Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Doa Penangkal Santet dalam Islam Paling Ampuh!

Jaga diri lewat amalan doa

Nindi Widya Wati

Indonesia memang dikenal dengan masyarakatnya yang kerap percaya akan adanya hal mistis, Bela. Termasuk, jika membicarakan hal terkait ilmu hitam, sihir, hingga santet. 

Namun, tahukah kamu bahwa dari hal tersebut banyak orang yang bisa terganggu jiwanya, lho. Di antaranya, ada orang yang merasa linglung hingga sakit bertahun-tahun, Bela.

Maka dari itu, ada baiknya biasakan diri untuk membaca doa penangkal ilmu hitam. Nah, kira-kira apa sih doanya? Serta, bagaimana cara tahu penyebab seseorang terkena gangguan ilmu hitam? 

Yuk, simak di bawah ini ya, Bela! 

1. Baca Alquran dan Zikir

Pexels.com

Sebab bisa menimpa siapa saja, ada baiknya menjaga diri dengan mengamalkan doa penangkal ilmu hitam. Doa penangkal yang dapat kamu baca adalah beberapa surat dan ayat Alquran.

Ada beberapa surat di Alquran yang mampu mencegah santet. Surat tersebut adalah surat Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas. Agar terjaga dari gangguan santet dan sihir, setiap malam kamu dapat membaca surat Al-Fatihah, Al-Ikhlas 3 kali, Al-Falaq 3 kali, dan An-Nas 3 kali. Lalu, tiupkan udara dari mulut ke tangan dan usapkan ke seluruh tubuh, Bela.

Pastikan untuk membaca surat ini secara ikhlas dan istikamah agar tubuhmu benar-benar terjaga dari gangguan ilmu hitam. Kamu juga dapat melakukan zikir secara rutin untuk menangkal santet memasuki tubuhmu.

2. Dikenal sebagai jalur pengobatan

Pexels.com

Membaca surat dan ayat dalam Alquran juga merupakan jalur pengobatan alternatif bagi jiwa, atau dikenal sebagai rukiah yang mampu mencegah dan menghilangkan santet dari tubuh. Hal ini juga tertulis di hadis riwayat Abu Daud nomor 2884 dan Tirmidzi nomor 257, yang berisi:

Tidak ada rukiah kecuali pada penyakit karena mata hasad (dengki) atau karena sengatan binatang.” 

Nah, bagi kamu yang sudah merasa sangat terganggu, rukiah bisa jadi solusi, Bela!

3. Doa penangkal santet

Pexels.com

Doa penangkal santet paling ampuh berikutnya adalah doa Nabi Muhammad SAW untuk cucunya, Hasan dan Husain. Doa tersebut dikenal mampu menangkal sihir dari anggota keluargamu dan rumahmu.

Doa ini juga tertulis di hadis riwayat Bukhari nomor 3371.

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لاَمَّةٍ

Audzu bi kalimaatillahit tammati min kulli syaithonin wa haammatin wa min kulli ‘ainin laammatin 

Artinya: "Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang telah sempurna dari godaan setan, binatang beracun, dan pengaruh ‘ain yang buruk."

4. Doa penangkal sihir

Pexels.com

Jika kamu ingin menghilangkan sihir dari tubuhmu, maka berikut adalah doa penangkal sihir yang bisa kamu amalkan.

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Bismillahilladzii laa yadhurru ma’asmihii syai-un fil ardhi walaa fissamaa-i wa huwas samii’ul ‘aliim

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah yang tidak membahayakan sesuatu bersama nama Allah di bumi dan di langit. Allah adalah Zat Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

5. Penyebab terkena santet

Pexels.com

Santet dan sihir dapat menimpa siapapun. Namun umumnya, santet terjadi karena si penerima telah lalai mengingat Allah SWT. Terdapat beberapa hal yang menyebabkan santet terjadi, yaitu:

  • Penerima telah lalai dan tidak lagi mengingat Allah SW
  • Penerima tidak lagi taat dan beribadah atau salat sesuai yang diajarkan Allah SWT
  • Penerima tidak lagi membaca zikir pada pagi, siang, sebelum tidur, dan ketika memasuki kamar mandi

Penyebab itu juga dituliskan di surat Az-Zukhruf ayat 36 yang berisi:

وَمَنْ يَعْشُ عَنْ ذِكْرِ الرَّحْمَنِ نُقَيِّضْ لَهُ شَيْطَانًا فَهُوَ لَهُ قَرِينٌ

Artinya: “Barangsiapa yang berpaling dari pengajaran Rabb Yang Maha Pemurah (Al-Qur’an), Kami adakan baginya setan (yang menyesatkan), maka setan itulah yang menjadi teman yang selalu menyertainya." 

Itulah, ulasan tentang doa penangkal ilmu hitam seperti santet ataupun sihir yang ternyata dapat menimpa siapapun. Lalu, adakah doa serta penyebab lain yang kamu ketahui, Bela? Bisa tulis di kolom komentar, ya

IDN Media Channels

Latest from Inspiration