Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Salat Dhuha: Niat, Tata cara, Doa, Waktu dan Keutamaannya

Termasuk bagian dari sedekah, lho

Andina Rahayu

Umat Islam nampaknya cukup akrab dengan amalan sunnah sholat dhuha. Sebab, sholat yang satu ini termasuk salah satu sholat sunnah yang istimewa selain sholat tahajud. Apa kamu sudah sering melakukannya, Bela? sholat dhuha juga termasuk sholat sunnah yang dianjurkan, lho. Ada cukup banyak dalil, baik dari Alquran maupun hadis yang menegaskan keutamaan sholat dhuha.

Sama seperti sholat sunnah lainnya, jumlah rakaat sholat dhuha minimal dua rakaat dan maksimal 12 rakaat, dilakukan dengan satu kali salam setiap dua rakaat. sholat dhuha boleh dilakukan sendiri dan boleh juga dikerjakan secara berjamaah. Apa kamu pernah mendengar kalau sholat dhuha disebut sebagai sholat orang-orang yang kembali pada Allah? Simak bacaan niat, doa, keutamaan, waktu, dan tata cara sholat Dhuha lengkap artinya dibawah ini yuk!

Waktu pelaksanaan sholat dhuha

Unsplash.com/Hussain Ibrahim

Waktu pelaksanaannya adalah dimulai ketika matahari meninggi setinggi tombak, sampai sebelum matahari tegak lurus. Mudahnya, sholat dhuha hanya bisa dikerjakan setelah terbitnya matahari, dan berakhir sebelum masuknya waktu dhuhur. Namun, akan lebih utama kalau kamu mengerjakannya saat matahari sudah mulai naik sepenggal, yaitu kira-kira sekitar jam delapan pagi. Pada waktu dhuha ini semua doa dipercaya akan diijabah oleh Allah seperti yang dikatakan beberapa ulama.

Keutamaan sholat dhuha

Unsplash.com/Fatih Yürür

Banyak orang menyebut kalau dengan sholat dhuha maka Allah akan menambah rezeki manusia. Tapi nyatanya, keutamaan sholat dhuha tak hanya itu lho. Berikut di antaranya:

1. Sarana untuk memohon ampunan dosa

Dalam hadist riwayat At Tirmidzi dan Ibnu Majah menyebutkan bahwa, "Siapa yang membiasakan (menjaga) salat dhuha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan."

2. Tidak termasuk ke dalam golongan orang lalai dalam mencari rahmat Allah

"Orang yang mengerjakan salat dhuha tidak termasuk orang lalai," (HR Al Baihaqi dan An Nasai)

3. Salat dhuha termasuk bagian dari sedekah

“...Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, dan melarang berbuat munkar adalah sedekah. Semua itu dapat diganti dengan shalat dhuha dua rakaat."

4. Salatnya orang-orang yang kembali (bertaubat) alias taat

Kalau kamu merutinkan salat dhuha maka namamu akan menjadi salah satu yang dicatat sebagai orang-orang yang taat.

5. Berpahala seperti orang pergi haji dan umroh

Keutamaan salat dhuha yang sebelumnya telah didahului salat shubuh berjamaah dan dzikir hingga terbit matahari adalah seperti mendapat pahala seperti orang pergi haji dan umrah.

Niat dan tata cara sholat dhuha

Hukum sholat dhuha adalah sunnah muakad, artinya hukum sunnah yang sangat dianjurkan. Sebab, Rasulullah sendiri melakukannya dan menjadikannya sebagai wasiat. Perbedaan tata cara sholat dhuha dari sholat sunnah lainnya terletak pada bacaan niat, doa, dan waktunya. Berikut bacaan niat sholat dhuha:

أُصَلِّى سُنَّةَ الضُّحَى رَكْعَتَيْنَ لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli sunnatadh dhuhaa rok’ataini lillaahi ta’aalaa

Artinya: “Aku niat salat sunnah dhuha dua rakaat menghadap kiblat saat ini karena Allah Ta’ala.”

Setelah membaca niat, dilanjutkan dengan takbirotul ihram, membaca doa iftitah, dan seterusnya seperti salat biasanya. Untuk surat yang dibaca, diutamakan membaca surat Adh-Dhuha, Al-Lail, Asy-Syamsu, dan Asy-Syarh. Setelah diakhiri dengan dua kali salam, lalu dilanjutkan dengan dzikir dan ditutup dengan membaca doa salat dhuha.

Doa sholat dhuha

Unsplash.com/David Rodrigo

Hal baik lainnya yang sangat disunnahkan ketika melaksanakan sholat dhuha adalah membaca doa sholat dhuha. Sebenarnya apapun doanya selama itu baik diperbolehkan. Tetapi akan lebih indah kalau doa tersebut diawali dengan menyebut nama Allah, dan memuji atas segala karunia yang telah Dia berikan. Berikut ada satu doa sholat dhuha yang populer dipanjatkan oleh kaum muslim di seluruh dunia.

"Allahumma innadh dhuha-a dhuha-uka, wal bahaa-a bahaa-uka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrata qudratuka, wal ishmata ishmatuka. Allahuma inkaana rizqi fis samma-i fa anzilhu, wa inkaana fil ardhi fa-akhrijhu, wa inkaana mu’asaran fayassirhu, wainkaana haraaman fathahhirhu, wa inkaana ba’idan fa qaribhu, bihaqqiduhaa-ika wa bahaaika, wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatini maa ataita ‘ibadakash shalihin."

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagunan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh”.

Meski doa tersebut populer, tapi kamu boleh saja membaca doa yang lainnya selama itu baik. 

Itulah keutamaan, waktu, bacaan doa, niat dan tata cara salat Dhuha yang benar. Sudah siap melaksanakan ibadah yang satu ini dan merasakan keistimewaannya, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration