Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Film Adaptasi Novel yang Rilis Tahun 2019

Ada favoritmu?

Tita Florita

Memvisualisasikan sebuah novel masih menjadi salah satu inspirasi pekerja seni. Biasanya novel-novel yang punya cerita bagus, banyak dibicarkakan, hingga memperoleh penjualan terbaik. Tahun 2019 juga banyak film yang diadaptasi dari sebuah novel. Ini karena Hollywood masih mencari hal kreatif yang bisa disampaikan dari sebuah novel.

Di ujung tahun 2019, ternyata ada beberapa film adaptasi novel yang punya cerita menarik. Kamu bisa nonton sebagai hiburan akhir tahun. Kalau sudah terputar di saluran televisi kabel, nggak ada salahnya untuk nonton. Kamu pun bebas memilih, mau baca novelnya atau nonton filmnya terlebih dulu.

1. The Boy Who Harness The Wind

Bukunya rilis tahun 2010 dan ditulis oleh William Kamkwamba. Sedangkan filmnya rilis pada tanggal 1 Maret 2019 di Netflix. Dibintangi oleh Maxwell Simba, Chiwetel Ejiofor, dan Aïssa Maïga. Film yang berdurasi 1 jam 53 menit ini memberikan banyak pesan bagi penontonnya. Salah satunya adalah bisa bermanfaat untuk lingkungan sekitar. Butuh suatu penyegaran karena merasa hidup kamu jalan di tempat, film ini wajib kamu tonton.

Menceritakan tentang anak berumur 13 tahun, bernama William Kamkwamba yang menyelamatkan desa dan penduduknya di Malawi dari kelaparan. Yang ia lakukan adalah membangun turbin angin. Ia merasa dengan membangun turbin tersebut, kehidupan yang baru bisa dimulai. Melihat nama penulis dan tokoh utamanya kamu bisa tahu kalau ini kisah nyata yang inspiratif.

2. Five Feet Apart

Film ini tayang pada 15 Maret 2019 dan banyak menarik perhatian karena ceritanya. Kalau belum tahu, Five Feet Apart merupakan adaptasi novel dengan judul yang sama. Novelnya terbit tahun 2018 dan ditulis oleh Rachael Lippincott. Jarak yang pendek dari terbitnya novel hinggal rilisnya film menjadi salah satu faktor kalau buku ini banyak yang baca. Menjadi penjualan terbaik di beberapa toko buku. Filmnya dibintangi oleh Harley Lu Richardson, Cole Sprouse, dan Moises Arias.

Menceritakan tentang dua pemuda yang berjuang dan bertahan hidup dengan sakit yang diderita. Hubungan mereka diceritakan menjadi dekat dan berpacaran. Namun, mereka harus menjaga jarak sepanjang 5 langkah. Karena, jika mereka bersentuhan akan menimbulkan dampak yang bahaya. Penasaran dengan akhir cerita, baca atau tonton filmnya.

3. The Aftermath

Cerita dengan latar belakang Perang Dunia II masih menjadi sesuatu yang menarik. Karena bisa mengambil sudut pandang dari beragam sisi. Begitu juga dengan kisah ini yang mengambil latar belakang tersebut. Buku ini rilis pada tahun 2013 dan ditulis oleh Rhidian Brook. Sedangkan filmnya mulai ditayangkan pada 15 Maret 2019 lalu. Dibintangi oleh Keira Knightley, Alexander Skarsgård, dan Jason Clarke sebagai tokoh utama.

Menceritakan tentang pindahnya keluarga kecil ke kota baru setelah Perang Dunia II usai di kota Hamburgh, Jerman. Seorang kolonel dan istrinya tinggal di rumah baru, ia ditugaskan untuk memperbaiki kota yang rusak akibat Perang Dunia. Namun, tinggal di rumah tersebut menimbulkan permasalahan baru bagi mereka yang disebabkan oleh penghuni rumah sebelumnya.

4. Pet Sematary

Salah satu karya Stephen King yang bisa kamu baca di waktu senggang, bukunya terbit tahun 2018. Masih tergolong buku baru dan bisa kamu dapatkan di toko buku. Filmnya sendiri rilis pada 5 April 2019. Dibintangi oleh Amy Seimetz, Jason Clarke, dan John Lithgow. Buku dan filmnya tergolong ke dalam genre misteri, akan banyak hal yang menegangkan dan penasaran. Ternyata, film dengan judul yang sama pernah dibuat pada tahun 1989.

Ceritanya tentang seorang Dr Lewis Creed yang memutuskan untuk mengambil pekerjaan baru dan pindah ke suatu tempat bersama dengan keluarganya. Mereka tinggal di Ludlow, kawasan yang tenang dan sepi. Awalnya memang terlihat baik-baik saja. Sampai pada suatu ketika, ada sebuah pemakaman khusus untuk hewan peliharaan. Dan, ada batas yang tidak boleh dilalui. Filmnya gelap dan penuh dengan kejutan.

5. The Kitchen

Film yang bergenre kriminal ini menarik untuk ditonton. Sebab, kamu tidak akan melihat para gangster yang biasa. Ceritanya pun mengambil sudut pandang yang menarik. Film ini diadaptasi dari novel dengan judul yang sama, terbit tahun 2015. Ditulis oleh Ollie Masters. Sedangkan filmnya rilis pada 8 Agustus 2019, dibintangi oleh Melisa McCarthy, Tiffani Haddish, Elisabeth Moss, dan lainnya.

The Kitchen menceritakan tentang istri anggota gerombolan yang mana suami mereka ditahan polisi karena terbukti melanggar hukum. Untuk mencukupi kebutuhan ekonominya, mereka mau tidak mau menggantikan profesi suaminya. Banyak hal menarik ketika profesi diambil alih. Mereka bertemu dengan mafia kelas atas dan mengatur strategi agar tujuannya berhasil.

6. Where’d You Go Bernadette

Orang yang kreatif pasti punya banyak cara untuk tetap berkarya. Novel ini ini ditulis oleh Maria Semple dan terbit pada tahun 2012. Dan filmnya dibintangi oleh Cate Blanchett, Kristen Wiig, Billy Crudup, Emma Nelson, Judy Greer, dan lainnya. Film Where’d You Go Bernadette ini rilis pada 16 Agustus 2019. Baik novel dan filmnya bergenre komedi. Tapi, banyak sekali pesan dan inspirasi yang bisa diambil. Cerita tentang perempuan bernama Bernadette yang mempunyai keluarga kecil.

Ia berusaha yang terbaik untuk keluarganya. Sebenarnya, Bernadette adalah seorang arsitek. Namun, ia meninggalkan profesinya. Tentu saja ini bukan hal yang mudah. Pada suatu hari, ia kabur meninggalkan keluarganya untuk meraih minat yang sudah lama terpendam. Pergi ke Antartika untuk menjalankan suatu proyek.

7. After

Salah satu cerita yang awalnya ditulis di Wattpad oleh Anna Todd, kemudian dijadikan novel pada tahun 2014. Filmnya sendiri rilis pada 12 April 2019. After dibintangi oleh Josephine Langford dan Hero Fiennes Tiffin. Bagi yang sudah nonton film maupun baca, akan lebih memilih versi Wattpadnya. Kalau penasaran kamu bisa buktikan sendiri. Film ini tergolong ringan, bergenre drama, walaupun ada permasalahan yang diangkat di dalamnya.

Menceritakan tentang seorang perempuan muda bernama Tessa, seorang mahasiswa, yang harus menyesuaikan diri dengan lingkungan, karena berada di tempat baru. Kemudian, ia bertemu dengan Hardin yang juga mahasiswa. Karakter Hardin di film ini menjadi orang yang bebas, namun misterius. Dalam beberapa kesempatan mereka berdua terlibat, lalu saling jatuh cinta.

Selamat nonton.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration