Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Sebelum Menjadi Ratu Horor, Beginilah Kisah Hidup Suzzanna

Siapa di sini yang diam-diam ngefans sama Suzzanna?

Tyas Hanina

Nama Suzzanna sudah sangat melekat dengan sederetan judul film horor yang dibintanginya. Sebut saja, “Bernapas dalam Kubur” (1970) atau “Ratu Ilmu Hitam” (1981). Berdasarkan data yang dilansir dari Wikipedia, Suzzanna sudah bermain dalam 42 film, yang tentunya seperti yang kita ketahui, mayoritas memang mengandung unsur mistik di dalamnya.

Perempuan kelahiran Bogor Tahun 1942 ini memang sudah melegenda pada kancah sinema Indonesia. Sebelum mulai memamerkan akting ciamiknya sebagai hantu, ternyata Suzzanna punya sederatan riwayat menarik dalam hidupnya, lho!

1. Darah campuran

Dok_Internet

Suzzanna Martha Frederika van Osch adalah nama panjang ratu horror ini. Darah campuran yang mengalir di tubuhnya ini mungkin bisa kita amati dari paras wajahnya yang khas dan namanya yang panjang. Suzzanna merupakan anak keturunan campuran Jerman, Belanda, Manado, juga Jawa.

2. Lahir dari keluarga seniman

Dok_Internet

Sang Ayah merupakan pemain sandiwara, sedangkan Ibunda Suzzanna berkarier sebagai penyanyi. Nggak heran kalau pada akhirnya, si bungsu dari lima bersaudara ini memutuskan untuk terjun ke dunia hiburan ya!

3. Menjadi aktris ketika masih berusia belia

Dok_Internet

Film perdananya, “Darah dan Doa” (1950) merupakan garapan Usmar Ismail. Suzzanna  memerankan tokoh dalam film itu ketika masih berusia delapan tahun.

4. Pernah main film drama musikal

Dok_Internet

Suzzanna kembali bertemu dengan Usmar Ismail ketika mengikuti audisi film “Asmara Dara”, sebuah film drama musikal yang dirilis tahun 1958. Walaupun sempat merasa gugup, Suzzanna berhasil lolos dengan adegan akting mengangkat teleponnya.

5. Menang penghargaan festival film

Dok_Internet

Peran “Ina” sebagai gadis yang lugu dalam film "Asmara Dara" ternyata menarik perhatian banyak orang. Pada Festival Film Asia ke-7 yang bertempat di Tokyo, Suzzanna berhasil terpilih sebagai aktris anak terbaik. Selain itu, Suzzanna juga berhasil menyabet penghargaan dari Golden Harvest Award dan gelar Aktris Terpopuler se-Asia dalam Festival Film Asia Pasifik di Seoul pada tahun 1972.

6. Menikah muda

Dok_Internet

Pada usia ke-18 tahun, Suzzanna melangsungkan pernikahan dengan Dicky Suprapto tahun 1960. Pasangan suami istri ini sempat mendirikan perusahaan film Tidar Djaja Film dan memproduksi beberapa film ternama seperti “Tuan Tanah Kedawung” dan “Beranak Dalam Kubur”.

Selain berkarya pada bidang film, Suzzanna dan Dicky sempat berkolaorasi di bidang tarik suara dengan merilis album yang berjudul “Salah Sangka”.

7. Mengalami beberapa prahara rumah tangga

Dok_Internet

Pasca berpisah dengan Dicky, Suzzanna tinggal bersama dua anaknya yaitu Arie Adrianus Suprapto dan Kiki Maria. Anak perempuannya mengikuti langkah Suzzanna untuk berkarier dalam dunia hiburan. Sementara, kabar duka datang menimpa Ari Adrianus. Setelah itu, Suzzanna hidup bersama dengan Clift Sangra.

8. Punya beberapa ritual khusus

Dok_Internet

Bela, kamu mungkin pernah mendengar kabar tentang kebiasaan Suzzanna makan bunga melati. Hal ini ternyata dibenarkan oleh kesaksikan Kiki Maria dan Clift Sangra lho. Selain itu, Suzzanna  juga sering melakukan yoga di kamarnya, dan bermeditasi pada dini hari.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration