Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Penuh Pesan Moral, 10 Drama Korea Ini Mengangkat Isu Bullying

Stop bullying!

Ajenk Rama

Maraknya isu bullying yang terjadi di dunia hiburan Korea Selatan beberapa hari terakhir, membuat publik terguncang. Tidak dapat dipungkiri, bullying memang menjadi isu sangat meresahkan bagi siapa saja, terutama korban yang mengalaminya. 

Demi membuka mata publik tentang dampak bullying, Korea yang juga terkenal dengan dramanya ini banyak mengangkat isu bullying, lho. Ada beberapa drama Korea bertema bullying dan sukses menyedot perhatian penikmat drama Korea. 

Nah, apa saja drama Korea yang mengangkat isu bullying sebagai alur ceritanya? Intip selengkapnya di sini, Bela.

1. School 2013 (2012)

Asianwiki.com

Diperankan oleh Lee Jong Suk dan Kim Woo Bin, seri drama School 2013 menjadi drama lawas yang mengangkat isu bullying di sekolah. Drama ini mengisahkan dinamika kehidupan sekolah Victory High School.

Di sekolah tersebut, ada satu kelas yang dianggap sebagai kelas paling bermasalah karena siswanya sering membuat onar, dari bolos sekolah, penindasan, hingga persaingan untuk mendapat nilai tertinggi. 

Dalam drama ini, kamu akan melihat karakter Go Nam Sun (Lee Jong Suk) yang dirundung oleh Oh Jung Ho, Lee Ji Hoo, Lee Yi Kyung di taman belakang sekolah hingga wajahnya mengalami memar. Tidak hanya itu, drama ini juga menghadirkan serangkaian masalah kehidupan sosial yang kerap terjadi di kalangan remaja. Banyak pelajaran moral di drama ini, Bela.

2. The Heirs (2013)

Hancinema.net

Tidak hanya menyuguhkan kisah romansa yang terjadi antara Kim Tan (Lee Minho) dan Cha Eunsang (Park Shin Hye), namun drama The Heirs juga menghadirkan isu bullying di dalam alur ceritanya. 

Ada satu adegan ketika Choi Young Do (Kim Woo Bin) bersama kedua temannya melakukan perundungan ke salah satu siswa yang lemah dengan melempar bola kasti secara berulang, hingga siswa tersebut ketakutan. 

Tidak tangung-tangung, Choi Young Do yang terlahir dari keluarga kurang harmonis dan senang menindas siswa lain, juga menganggu Cha Eun Sang yang diketahui berbohong soal status sosial keluarganya. Menariknya, drama ini juga mengajak kamu untuk melihat karakter Cha Eun Sang dalam menghadapi diskriminasi yang diterimanya. 

3. Who Are You: School 2015 (2015)

Hancinema.net

Sukses dengan seri drama School 2013, seri drama sekolah ini kembali dengan pemain baru yang lebih segar. Namun, tetap mengusung isu bullying yang banyak terjadi di lingkungan sekolah. 

Diperankan oleh Kim So Hyun, Nam Joo Hyuk, dan Sungjae 'BTOB', drama Who Are You: School 2015 menjadi drama paling popular dan ikonik di kalangan penikmat drama Korea. Berkisah tentang Lee Eun Bi (Kim So Hyun) yang terus-menerus dirundung oleh Kang So Young (Jo Soo Hyang). 

Tidak hanya Kang So Young, karakter Gong Tae Kwang (Sungjae 'BTOB) juga awalnya digambarkan sebagai sosok yang senang menganggu siswa lainnya. Tapi, hobinya itu melunak setelah bertemu Lee Eun Bi. 

Drama ini akan membuka mata kamu tentang dampak psikis yang dialami oleh korban jika terus-menerusan mengalami bullying, bahkan karakter Eun Bi saja frustasi dan hampir bunuh diri karena ulah dari Kang So Young. 

4. Angry Mom (2015)

Hancinema.net

Berbeda dari drama Korea sebelumnya, drama yang dibintangi oleh Kim Hee Sun, Kim Yoo Jung, Ji Hyun Woo, dan sederet pemain lainnya juga mengangkat tema bullying di sekolah. 

Angry Mom sendiri berfokus pada kisah Jo Gang Ja (Kim Hee Sun), seorang ibu rumah tangga yang rela mendaftar sebagai siswa SMA demi melindungi putrinya, Oh Ah Ran (Kim Yoo Jung) dari tindakan bullying teman sekolahnya. 

Namun setelah melewati hari-hari di sekolah putrinya, Jo Gang Ja mendapati kenyataan pahit bahwa masalah yang dihadapi lebih dari sekadar aksi bullying saja, ada rahasia kelam di balik sekolah putrinya tersebut. 

Saat menonton drama Angry Mom, kamu dapat melihat perjuangan seorang ibu dalam membela dan menuntut keadilan putrinya yang kerap menjadi bahan perundungan. Dijamin bakal dibuat terharu dengan akting emosional dari para pemain Angry Mom, deh!

5. Solomon's Prejury (2016)

Hancinema.net

Meski bergenre misteri, tapi drama Solomon’s Perjury turut mengangkat isu bullying, nih. Drama ini dibintangi oleh Jang Dong Yoon, Kim Hyun Soo, Seo Ji Hoon. Berawal dari kasus yang menimpa seorang siswa laki-laki bernama Lee Soo Woo (Seo Young Jo) di sebuah sekolah pada malam Natal. 

Penemuan siswa laki-laki tersebut diduga oleh polisi sebagai kasus pembunuhan, tapi Go Seo Yeon (Kim Hyun Soo) dan Han Ji Hoon (Jang Dong Yoon) merasakan kejanggalan dalam kematian temannya itu. 

Hampir semua siswa menduga ada aksi bullying yang dilakukan oleh Choi Woo Hyuk ke Soo Woo. Akhirnya, untuk membuktikan itu, mereka menyelidiki hal ganjil yang terjadi di tempat perkara dan membuat pengadilan sendiri di sekolah. Saat menonton drama Solomon’s Perjury,  kamu akan mendapat pelajaran berharga soal berani memperjuangkan kebenaran, Bela. 

6. Beautiful World (2019)

Hancinema.net

Diperankan apik oleh Nam Da Reum sebagai karakter Park Sun Ho, drama Beautiful World ini mengisahkan seorang siswa yang nekat melompat dari atas gedung sekolah karena tidak tahan dengan aksi bullying yang sering ia terima dari teman sekolahnya. 

Ia ditemukan berlumuran darah di lapangan sekolah setelah kedua orang tuanya tidak bisa menghungi Sun Ho. Mendengar kabar tersebut, orang tua Sun Ho sangat terpukul dan mencoba mencari alasan di balik aksi bunuh diri anaknya itu. 

Akhirnya, kebenaran terungkap dan menyesakkan setelah mengetahui bahwa Sun Ho adalah korban bullying, namun tidak bisa bersuara karena pelaku bullying dirinya adalah 'orang penting' di sekolah tersebut. 

7. He is Psychometric (2019)

Hancinema.net

Menyuguhkan visual tampan dari aktor muda, Jinyoung 'GOT7', drama He is Psychometric juga membuka tabir gelap dari isu bullying yang terjadi. Berkisah tentang karakter perempuan bernama  Yoo Jae In (Shin Ye Eun).

Ia mengalami bullying di sekolah oleh teman-temannya karena sang ayah dipenjara akibat kasus pembunuhan yang terjadi di apartemen Lee An (Jinyoung 'GOT7'). Keduanya kembali bertemu setelah dewasa saat Lee An diketahui mempunyai kekuatan psychometric, yakni kemampuan untuk mengetahui ingatan seseorang dengan menyentuh tubuhnya.

Mereka pun bekerja sama untuk melawan tindakan bullying dari teman sekolahnya di masa lalu. Selain membahas isu bullying, kamu juga akan disuguhkan dengan aksi heroik Lee An dalam memecahkan kasus misteri pembunuhan yang melibatkan ayahnya Jae In. Seru abis, deh!

8. Extracurricular (2020)

Hancinema.net

Drama yang dibintangi oleh Kim Dong Hee, Park Joo Hyun, Jung Da Bin, dan Nam Yoo Soon tidak boleh terlewatkan. Pasalnya, drama Korea ini hadir dengan alur cerita sangat berani dan menantang untuk ukuran drama Korea bertema sekolah. 

Drama garapan Kim Jin Min ini bercerita tentang Oh Ji Soo (Kim Dong Hee) yang harus berjuang mencari uang secara cepat demi menyokong biaya kuliahnya nanti dan kebutuhan hidup. 

Selain harus berhadapan dengan beban hidupnya yang berat karena tidak ada orangtua yang memenuhi kebutuhan finansial, Ji Soo juga harus menerima aksi bullying yang dilakukan oleh Kwak Ki Tae (Nam Yoon Soo) terhadapnya. 

Dalam drama ini, kamu akan dibuat terpana dengan berbagai tindakan yang bertolak belakang dari moralitas dan nilai kemanusiaan. Di drama ini pula, kamu dapat pesan moral bahwa seseorang yang berparas pendiam dan terlihat baik-baik bisa saja menjadi sosok yang tidak kamu kenal dan berurusan dengan perilaku menyimpang. 

9. The Glory (2022)

Dok. Netflix

Seringkali korban perundungan justru tidak mendapat keadilan. Alhasil, mereka menyimpan sendiri apa yang dialaminya hingga menjadi sebuah dendam yang tak akan pernah hilang sampai dendam itu terbayar secara tunai. 

Hal itulah yang terjadi pada Moon Dong Eun (Song Hye Kyo). Ia harus melewati masa sekolah dengan begitu banyak penyiksaan yang dilakukan oleh teman-temannya, Park Yeon-jin (Lim Ji-yeon), Choi Hye-jeong (Cha Joo-young), Lee Sa-ra (Kim Hieora), Jeon Jae-joon (Park Sung-hoon), dan Son Myeong-oh (Kim Gun-woo). Bukan hanya di-bully, Dong Eun juga mengalami pelecehan dari geng yang sama tersebut.

Puluhan tahun berlalu dan mereka telah tumbuh dewasa, Dong Eun tak sehari pun melupakan apa yang telah teman-temannya lakukan. Ia pun membuat strategi rapi untuk membalas dendam tanpa harus mengotori tangannya sendiri.

10. Revenge of Others (2022)

Dok. Disney+ Hotstar

Park Solomon, yang sebelumnya sukses besar dengan perannya dalam drama sekolah All of Us Are Dead, kembali beraksi dalam drama Revenge of Others bersama dengan Shin Ye Eun dan Seo Ji Hoon. Drama ini, meskipun masih berlatar belakang sekolah seperti pendahulunya, memiliki fokus yang berbeda dengan mengangkat tema balas dendam.

Revenge of Others mengisahkan perjalanan Ok Chan Mi (Shin Ye-eun) yang bertekad untuk membalas kematian saudara kembarnya yang meninggal di sekolah. Chan Mi yakin bahwa saudara kembarnya tidak bunuh diri, melainkan dibunuh oleh seseorang, dan dia bertekad untuk mengungkap kebenaran tersebut.

Untuk mencari tahu siapa pelaku sebenarnya, Chan Mi memutuskan untuk pindah ke sekolah tempat saudara kembarnya dulu bersekolah. Di sana, ia bertemu dengan Ji Soo Heon (Park Solomon), teman baru yang bersedia membantunya dalam penyelidikan. Namun, dalam lingkungan yang penuh dengan rahasia dan intrik, Chan Mi sulit untuk percaya pada siapa pun karena setiap orang memiliki alibi mereka sendiri.

Drama ini menjanjikan konflik emosional yang mendalam karena Chan Mi harus berjuang dengan kehilangan yang begitu besar dan perjuangannya untuk mencari keadilan bagi saudara kembarnya. Dengan bantuan Soo Heon, keduanya berusaha menghadapi berbagai rintangan yang menghalangi mereka dalam mencari kebenaran di tengah lingkungan sekolah yang keras dan penuh teka-teki.

Nah, itulah deretan drama Korea yang mengangkat isu bullying. Mana yang menjadi drama favorit kamu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration