Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Kumpulan Doa Tidur dan Artinya, Istirahat jadi Lebih Nyenyak

Sebagai bentuk syukur dan meminta perlindungan Allah SWT

Niken Ari Prayitno

Dalam ajaran agama Islam, semua kegiatan harus diawali dengan doa. Sebab, dengan berdoa, setiap kegiatan kita akan selalu dilindungi oleh Allah SWT dan atas izin-Nya semua akan berjalan dengan lancar.

Bukan hanya saat akan bekerja, sebelum tidur dan sesudah bangun tidur pun kita wajib membaca doa sebagai bentuk rasa syukur sekaligus meminta perlindungan kepada Allah SWT.

Berikut ini kumpulan doa tidur beserta arti dan manfaatnya. Apa saja?

1. Doa sebelum tidur

Unsplash.com/Christopher Jolly

Sebelum tidur, hendaklah kita membaca doa tidur berikut ini.

باسْمِكَ اللَّهُمَّ أَحْيَا وباسْمِكَ أمُوتُ 

Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut.

Artinya: “Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati.”

Selain membaca doa, sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW kita disunnahkan melakukan beberapa hal berikut ini. Tujuannya, supaya saat tidur Allah SWT melindungi kita dari sesuatu yang tidak kita inginkan.

  • Mengambil wudu
  • Membaca ayat kursi
  • Membaca dua kalimat syahadat
  • Membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas
  • Membaca dua ayat terakhir surat Al-Baqarah ayat 285-286
  • Membaca surat Al-Kafirun
  • Membersihkan tempat tidur
  • Mengusapkan telapak tangan ke seluruh bagian tubuh
  • Berbaring menghadap kanan.

2. Doa ketika terbangun dari tidur

freepik.com/stockking

Saat sedang tertidur, tidak jarang kita terbangun di tengah malam atau sebelum waktunya. Berikut doa tidur yang bisa dibaca untuk memperoleh ketenangan. 

لا إِلَهَ إِلا أَنْتَ سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ أَسْتَغْفِرُكَ لِذَنْبِي وَأَسْأَلُكَ رَحْمَتَكَ اللَّهُمَّ زِدْنِي عِلْماً وَلا تُزِغْ قَلْبِي بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنِي وَهَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ 

Lâ ilâha illâ anta. Subhânakallâhumma, astaghfiruka li dzanbî, wa as’aluka rahmataka. Allâhumma zidnî ‘ilmâ, wa lâ tuzigh qalbî ba‘da idz hadaitani, wa hab lî min ladunka rahmatan innaka antal wahhâb.

Artinya: “Tiada Tuhan selain Engkau. Mahasuci Engkau. Aku memohon ampun-Mu atas dosaku. Aku mengharapkan rahmat-Mu Tuhanku, tambahkan ilmuku. Jangan Kau sesatkan batinku setelah Kau berikan petunjuk padaku. Berikan aku rahmat dari sisi-Mu. Sungguh, Engkau maha pemberi.”

3. Doa sesudah bangun tidur

Unsplash.com/David Mao

Sama seperti sebelum tidur, saat bangun dari tidur, ada baiknya kita membaca doa berikut ini.

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

Alhamdullillahilladzi ahyaanaa ba'da maa amaatanaa wa ilaihin nushur.

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah Dia ‘mematikan’ kami, dan kepada-Nyalah kami dikembalikan.”

Setelah bangun tidur dan membaca doa, Rasulullah SAW mengajarkan umat Islam untuk melakukan kegiatan ini. Hal ini dilakukan sebagai bentuk syukur karena Allah SWT telah menjaga dan mengembalikan ruh kita.

  • Duduk dan mengusap wajah
  • Membaca sepuluh ayat terakhir Surat Ali-Imran
  • Mencuci tangan
  • Membersihkan hidung
  • Menggosok gigi
  • Berwudu
  • Salat.

Manfaat doa sebelum dan sesudah bangun tidur

Unsplash.com/Greg Rivers

Bukan hanya sebagai pengingat diri kepada Allah SWT sebagai Sang Maha Pemilik Kehidupan, doa sebelum dan sesudah bangun tidur memiliki banyak manfaat. Manfaat dari doa tidur adalah sebagai berikut.

Manfaat membaca doa sebelum tidur

Unsplash.com/Mark Champs

Saat tertidur, manusia tetap membutuhkan pertolongan Allah SWT. Dengan membaca doa tidur, kita dapat terhindar dari mimpi buruk, terhindar dari gangguan setan, dan tetap dapat bangun kembali di keesokan harinya.

Manfaat membaca doa bangun tidur

Unsplash.com/Neonbrand

Ketika tidur, bisa saja kita tidak bangun lagi. Maka dari itu, ketika bangun tidur dan kita masih bisa merasakan kehidupan, sebaiknya kita bersyukur kepada Allah SWT dengan cara berdoa.

Membaca doa tidur setelah bangun merupakan bentuk syukur karena Allah SWT masih menjaga kita saat tidur dan memberikan kesempatan kepada kita untuk bangun serta menjalankan aktivitas seperti biasa.

Itulah kumpulan bacaan doa tidur beserta artinya. Semoga bacaan di atas dapat membuat kita semakin mengingat dan bersyukur kepada Allah SWT. Aamiin.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration