Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Konser Kpop Online Tersukses 2020 Ini Raup Pendapatan Fantastis!

Ada yang kamu tonton, Bela?

Ajenk Rama

Dihadapkan dengan situasi pandemi COVID-19 dan social distancing, membuat sejumlah acara ditunda, bahkan dibatalkan. Namun, di tahun 2020 ini Kpop tetap mendominasi dengan menyelenggarakan konser online. 

Konser Kpop online menjadi pilihan menarik untuk bisa melepas rindu dan menyapa penggemar di seluruh dunia. Selain itu, biaya tiket konser yang terjangkau, serta bisa menonton dari mana saja, sukses menghadirkan penonton hingga jutaan orang. 

Nggak heran, kalau konser Kpop online berhasil meraup pendapatan yang fantastis. Kira-kira, berapakah penghasilan yang mereka raih hanya dari konser tersebut? Siapa saja konser Kpop online terbaik di tahun 2020? Intip kompilasinya di sini, Bela. 

1. 'MAP of The Soul ON:E'

Soompi.com

Meningkatnya pandemi COVID-19 membuat konser MAP of The Soul ON:E 'yang semula diadakan secara offline, harus beralih ke online yang diselenggarakan selama dua hari, 10-11 Oktober 2020. 

Tidak ingin mengecewakan penggemar, BTS menyuguhkan penampilan memukau lewat pertunjukan virtual AR dan XR. Biaya yang digelontorkan agensi untuk konser ini tidak main-main, lho. Kabarnya, produksi konser online 'MAP of The Soul ON:E ' delapan kali lebih mahal dari konser online BTS sebelumnya. 

Meski mengeluarkan dana cukup besar untuk sekelas konser online. Namun, ditonton oleh 191 negara dan 993.000 penonton. Itu yang tercatat, ya. Belum termasuk yang tidak tercatat, alias ikut nebeng nonton, nih! Konser online MAP of The Soul ON:E  ini pun, berhasil menerima pendapatan lebih dari Rp910 miliar. Wow, sungguh luar biasa pendapatan mereka, ya

2. 'Bang Bang Con The Live'

Soompi.com

Sebelum konser online 'MAP of The Soul ON:E' diselenggarakan, BTS sudah lebih dulu menyelenggarakan konser online pada 14 Juni 2020 bertajuk 'Bang Bang Con The Live'. Menariknya, konser ini diselenggarakan sehari setelah perayaan debut mereka. Tak ayal, penggemar pun antusias menanti penampilan keren dari ketujuh anggota BTS. 

Selama kurang lebih 100 menit, BTS menampilkan pertunjukan apik dengan memainkan beberapa lagu hits mereka dipadu dengan lagu terbaru dari album Map of The Soul: 7. Hadirnya konser online pertama BTS ini, mereka sukses mengumpulkan penonton dengan jumlah yang spektakuler, yakni tercatat sebanyak 756.000 dari 107 negara di seluruh dunia. 

Kerennya lagi, konser online Bang Bang Con The Live berhasil memecahkan rekor dari Guiness World Records dan meraup keuntungan dari konser sekitar 26 miliar won atau sekitar Rp300 miliar. Nggak main-main, dominasi BTS, Bela. 

3. 'Beyond the T'

Wowkeren.com

Selain Big Hit Entertainment, SM Entertainment juga menggelar konser online perdana lewat seri Beyond Live. Disiarkan secara langsung melalui V Live pada 24 Mei 2020, grup veteran TVXQ akhirnya bernostalgia bersama dengan penggemar dari seluruh dunia. 

Selama kurang lebih 2 jam 2 menit, grup yang digawangi oleh Yunho ini menampilkan sederet lagu hits mereka, seperti "Mirotic", "Humanoids", hingga "Keep Your Head Down". Tidak ketinggalan, mereka juga membawakan lagu berbahasa Jepang dari "Android" sampai  "Asu wa Kuru Kara".

Kabarnya, konser 'Beyond the T' dianggap sebagai konser Kpop online yang menarik penonton terbanyak dibandingkan konser Kpop online dari grup SM lainnya. Lebih dari 580.000 ribu penonton dari 109 negara di seluruh dunia. Sayangnya, pihak agensi tidak mengungkap jumlah pendapatan yang dihasilkan dari konser TVXQ ini. 

Hanya saja, penggemar yang menonton konser ini mesti merogoh kocek sebesar US$35. Sementara, yang telah menjadi anggota fanclub BigEast Jepang membayar konser senilai US$27.  

4. 'Beyond The Super Show'

smentertainment.com

Masih dalam seri Beyond Live, Super Junior menjadi grup SM Entertaiment selanjutnya yang menyelenggarakan konser Kpop online di portal V Live pada 31 Mei 2020. Meski diselenggarakan secara online, namun konser tersebut tetap berlangsung meriah dan menghibur penonton. 

Terbukti, sebanyak 123.000 ribu penonton menyaksikan konser online 'Beyond The Super Show', ini belum termasuk penggemar yang menonton bersama atau di beberapa perangkat. Dari kamera utama sendiri, terdapat 1,3 miliar hati di akhir siaran langsung. 

Dianalisa oleh Gong Mina, seorang jurnalis dari media Starnews terungkap bahwa pendapatan yang diraih oleh Super Junior ditaksir sebesar Rp47,8 miliar berdasarkan perhitungan 123.000 dikalikan harga tiket konser Beyond Live senilai Rp400.000. 

5. 'Beyond The Origin'

Aminoapps.com

Mendunia dengan lagu teranyarnya, "Kick It". NCT 127 juga menggelar konser online mereka agar bisa berkomunikasi dan menyapa penggemar. Konser online bertajuk "Beyond The Origin" telah disiarkan secara langsung di V Live pada 17 Mei 2020. 

Menariknya, konser online NCT 127 tidak hanya digelar untuk penggemar di Korea, tapi juga dapat disaksikan oleh penggemar di seluruh dunia.Di konser ini pula, NCT 127 menerapkan 10 layar kamera dan multi-cam anggota yang bisa dipilih, sehingga pertunjukan terasa hidup. 

Alhasil, sekitar 104,000 ribu penonton dari 129 negara di seluruh dunia bisa menikmati konser online. Nggak heran, kalau NCT 127 sukses mengantongi pendapatan konser online Kpop hingga Rp40,4 miliar berdasarkan analisa dari jurnalis media Starnews, Gong Mina.

6. 'World In A Day'

Muumuse.com

Mengikuti jejak agensi sebelumnya, JYP Entertainment turut menghadirkan konser online Kpop melalui TWICE bertajuk 'World In A Day' pada 9 Agustus 2020. Uniknya,  TWICE menjadi idol Kpop pertama di luar SM yang melangsungkan konser online lewat aplikasi Beyond Live yang dimiliki SM Entertainment dan Naver. 

Sama seperti konser online lainnya, konser TWICE ini juga menghadirkan teknologi AR (Augmented Reality) yang memungkinkan para artis berinteraksi dengan penonton secara real-time. Sempat diragukan konser online Kpop TWICE bakal sukses, ternyata warganet dibuat terkesan dengan tingginya jumlah penonton di konser online tersebut.

Nyatanya, grup Jihyo Cs ini termasuk dalam daftar jajaran konser online Kpop tersukses tahun 2020 ini. Sebanyak 100,000 ribu penonton menyaksikan konser tersebut secara virtual. Bahkan, saham JYP Entertaiment melonjak naik sebesar 9.42% dalam seminggu saat TWICE merilis teaser untuk konser online mereka.

7. 'Beyond The Future'

Timeout.com

Ketenaran SuperM sudah tidak perlu diragukan lagi, nggak heran kalau konser online mereka juga mendulang kesuksesan luar biasa dan pendapatan yang terbilang fantastis, hanya dari tiket saja.

Disiarkan melalui portal V Live pada 26 April 2020 dan berlangsung selama 120 menit, SuperM sukses mengumpulkan 75.000 penonton dari 109 negara di seluruh dunia. Selain itu, SuperM menjadi pembuka konser online dari seri Beyond Live.   

Dari banyaknya penonton di konser online tersebut, diperkirakan SM Entertainment sukses meraup keuntungan lebih dari Rp30 miliar dari tiket konser online SuperM. Bahkan, jumlah keuntungan tersebut lebih tinggi dari konser SuperM sebelumnya di California, lho. 

Pandemi COVID-19 tampaknya bukan menjadi penghalang Kpop untuk berkarya dan menghibur penggemar dengan konten-konten yang menarik. Terbukti, tanpa menyewa tempat konser, agensi dan grup besar ini sukses meraup keuntungan fantastis dari konser Kpop online yang diselenggarakan tahun 2020. 

Selain mereka, konser Kpop online mana lagi yang menurut kamu tersukses di 2020 ini, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration