Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Mimpi Lari sampai Telanjang, Begini Tafsir Mimpi dalam Pandangan Islam

Ada tafsir yang baik, ada pula yang buruk

Firly Fenti

Ketika tidur, mimpi menjadi bagian yang terkadang tak terpisahkan. Setelah terbangun dari tidur, peristiwa yang sering disebut sebagai bunga tidur tersebut terkadang juga menjadi sebuah pertanyaan yang menggugah rasa penasaran. Berbagai peristiwa yang terjadi dalam mimpi tersebut membuat banyak orang yang mencari makna atau tafsir dari bunga tidurnya tersebut. 

Berbicara soal tafsir mimpi, ternyata ada banyak sekali perspektif yang bisa digunakan untuk melihat pemaknaan terhadap mimpi. Mulai dari perspektif primbon, psikologi, sampai dari perspektif Islam. 

Dalam Islam sendiri, mimpi itu bisa berasal dari Allah atau dari setan. Hal ini sesuai dengan hadis dari Al-Bukhari yang menyebutkan bahwa: 

“Mimpi sejati berasal dari Allah dan mimpi buruk berasal dari setan.” (Shahih Al-Bukhari) 

Nah, pada artikel kali ini, Popbela akan merangkum beberapa tafsir mimpi dalam perspektif Islam yang kerap kali dialami oleh banyak orang. Apa saja mimpi dan tafsirnya tersebut? Berikut hasil rangkuman Popbela menyoal tafsir mimpi yang sering dialami dalam Islam.

1. Tafsir mimpi hujan

Pinterest.com/Eastly and Joshua

Fenomena turunnya air ke bumi ini menjadi salah satu mimpi yang kerap kali dialami oleh banyak orang. Namun, pemaknaan terhadap mimpi hujan ini tidak bisa diartikan hanya satu makna. Hal ini dikarenakan hujan bisa dilihat dari dua sisi, yaitu sisi baik sebagai berkah, dan sisi buruk sebagai bencana. Lalu, apa saja tafsir mimpi hujan tersebut. Berikut hasil penelusurannya. 

  • Jika kamu bermimpi hujan pada daerah tertentu maka mimpi tersebut ditafsirkan sebagai simbol kesedihan dan kesengsaraan karena kamu akan kehilangan seseorang dalam hidupmu
  • Berbeda dari sebelumnya, jika kamu bermimpi hujan yang hanya turun di atas rumahmu, maka mimpi tersebut bisa jadi pertanda bahwa akan ada yang sakit di dalam rumah tersebut
  • Terakhir, jika kamu bermimpi sedang berteduh dari hujan, maka mimpi tersebut menjadi tanda bahwa tujuan hidupmu akan tertunda karena sakit atau masalah finansial  

2. Mimpi sedang bercermin

Pinterest.com/Ignant

Mimpi selanjutnya ialah mimpi sedang bercermin. Tak bisa ditafsirkan secara sempit, berikut beberapa tafsir mimpi ketika bercermin. 

  • Ketika kamu bermimpi sedang melihat orang sakit yang bercermin, maka orang tersebut tidak akan lama lagi meninggalkan dunia ini
  • Kalau kamu bermimpi pada cermin bewarna emas, maka mimpi tersebut ditafsirkan sebagai tanda akan meningkatnya keimanananmu dan kekayaanmu. Sebaliknya, jika kamu bermimpi di cermin bewarna perak, maka kamu akan kehilangan wibawa dan muncul berbagai macam masalah 

3. Mimpi berlari

Pinterest.com/Runnersworld

Mimpi selanjutnya yang paling banyak dialami oleh orang ialah ketika mereka berlari. Jika kamu pernah mengalaminya, simak beberapa tafsir mimpi berlari berikut. 

  • Kalau mimpimu berlari dari sesuatu yang berbahaya maka itu menandakan loyalitasmu terhadap sesuatu
  • Jika kamu mimpi sedang berlari sambil menunggangi kuda, maka mimpi tersebut bertanda bahwa permohonanmu akan segera dikabulkan
  • Terakhir, jika kamu bermimpi berlari tanpa takut maka mimpi tersebut ditafsirkan bahwa umurmu tak lama lagi

4. Mimpi telanjang

Pinterest.com/Freepik

Meskipun terdengar aneh, tapi mimpi ini banyak dialami oleh orang, lho. Adapun tafsir mimpi telanjang ialah: 

  • Kalau kamu mimpi telanjang itu bisa menjadi simbol dari kejelasan dan kemurnian batin, tapi juga bisa berupa pertanda adanya tindakan yang akan disesalkan di kemudian hari
  • Mimpi melihat diri sendiri telanjang berarti akan terlibat dalam sebuah skandal yang memalukan
  • Mimpi telanjang di tempat yang tak terlihat orang berarti ada musuh yang berniat mengungkap aib

5. Mimpi madu

Pinterest.com/Kitchenmagpie

Jika kamu mimpi minuman penuh khasiat ini, maka kamu patut senang. Pasalnya, mimpi ini memilik tafsir yang positif. Apa saja tafsir mimpi madu? Berikut tafsirnya. 

  • Madu yang kamu mimpikan bisa menjadi simbol dari kesuksesan dalam hal percintaan, bisnis, dan hal-hal lain yang menyangkut hubungan dengan orang lain.
  • Mimpi madu juga bisa bermakna kamu akan terlepas dari hal-hal buruk.

6. Mimpi jatuh dari ketinggian

unsplash.com/ChristofferEngstrom

Menurut Islam, jika kamu bermimpi jatuh dari ketinggian, biasanya sebagai pengingat bahwa kamu sedang ada kendala atau hambatan dalam hidupmu yang berupa karier atau kondisi keluarga. Jatuh itu sendir merupakan gambaran ketakutan kamu yang terdalam akan dampak buruknya. Cobalah lakukan salat tahajud untuk meminta petunjuk jalan yang terbaik dalam mengatasi kendala tersebut.

7. Mimpi dikejar binatang

dreamsmeaning.com

Melansir dari dreamastromeanings.com, bermimpi dikejar binatang buas bisa mengindikasikan pengalaman negatif yang belum sempat kamu atasi, atau bisa juga keadaan emosional yang belum terurai. Namun, jika dalam mimpi itu kamu bisa melarikan diri, hal ini menunjukkan bahwa kamu sebenarnya mampu mengatasi hal tersebut, hanya saja belum sempat.

8. Rambut rontok

cosmopolitan.com

Menurut pandangan Islam, arti mimpi rambut rontok bisa menjadi sebuah pertanda cukup buruk. Pemimpi akan kehilangan harta benda atau sesuatu yang berharga. Namun, jika mimpi rontoknya bisa sampai gundul, maka akan ada sebuah bencana yang akan menanti kamu.

Agar memperkokoh iman kamu, cobalah perbanyak sedekah dan membaca doa tolak bala setiap saat selepas salat, untuk menghindari bencana atau musibah di kemudian hari.

9. Bermimpi hamil

unsplash.com/IgnacioCampo

Ada beragam interpretasi mimpi hamil menurut Islam. Di antaranya:

  • Bertemu jodoh, bagi kamu yang masih single
  • Jika belum menikah, lalu bermimpi dihamili pacar atau pasangan, malah bisa jadi pertanda buruk. Yaitu, ada seseorang yang punya niat tidak baik kepada kamu
  • Bisa juga menjadi pertanda karier yang akan melesat

Ada baiknya, kamu membaca doa nabi Yunus untuk memberi keselamatan, setelah kamu terbangun dari mimpi tersebut dan mewujudkan impianmu jika makna yang kamu yakini adalah positif.

10. Mimpi traveling menurut Islam

unsplash.com/DmitriiVaccinium

Terlalu lama di rumah karena pandemi, sampai-sampai kamu mimpi traveling? Nah, menurut pandangan Islam, melakukan perjalanan dalam mimpi bisa melambangkan jalan hidup dan gerakan tujuan hidup kita, dari kerja keras kita selama ini. Apalagi jika kamu bermimpi bepergian ke suatu tempat yang dikenal, mimpi itu biasanya pertanda baik.

Coba amalkan doa untuk meminta rezeki dan harta yang berlimpah, agar mimpimu pun segera terwujud!

Itulah tafsir mimpi yang sering dialami jika dilihat dari kacamata Islam. Adakah yang pernah kamu alami, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration