Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Inilah 13 Doa Harian Beserta Artinya yang Mudah Dihafalkan

Bacaan doa bagi muslim untuk kapan saja dan di mana saja

Aisyah Banowati

Bagi para muslim, sejak dini biasanya kita sudah diajarkan berbagai macam doa. Mulai dari menghafal doa-doa pendek, surat pendek juz amma, sampai hafalan surat panjang untuk aktivitas sehari-hari dan bacaan salat lima waktu. Hanya kepada Allah SWT tempat kita berdoa dan memohon perlindungan.

Sebelum berdoa, ada beberada adab yang harus diperhatikan, di antaranya berdoa dengan suara yang lembut, berdoa di waktu mustajab, serta berdoa dengan bersungguh-sungguh. Berdoa tidak selalu mengenai hal-hal besar, kita juga boleh berdoa untuk hal-hal kecil. Contohnya, berdoa saat akan berangkat kerja, berdoa saat makan, berdoa saat belajar dan lainnya.

Jika kamu masih bingung, inilah kumpulan doa sehari-hari umat Islam beserta artinya yang mudah dihafalkan!

1. Doa untuk kedua orangtua

Rifka Hayati_Getty Images

Orangtua yang telah membesarkan kamu dengan sepenuh hati, sudah sepantasnya kamu mendoakan keselamatannya. Dalam Islam, mendoakan kedua orangtua adalah bukti cinta dan kasih seorang anak. Inilah doa untuk kedua orangtua yang bisa kamu baca sehabis salat. 

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى وَلِوَ الِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَا نِى صَغِيْرًا

Allahummagh firlii wa liwaa lidhayaa warham humaa kamaa rabbayaa nii shaghiraa

Artinya: “Ya Allah ampunilah semua dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku dan sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangiku pada waktu aku kecil.”

2. Doa sebelum tidur

Jasmin Merdan/Getty Images

Sebelum tidur hendaknya kamu berdoa, untuk memohon pertolongan dan perlindungan selama terlelap. Dengan berdoa, kita berharap untuk dijauhkan dari gangguan jin atau setan, serta berharap dijauhkan dari mimpi buruk.

بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَ بِسْمِكَ اَمُوْتُ

Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut

Artinya: “Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati”.

3. Doa bangun tidur

seruni.id

Doa harian beserta artinya yang mudah dihafalkan untuk kamu, salah satunya adalah doa saat bangun dari tidur. Doa saat bangun dari tidur layaknya ungkapan syukur, karena masih diberi nikmat untuk bangun dari Allah SWT. 

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْر

Alhamdullillahilladzi ahyaanaa ba'da maa amaatanaa wa ilaihin nusyuur

Artinya: "Segala puji bagi Allah, yang telah membangunkan kami setelah menidurkan kami, dan kepada-Nya lah kami dibangkitkan."

4. Doa sebelum makan

Madaninews.id

Berdoa sebelum makan adalah bentuk rasa syukur kamu, karena telah diberi rezeki oleh Allah SWT. Selain itu, dengan berdoa akan mendatangkan pahala dari Allah SWT. 

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Alaahumma barik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa dzaa bannar

Artinya: “Ya Allah, berkahilah untukku dalam sesuatu yang Engkau rezekikan kepadaku, dan peliharalah aku dari siksa neraka.”

5. Doa setelah makan

Madaninews.id

Doa harian beserta artinya yang mudah dihafalkan lainnya adalah doa setelah makan. Sebelum berdoa, hendaklah kamu mengucap alhamdulillah, sebagai ungkapan rasa syukur karena telah diberi rezeki dan nikmat, untuk menyantap hidangan yang ada.

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ

Alhamdulillahilladzi ath amanaa wa saqaanaa wa ja'alanaa minal muslimiin

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang memberikan makan dan minum kepada kami. Dan menjadikan kami orang Islam."

6. Doa sebelum belajar

Pexels

Sebelum memulai pembelajaran kamu harus membiasakan diri untuk berdoa. Berdoa dan memohon pertolongan-Nya, supaya memahami apa yang sedang dibaca dan dipelajari. Juga memohon kepada-Nya agar mendapat ilmu yang bermanfaat.

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Radhitu billahirabba, wabil islaamidina, wabi-muhammadin nabiyyaw warasula, rabbi zidnii 'ilmaa warzuqnii fahmaa 

Artinya: "Kami rida Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai nabi dan rasul, ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik."

7. Doa sesudah belajar

99.co

Baik sebelum atau sesudah belajar, hendaklah kamu berdoa kepada Allah SWT. Karena semua ilmu yang kita pelajari datangnya dari Allah SWT. 

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allaahumma innii istaudi'uka maa 'allamtaniihi fardud-hu ilayya 'inda haajatii wa laa tansaniihi yaa rabbal 'alamiin

Artinya:  "Ya Allah, sesungguhnya kutitipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku di saat aku membutuhkan-nya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya, wahai Tuhan pemelihara alam." 

8. Doa masuk ke dalam rumah

www.lines.id

Doa harian beserta artinya yang mudah dihafalkan, salah satunya saat akan masuk ke dalam rumah. Berdoa sebelum masuk ke rumah bertujuan agar, kehadiran kita tidak mengganggu penghuni yang lain. Juga agar kita senantiasa mendapat perlindungan dari Allah SWT. 

اَللّٰهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَ

Allahumma inni asaluka khairalmauliji wakhairalmukhraji bismillahi walajnaa wabismillahi kharajnaa wa 'alaallahi rabbana tawakkalna

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakal.”

9. Doa masuk ke dalam kamar mandi

Orami Photo Stock

Sebelum masuk ke dalam kamar mandi, sudah seharusnya kita berdoa, karena kamar mandi adalah tempat yang kotor dan senang dijadikan tempat tinggal oleh jin. Inilah doa yang bisa kamu panjatkan saat ingin masuk ke kamar mandi. 

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِث

Bismillahirrahmanirrahim, allahumma inni ‘audzu bika minal khubutsi wal khabaits

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari setan-setan lelaki dan setan-setan perempuan.”

10. Doa keluar dari kamar mandi

Dekoruma

Setelah menyelesaikan kegiatan di dalam kamar mandi, kita juga harus berdoa. Doa sebagai bentuk pengingat akan dosa-dosa, dengan harapan diampuni dan dibuang seperti kotoran yang telah terbuang. 

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنِّى اْلاَذَى وَاَبْقَى فِيْ مَا يَنْفَعُنِيْ 

Ghufraanaka alhamdulillahil ladzi adzhaba ‘annil adzaa wa ‘aafaanii

Artinya: “Dengan mengharap ampunan-Mu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan menetapkan sesuatu yang bermanfaat bagiku.”

11. Doa sebelum naik kendaraan

Shutterstock

Doa harian beserta artinya yang mudah dihafalkan adalah doa sebelum naik kendaraan. Sebelum memulai perjalanan, ada baiknya kamu memohon perlindungan dan keselamatan, kepada Allah SWT dengan memanjatkan doa berikut.

1. Kendaraan darat

اَلْحَمْدُ للهِ، سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلبُونَ

Alhamdulillah subhanalladzi sakhkhara lana hadza wa ma kunna lahu muqrinina wa inna ila rabbina lamunqalibun

Artinya: "Segala puji bagi Allah, maha suci Allah yang telah menundukkan semua (kendaraan) ini bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya hanya kepada Tuhan kami lah kami akan kembali."

2. Kendaraan laut

بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآاِنَّ رَبِّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ

Bismillaahi majrahaa wa mursaahaa inna rabbii laghafuurur rahiim

Artinya: "Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

12. Doa ketika sedang bercermin

Nesabamedia

Berdoa saat sedang bercermin adalah bukti rasa syukur kamu telah diciptakannya begitu indah dan sempurna. Dengan harapan, Allah SWT membantu memperbaiki akhlak hambanya, agar seindah rupanya.

اَلْحَمْدُ ِللهِ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِىْ فَحَسِّـنْ خُلُقِىْ

Alhamdulillaahi kamaa hassanta khalqii fahassin khuluqii

Artinya: "Segala puji bagi Allah, baguskanlah budi pekertiku sebagaimana Engkau telah membaguskan rupa wajahku."

13. Doa memakai pakaian

blokTuban.com

Doa harian beserta artinya yang mudah dihafalkan salah satunya adalah doa saat akan menggunakan pakaian. Dengan berdoa, artinya kamu sedang bersyukur telah diberi nikmat menggunakan pakaian yang layak, serta menyadari bahwa pakaian dapat membawa kebaikan ataupun keburukan. 

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَا هُوَ لَهُ ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا هُوَ لَهُ

Allâhumma innî as'aluka min khairhi wa khaira mâ huwa lahu, wa a'ûdzubika min syarrihi wa syarri mâ huwa lahu

Artinya: "Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu kebaikan pakaian ini dan kebaikan sesuatu yang di dalamnya, dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan pakaian ini dan keburukan sesuatu yang ada di dalamnya."

Itulah kumpulan doa harian beserta artinya yang mudah dihafalkan dan diamalkan sehari-hari. Sebagai muslim, sudah seharusnya kita hanya berdoa dan meminta perlindungan dari Allah SWT. Semoga dengan banyak mengingat-Nya, kita senantiasa dilindungi dan diberkahi. Yuk, mulai kembali menghafalkan doa hariannya!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration