesawat Murah Pexels.com/周 康

Program ini biasa diadakan maskapai untuk menjaga dan mempertahankan loyalitas konsumennya. Konsepnya adalah, semakin sering kamu terbang dengan maskapai tersebut, maka kamu akan mendapat poin yang akan terakumulasi. Kalau poin sudah banyak, bisa ditukar dengan bonus, misal berupa upgrade dari kelas ekonomi ke kelas bisnis, atau bahkan bisa terbang secara gratis.

Tiket pesawat promo biasanya tersedia di hari tertentu

Strategi Tiket Pesawat Murah Pexels.com/Oleg

Untukmu yang belum tahu, harga tiket pesawat itu bisa berubah-ubah. Nah, karena itulah kamu perlu juga mencari tahu kapan harga tiket pesawat menyentuh harga terendah. Biasanya, memilih jadwal terbang di tengah pekan seperti hari Selasa atau Rabu memiliki rate harga yang lebih rendah dari akhir pekan.

Gunakan dua maskapai untuk penerbanganmu

Strategi Tiket Pesawat Murah Pexels.com/Nur Andi Ravsanjani Gusma

Kalau perjalananmu membutuhkan dua kali penerbangan alias transit, tak ada salahnya untuk menggunakan dua maskapai yang berbeda. Sebab, tak ada jaminan bahwa kamu akan mendapatkan harga tiket yang lebih murah jika menggunakan satu maskapai yang sama untuk penerbangan transitmu. Ini juga berlaku untuk penerbangan pulang pergi, kamu tak harus menggunakan maskapi yang sama.

Temukan bandara alternatif

Strategi Tiket Pesawat Murah Pexels.com/Brett Sayles

Memilih mendarat di bandara alternatif bisa membuatmu menemukan harga tiket pesawat yang lebih murah. Misalnya, dari Jakarta kamu akan ke Yogyakarta. Tapi ternyata harga tiket pesawat tujuan Jogja sedang melonjak. Sebagai solusi, kamu bisa memilih bandara Solo sebagai solusi. Tapi pastikan juga bahwa biaya perjalanan darat dari bandara alternatif ke tujuanmu tidak lebih mahal dari tiket penerbangan langsung ya.

Manfaatkan kartu kredit

Strategi Tiket Pesawat Murah Pexels.com/Pixabay

Asal kamu tahu, banyak kartu kredit menawarkan promo-promo menarik dengan harga murah, termasuk tiket pesawat terbang. Akan lebih baik lagi, kalau kamu tidak memiliki uang lebih, kamu bisa menggunakan cicilan tanpa bunga. Nah tips lainnya, kalau kamu ingin bepergian ke luar negeri, ada baiknya juga kamu melakukan pembayaran dengan mata uang negara yang kamu tuju.

Salah satu kunci traveling dengan tiket murah adalah fleksibel dengan waktu dan tujuan. Catat ya Bela, biasanya penerbangan pertama atau terakhir bisa jadi lebih murah karena banyak orang tidak ingin terbang terlalu pagi atau terlalu malam. 

Itulah cara dan strategi mencari tiket pesawat murah melalui promo. Semoga bermanfaat, Bela.

Baca Juga: Siap-Siap Liburan! Ini Jadwal Libur Resmi 2019 dari Pemerintah