Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Bisnis Online Tanpa Modal yang Menguntungkan, Yuk Coba!

Cocok untuk pelajar hingga mahasiswa

Nafi' Khoiriyah

Memulai bisnis di era digital seperti sekarang tidak perlu modal yang besar, kok. Ada berbagai bisnis online tanpa modal yang bisa kamu coba. 

Kamu hanya memerlukan kreativitas, perangkat, dan juga jaringan internet untuk memulai bisnis online. Jangan khawatir, bisnis berikut ini bukan hanya diperuntukkan kepada mereka yang sudah ahli saja, tetapi untuk semuanya.

Bahkan, pelajar sampai ibu rumah tangga bisa memanfaatkan peluang ini sebagai sumber penghasilan. Berikut ini adalah bisnis online tanpa modal yang bisa kamu pilih. 

1. Blogger

freepik.com/rawpixel.com

Bisnis online pertama bisa kamu mulai dengan menjadi seorang blogger. Saat memiliki blog, kamu tentu perlu membuat tulisan yang bisa dinikmati pembaca tanpa modal sedikitpun. 

Jika blog milikmu sudah memiliki performa dan traffic yang tinggi, maka bukan tidak mungkin akan dilirik untuk promosi brand.

Pada intinya, semakin banyak pengunjung yang membaca blog milikmu, makin tinggi pula hasil yang kamu dapatkan. 

2. YouTuber

freepik.com/drobotdean

Kamu tentu sudah mengenal beberapa nama YouTuber yang sukses dari kariernya membuat video YouTube. Namun, siapa sangka ternyata YouTuber adalah salah satu bisnis online tanpa modal? 

Ya, setiap orang bisa mengunggah video di YouTube kemudian melakukan monetisasi. Nantinya, kamu bisa mendapatkan penghasilkan dari afiliasi, iklan, atau penjualan produk. 

3. Affiliate marketing

freepik.com/rawpixel.com

Istilah affiliate marketing mungkin masih asing di telinga banyak orang. Pada dasarnya, bisnis ini bisa dilakukan tanpa modal dengan cara mempromosikan produk pihak lainnya. 

Jika kamu menjadi affiliate marketing, maka brand akan memberikan komisi berdasarkan kesepakatan yang ditentukan.

Hal yang perlu kamu lakukan adalah mendaftarkan diri untuk program afiliasi, kemudian menawarkan produk atau layanan kepada pelanggan dengan link yang sudah diberikan. 

4. Kursus online

Pexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Setelah pandemi, masyarakat kemudian banyak memanfaatkan online meeting sebagai media untuk belajar. Hal itu membuat banyak orang berminat untuk mengikuti kursus atau les secara online. 

Misalnya, kamu bisa membuka kursus bahasa asing atau les untuk pelajar sekolah. Bisnis ini mudah dilakukan dan bisa menambah penghasilan tanpa harus memiliki modal berupa uang. 

5. Content creator

freepik.com/DCStudio

Seiring dengan perkembangan teknologi, media sosial juga kini makin beragam bentuknya. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, sampai TikTok, semuanya bisa dimanfaatkan sebagai media bisnis. 

Bisnis online tanpa modal ini adalah sebagai content creator yang bertugas membuat konten menarik. Bukan hanya berupa foto saja, tetapi juga video yang menarik. 

6. Freelance writer

freepik.com/pressfoto

Memiliki kemampuan menulis yang cukup bagus bisa menjadi modal yang cukup untuk bisnis online. Kamu bisa menjadi seorang freelance writer yang menulis untuk konsumen. 

Bisnis ini bisa menjanjikan karena sudah banyak brand yang memasarkan produknya melalui blog. Namun, jangan lupa untuk membuat portofolio agar calon pelanggan percaya. 

7. Influencer

freepik.com/Drazen Zigic

Perlu ditekankan kalau influencer berbeda dengan artis. Influencer adalah figur yang mempromosikan produk dengan tarif tertentu. Strategi ini sekarang banyak dipakai untuk menjual berbagai produk. 

Kalau tertarik menjadi seorang influencer, jangan lupa pahami tingkatannya, mulai dari nano sampai mikro. Selain itu, jangan lupa membangun branding sebagai influencer di Instagram maupun media sosial lainnya. 

8. Desain grafis

freepik.com/ArthurHidden

Desain grafis juga menjadi bisnis online tanpa modal yang tak jauh berbeda dengan penulisan. Bisnis ini cocok untuk mereka yang mempunyai skill desain yang bagus. 

Untuk memulainya, kamu bisa mencoba bergabung dengan berbagai platform desain grafis. Namun, jangan lupa siapkan portofolio sebelumnya untuk meyakinkan para pengguna jasa desainmu. 

9. Dropshipper

freepik.com/pressfoto

Hampir sama dengan affiliate marketing, dropshipper adalah bisnis yang menjual produk orang lain. Nantinya, pelaku dropshipper akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga. 

Sebagai dropshipper, kamu pun tidak perlu khawatir harus menyimpan barang sebelum terjual. Sebab, dropshipper bisa bekerjasama dengan supplier untuk memasarkan produk mereka lewat media lain. 

10. Copywriter

freepik.com/lookstudio

Berbeda dengan freelance writer, copywriter adalah teknik marketing yang mengandalkan visual untuk iklan. Seorang copywriter harus bisa menarik pembeli dengan tulisan dan gambar yang dibuatnya. 

Meski terdengar simpel, tetapi membuat kalimat yang menarik ternyata tidak mudah, lho. Namun jika ditekuni, bisnis tanpa modal ini cukup menjanjikan. 

Macam-macam bisnis online tanpa modal di atas bisa jadi peluang untuk kamu yang sedang merintis bisnis. Jadi tunggu apalagi, mulai bisnismu dari sekarang, yuk!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration