Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Daftar 10 Agama Terbesar di Dunia dengan Pemeluk Terbanyak

Nomor satu berjumlah 32% penduduk dunia

Natasha Cecilia Anandita

Agama adalah sebuah kepercayaan yang dianut oleh hampir seluruh masyarakat dunia. Agama sendiri merupakan keyakinan, yang berasal dari sistem budaya dan pandangan dunia, yang menghubungkan setiap manusia dengan tatanan kehidupan. Terdapat kurang lebih 4.200 agama di dunia saat ini menurut beberapa perhitungan.

Berbagai agama tersebut memiliki pengikut yang jumlahnya beragam. Berikut ini ada 10 urutan agama terbesar di dunia dengan pemeluk terbanyak, melansir dari worldpopulationreview.com versi 2021. Penasaran siapa yang menjadi yang pertama? Mari kita hitung mundur dari artikel di bawah ini!

10. Muisme (10 juta pengikut)

wikimedia.org/hplouffe

Muisme atau yang biasa dikenal dengan Shamanisme Korea, dicirikan dengan pengadaan upacara gut yang beraneka ragam, untuk melakukan kontak antara manusia dengan alam roh. Agama ini sangat erat kaitannya dengan budaya dan sejarah tradisional Korea.

Shamanisme Korea menggabungkan berbagai kepercayaan dan praktik yang dipengaruhi agama asli Korea, yaitu Buddha dan Taoisme. Agama ini biasanya menggunakan praktisi perempuan yang disebut mudang. Ia bertugas untuk melakukan kontak antara dewa dan manusia.

9. Taoisme (12 juta pengikut)

wawasansejarah.com

Taoisme merupakan agama terbesar selanjutnya yang berkembang di Tiongkok sejak lebih dari 2.000 tahun yang lalu. Dengan Laozi sebagai pendirinya, agama Tao sudah memiliki jumlah pemeluk mencapai 12 juta.

Taoisme adalah sebuah aliran filsafat yang mempelajari kehidupan alam berasal dari Tiongkok. Taoisme muncul pada era akhir Dinasti Han Timur dan akar-akar pemikirannya telah ada setelah agama Ruisme atau Kong Jia. 

8. Yudaisme (14 juta pengikut)

pixabay.com/siddur

Yudaisme atau agama Yahudi, adalah agama asli bangsa Yahudi dan juga menjadi agama tertua. Pada tahun 1300 SM, agama ini didirikan oleh Abraham (Ibrahim) beserta keturunannya yang sekarang dinamakan orang Yahudi. Mereka hanya percaya pada satu Tuhan.

Para pengikut dari agama ini disebut sebagai orang Yahudi yang terpisah menjadi tiga cabang sekte atau golongan, yakni Yudaisme Ortodoks, Yudaisme Konservatif, dan Yudaisme Reformasi.

7. Sikhisme (30 juta pengikut)

lontar.id

Didirikan pada 1469-1539 M oleh Guru Nanak di negara bagian Punjab, India. Sikhisme adalah agama Dharma terbesar ketiga yang diikuti oleh pengikut dengan sebutan 'Sikh', yang identik dengan penggunaan turban bagi laki-laki. Kitab suci dari agama ini adalah Guru Granth Sahib yang pada awalnya ditulis dalam naskah Gurmukhi.

6. Shinto (104 juta pengikut)

histclo.com

Shinto adalah agama yang berkembang di Jepang pada abad ke-8 Masehi, dengan jumlah pemeluk saat ini sekitar 104 juta orang. Agama ini mengajarkan untuk memuja dan berbakti kepada raja.

Agama Shinto cenderung memiliki dasar dari praktik budaya di Jepang. Agama ini memadukan pemujaan pada gejala-gejala alam dan meyakini bahwa semua benda—baik yang hidup atau mati—dipandang sebagai ruh atau spirit yang wajib dihormati.

5. Agama Tradisional Tionghoa (430 juta Pengikut)

wikipedia.com

Agama Tradisional Tionghoa yang berpengikut sebesar 5,50% populasi dunia ini menduduki posisi ke lima sebagai agama terbesar di dunia. Kepercayaan ini ialah tradisi kepercayaan rakyat yang dipercayai oleh kebanyakan bangsa Tionghoa dari suku Han.

Kepercayaan ini tidak mempunyai kitab suci resmi dan sering merupakan perpaduan antara beberapa kepercayaan atau filsafat seperti Konfusianisme, Taoisme, dan Buddhisme. Dalam kepercayaan ini, ada dua ritual penghormatan penting yang dilakukan yaitu penghormatan pada leluhur dan penghormatan pada dewa-dewi.

4. Buddha (507 juta pengikut)

pexels.com/suraphatnuea-on

Berpengikut hingga setengah miliar orang, agama Buddha menjadi agama terbesar ke empat dengan pemeluk terbanyak.  Pada tahun 600 SM, Siddharta Gautama yang dikenal sebagai Buddha, mendirikan agama ini. Sebagai agama Dharma yang sama seperti Hindu, ajaran dari agama ini didasari oleh kehidupan setelah kematian, karma, dan reinkarnasi. Kitab suci dari agama ini sendiri adalah Tripitaka yang berarti Tiga Keranjang.

3. Hindu (1,16 miliar pengikut)

pexels.com/artembali

Di posisi ke tiga ada agama Hindu yang memiliki pengikut sebanyak 15% populasi dunia. Pengikut agama ini dominan bertempat tinggal di Asia Selatan terutama India dan Nepal. Di Indonesia sendiri, daerah Bali lah yang masyarakatnya dominan beragama Hindu. Agama ini menjadi agama tertua di dunia yang masih bertahan hingga saat ini.

2. Islam (1,91 miliar pengikut)

pixabay.com/chzaib

Agama Islam mendominasi kepercayaan penduduk dunia sekitar 24,2% dengan jumlah 1,8 miliar pengikut. Didirikan oleh Nabi Muhammad pada tahun 610 M, agama Islam diikuti oleh muslim yang memercayai Allah, Muhammad sebagai Rasul Allah, Sunnah, dan Alquran sebagai kitabnya. Komunitas muslim sendiri terdiri dari dua kelompok, yakni Syiah dan Sunni.

1. Kristen (2,38 miliar pengikut)

pixabay.com/congerdesign

Agama pertama yang paling banyak pemeluknya adalah agama Kristen dengan 2,5 miliar orang. Kristen mendominasi 33,5% penduduk bumi. Agama Kristen berfokus pada ajaran Yesus Kristus sebagai pedoman kehidupan. Kini agama Kristen telah terbagi dalam kelompok dan denominasi. Tiga jenis komunitas terbesarnya yaitu Ortodoksi Timur, Katolik Roma, dan Protestan.

Itu dia 10 agama terbesar di dunia dengan pemeluk terbanyak. Mana yang membuat kamu penasaran?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration