Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Makna Emoji yang Sebenarnya, Berbeda Jauh dari Visualnya!

Kamu akan kaget dengan makna emoji kotoran berwajah!

Mariana Politton

Dunia digital telah mengubah cara orang berkomunikasi. Tidak lagi mengandalkan tulisan berupa kata maupun kalimat yang bersifat explaining maupun describing. Siapapun dapat memilih satu atau lebih emoji yang langsung merepsentasikan maksud dan tujuan.

Namun, tahukah kamu? Emoji-emoji yang kerap kamu gunakan memiliki makna tersendiri yang cukup mengejutkan. Beberapa bahkan tidak memiliki makna yang sejalan dengan tujuan penggunaan yang umumnya dilakukan oleh kamu dan kebanyakan orang lainnya.

Berikut adalah 10 arti emoji yang sebenarnya sampai-sampai bisa membuatmu takjub dan nggak nyangka. Apakah ada makna dark tertentu yang tersimpan di baliknya?

Eits, sebelumnya, bagaimana jika kita mengintip sejarah munculnya emoji terlebih dahulu?

Sejarah emoji

sproutsocial.com

Entah kaomaji atau emoji khas Jepang hingga emoji modern saat ini, kamu pasti familiar dengan semuanya, bukan? Namun, bagaimana jika berbicara mengenai sejarah awal?

Melansir dari Cosmopolitan UK, emoji nyatanya berawal dari sebuah layanan pager. Tepatnya pada akhir tahun 1990-an, sekelompok karyawan di sebuah perusahaan telekomunikasi menciptakan kumpulan emoji pertama sebagai upaya untuk membedakan layanan pager dari apa yang umum dihadirkan oleh mayoritas perusahaan pesaing lainnya.

Namun, ciptaan tersebut yang dihadirkan dalam bentuk kartun ilustratif mungil tersebut tidak meraih popularitas dan tidak digunakan secara luas. Sampai akhirnya memasuki tahun 2007, Apple pun memperkenalkan iPhone pertama dengan sebuah keyboard emoji.

Tahukah kamu? Menghadirkan keyboard emoji tersebut sebenarnya merupakan paksaan dan dilakukan dengan 'menguburkannya' ke dalam operating system, sebagai cara untuk menarik emoji yang sekaligus menuntut pasar Jepang itu sendiri. 

Akan tetapi, siapa sangka, orang-orang di luar Jepang segera menemukan lambang-lambang kecil dari emoji tersebut sehingga akhirnya, menguasai seluruh penduduk dunia. Dari situ, emoji pun secara keseluruhan terus digunakan di situs jejaring sosial.

Balik ke pertanyaan awal, bagaimana dengan makna di balik emoji-emoji itu sendiri?

1. Perempuan menjentikkan rambut

metro.co.uk

Tujuan umum: ketika seseorang mengubah penampilan dengan potongan rambut yang baru, maka emoji atau simbol tangan menjentikkan rambut dapat merepresentasikannya. Selain itu, simbol ini juga kerap ditujukan untuk selesai menyodorkan sesuatu dalam chat.

Makna yang sebenarnya: siapa sangka, emoji perempuan menjentikkan rambut nyatanya mengilustrasikan seorang karyawan pemberi informasi di meja kantor atau customer service. Tidakkah seharusnya emoji ini turut dilengkapi dengan meja dan telepon? 

2. Dua tangan di atas kepala perempuan

Twitter.com/emojipedia

Tujuan umum: selalu ada banyak cara untuk mengekspresikan kesukaanmu atau betapa cintanya kamu terhadap sesuatu atau seseorang. Salah satunya dengan emoji berupa perempuan dengan dua tangan di atas kepalanya. It's really about love, isn't it?

Makna yang sebenarnya: jelas, kedua tangan di atas kepala perempuan yang terpampang pada emoji tersebut tidak berbentuk hati melainkan nyaris seperti bulat. Artinya adalah okay atau baik dan setuju. Okay, ladies!

3. Saudara kembar menari

nebusinessmirror.com

Tujuan umum: simbol yang mengekspresikan kegembiraan di dalam sebuah kumpulan perempuan. Sebelum atau sesudah pesta di malam hari, si Kembar yang menari kompak akan mereprensetasikan keseruan yang dialami serta antusias yang dirasakan.

Makna yang sebenarnya: fokus pada dua garis hitam di kepala si Kembar, keduanya mengilustrasikan telinga kelinci. Artinya mengarah pada 'Bunny Girls' yang sebenarnya merepresentasikan simbol untuk sex appeal, seperti pada cosplay atau playboy bunnies.

4. Tangan berdoa

positivelyscottish.scot

Tujuan umum: setiap orang memiliki permohonan yang ingin diekspresikan dengan emoji yang memperlihatkan dua telapak tangan merapat seperti ketika berdoa. Selain itu, simbol ini dapat diarahkan untuk menyetujui sesuatu sambil mengharapkan yang terbaik.

Makna sebenarnya: dalam budaya Jepang, simbol dengan dengan telapak tangan merapat sebenarnya ditujukan sebagai ekspresi untuk meminta maaf atau sekadar menunjukkan gratitude. Namun, beberapa meyakini sebagai tepuk tangan atau high five.

5. Tangan mengindikasikan berhenti

metro.co.uk

Tujuan umum: sebagaimana wujudnya, maka emoji ini memang sering dianggap sebagai dua tangan yang mengindikasikan untuk berhenti. Seperti ketika seseorang sedang menyodorkan pertanyaan tebakan terus-menerus dan kamu memohonnya untuk berhenti.

Makna yang sebenarnya: mengikuti budaya yang berkembang di Jepang, emoji tersebut nyatanya mengilustrasikan dua telapak tangan yang tersebut dengan arti keterbukaan dan siap untuk sebuah pelukan. Wah, ternyata artinya berbalikan dari negatif menjadi positif!

6. Bintang jatuh

crepance-idolatrised-spelean.xyz

Tujuan umum: sebagaimana arti sebuah bintang jatuh, simbol ini sering kali dihubungkan pada hal-hal yang mengarah pada impian atau inspirasi. Namun, tidak jarang emoji bintang jatuh ditujukan untuk sekadar mempercantik caption atau postingan foto dan video.

Makna yang sebenarnya: pada kenyataan, simbol ini bukanlah bintang jatuh melainkan bintang yang kerap diilustrasikan berputar-putar di sekitar kepala pada sebuah kartun. Tepatnya, simbol ini memang mengarah pada kondisi pusing dan ditujukan untuk mengomunikasikan gejala terkait kepada dokter melalui penggunaan emoji.

7. Cemas dan keringat dingin

goodhousekeeping.com

Tujuan umum: mulai dari ekspresi wajah yang terpampang pada emoji sekaligus setetes air yang sepertinya mengarah pada keringat dingin, kamu pun menggunakannya ketika cemas dan khawatir terhadap sesuatu, seperti berteriak, "Bagaimana ini?"

Makna yang sebenarnya: secara teknis berdasarkan Emojipedia, emoji dengan ekspresi wajah cemas dan keringat dingin tersebut nyatanya berarti "kecewa namun lega". Kamu pasti pernah mengalami dua emosi yang berlawanan menyatu menjadi satu, bukan?

8. Wajah dengan ingus yang keluar

emojipedia.org

Tujuan umum: sebagian momen kehidupan pasti meliputi kesedihan atau kelelahan, bukan? Dengan begitu emoji dengan ekspresi wajah dilengkapi ingus keluar dapat merepresentasikannya. Khususnya ketika kamu sedang ada tumpukan deadline.

Makna yang sebenarnya: percaya atau tidak, ingus yang keluar mengindikasikan air liur dari mulut. Sehingga emoji tersebut jelas mengarah pada keadaan sudah tertidur.

9. Tiga monyet dengan posisi tangan berbeda-beda

cosmopolitan.com

Tujuan umum: emoji berupa monyet kerap digunakan; satu yang menutup mata untuk mengindikasikan kamu malu atau enggan melihat, satunya yang menutup telinga untuk menolak mendengar dan satunya yang menutup telinga untuk tidak berbicara.

Makna yang sebenarnya: berdasarkan Emojipedia, emoji berupa tiga monyet dengan posisi tangan berbeda pada wajah adalah "three wise monkeys" yang berasal dari perubahaasa kuno asal Jepang. Artinya adalah tidak melihat kejahatan, tidak ingin mendengar kejahatan dan tidak akan berbicara mengenai kejahatan.

10. Kotoran dengan ekspresi wajah

nebusinessmirror.com

Tujuan umum: ada kalanya kita cukup iseng menggoda seorang teman dengan memberi emoji berupa kotoran. Biasanya tindakan ini hanya untuk meresponi sesuatu yang kita anggap garing atau tidak suka. Sebagai contoh ketika kamu tidak suka hoax, kan?

Makna yang sebenarnya: penampilan atau visualisasi yang terpampang jelas mengarah pada kotoran. Namun, simbol tersebut sebenarnya berarti good luck. Dalam budaya Jepang, itulah arti kotoran yang dipercayai. And who are we to judge, right?

Jadi, emoji mana yang paling sering kamu gunakan dan ternyata memiliki makna di luar nalar pemahamanmu? Kok bisa ya, arti sebenarnya seperti itu? Hahaha.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration